Cara Agar Bunga Potong Segar Bisa Bertahan Lebih Lama

Para penggemar biasanya senang menghias rumahnya,khususnya ruang tamu dan ruang keluarga dengan menaruh potong segar di dalam vas. Bunga potong segar ini memberikan penampilan yang indah sekaligus juga menguarkan aroma segar di dalam ruangan kita.

Namun karena berasal dari bunga hidup, tentunya ini tidak akan bertahan lama. Bagaimana caranya agar kita bisa menikmati keindahan dari bunga potong segar ini lebih lama?

Berikut tips-tips yang bisa diterapkan agar kesegaran bunga potong lebih lama bisa dinikmati:

1. Segera rendam bunga potong dalam air hangat.

Air hangat lebih mudah diserap oleh batang tanaman. Dan jangan lupa untuk memotong miring bagian batang bawah yang direndam ke dalam air untuk memperbesar area penyerapan air oleh batang.

2. Cek kondisi batang bunga setiap hari.

Bila terlihat batang pohon bagian bawah sudah mulau layu, menguning atau membusuk, potong sekitar 1 cm dengan dengan posisi ujung batang miring. Bagian batang yang masih segar akan melanjutkan menyerap air.

3. Menambahkan bahan-bahan tertentu ke dalam air agar lebih lama.

Air bersih saja yang diganti tiap 2-3 hari sudah cukup untuk mempertahankan kesegaran bunga potong segar. Namun tentu kalau kita bisa perpanjang kesegarannya menjadi 3-5 hari lebih lama, mengapa tidak mencoba beberapa rekomendasi bahan berikut ini?

  1. Gula dan Cuka.
    Buat larutan dari 3 sendok makan gula dan 2 sendok makan masak yang dilarutkan dalam 1 liter air hangat. Pastikan batang bunga terendam larutan ini sekitar 10 cm karena gula akan diserap sebagai nutrisi oleh batang tanaman, sementara cuka akan mencegah tumbuhnya bakteri dalam air.
  2. Cairan Pemutih Pakaian.
    Larutkan 1 sendok makan gula dalam 1 liter air hangat dan tambahkan dengan 3 tetes pemutih pakaian. Sama seperti guna cuka, pemutih pakaian akan mencegah tumbuhnya bakteri di dalam air dan gula akan menutrisi tanaman. Jangan sampai memasukkan pemutih pakaian terlalu banyak karena hanya akan membuat bunga potong mati lebih cepat.
  3. Air Soda manis.
    Soda manis seperti Sprite atau 7 Up bisa digunakan sebagai pengawet bunga juga karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. Masukkan kira-kira 1/4 cangkir air soda manis ini ke dalam 1 liter air.
  4. Arang kayu dan
    Masukkan satu sendok makan halus untuk 1 liter air dan beberapa potong kecil arang kayu ke dalam vas. Arang kayu berperan sebagai pembasmi kuman dan bakteri jahat di dalam air.

4. Meletakkan di tempat yang teduh namun terkena sinar matahari.

membutuhkan sinar matahari agar bisa bertahan segar lebih lama. Namun sebaiknya jangan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena akan mengeringkan kelopak bunga.

5. Rutin mengganti air

Air untuk bunga potong harus rutin diganti walaupun sudah ditambah aneka bahan seperti tersebut di atas.

Dengan perlakuan seperti di atas, pun akan mempertahankan kesegarannya lebih lama.

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.