Cara Membersihkan Lantai Keramik Kamar Mandi Yang Kuning

Lantai kamar mandi di rumah sudah pasti sering terpapar air dan sabun mandi. Lambat laun lantai kamar mandi akan terlihat menguning dan kusam. Hal ini seringkali tetap bisa terjadi walaupun kita merasa sudah cukup rutin membersihkan lantai kamar mandi dengan cara menyikatnya mungkin seminggu sekali.

Karena kamar mandi adalah tempat kita membersihkan tubuh dari kotoran setiap hari, tentunya saat melihat lantai kamar mandi yang menguning dan kusam, rasanya jadi geregetan dan berpikir bagaimana cara membersihkannya dengan cepat.

Mungkin banyak dari kita yang akan segera membeli cairan pembersih lantai yang dianggap bisa mengatasi lantai kamar mandi kita yang menguning tersebut. Sebaiknya berhati-hati ketika mencoba cairan pembersih lantai yang dijual di pasaran. Umumnya cairan pembersih tersebut tergolong bahan kimia yang keras dan apabila digunakan berkali-kali, akan merusak nat keramik. Bahkan cairan kimia yang keras itu bisa mengangkat lapisan atas material dan akhirnya akan merusak keramik.

Cara Membersihkan Lantai Yang Kusam

1. Belimbing Wuluh

belimbing wuluh sebagai pembersih keramik
Belimbing Wuluh | Siva prasad – Pixabay

Belah 2 belimbing wuluh dan gosok-gosok permukaan yang menguning. Diamkan beberapa saat, lalu sikat permukaan keramik. Asam pada Belimbing Wuluh bisa mengikis kotoran lengket pada permukaan lantai keramik. Lantai keramik yang menguning pun akan kembali bersih.

2. Jeruk Lemon

Lemon sebagai pembersih keramik
Jeruk Lemon | Steve Buissinne – Pixabay

Bila memiliki jeruk di rumah, bisa digunakan untuk membersihkan lantai yang menguning. Cara menggunakannya bisa dengan 2 cara, yaitu:

Pertama, dengan memeras air jeruk lemon, dan celupkan sikat spons lantai ke air jeruk lemon. Lalu sikat permukaan lantai dengan spons tersebut sampai lantai bersih lalu siram dengan air dan sikat lagi untuk menghilangkan sisa air jeruk lemon di lantai.

Kedua, belah jeruk lemon dan langsung gosokkan pada lantai yang menguning. Diamkan sesaat, lalu lanjutkan menyikat lantai dengan spons lantai atau sikat lantai. Setelah itu bersihkan dengan air bersih.

3. Cuka Putih

Alternatif asam alami lainnya yang bisa digunakan adalah cuka putih atau cuka masak. Caranya adalah dengan mencampur cuka masak dengan air perbandingan 1:1. Lalu dengan cara yang sama seperti menggunakan perasan air jeruk lemon, air larutan cuka putih bisa digunakan untuk membersihkan lantai yang menguning.

4. Baking Soda

Baking soda bisa ditambahkan sebagai abrasi alami untuk lantai dengan noda kuning yang membandel. Penggunaannya bisa baking soda itu sendiri atau dikombinasikan dengan cuka putih.

Caranya dengan menaburkan baking soda di permukaan lantai keramik, lalu dengan botol spray semprotkan air cuka ke permukaan lantai yang sudah ada baking sodanya. Bila baking soda masih aktif akan terlihat bergelembung saat air cuka mengenainya. Biarkan selama 10 menit, lalu sikat seluruh permukaan lantai sampai bersih.

5. Deterjen Pakaian

Deterjen bubuk yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian juga merupakan pembersih efektif untuk lantai kamar mandi yang yang tidak terlalu keras. Cara menggunakannya bisa dengan langsung menaburkan deterjen bubuk ke lantai dan sikat bersih lantai kamar mandi.

Cara Mencegah Lantai Kamar Mandi Cepat Menguning

Setelah lantai kamar mandi yang kusam itu kembali kinclong, maka penting untuk melakukan beberapa kebiasaan ringan untuk mencegah atau paling tidak memperlambat lantai kamar mandi kembali menjadi kusam.

1. Keringkan lantai kamar mandi

Lantai yang kusam kebanyakan disebabkan sisa air dan sabun yang tertinggal di lantai dan lama kelamaan menjadi lengket. Oleh karena itu sediakan Sapu Pel Ala Korea yang cute ini di kamar mandimu agar sehabis mandi bisa langsung mengeringkan lantai kamar mandi. Klik pada gambar untuk membeli.

Gunakan sapu pel untuk mengeringkan lantai kamar mandi
Sapu Pel Ala Korea

Atau kamu bisa juga menggunakan sikat kamar mandi yang sudah dilengkapi juga dengan karet penyapu airnya. Dengan satu tongkat, dua fungsi bisa didapatkan, sehingga cukup menghemat tempat apabila sikat pel ini hendak disimpan di kamar mandi. Klik pada gambar untuk membeli.

fungsi sikat dan pel dalam satu alat pembersih
Sikat kamar mandi dan sekaligus pel air

2. Rutin membersihkan lantai kamar mandi

Bersih-bersih rutin yang ringan akan lebih baik daripada harus sekaligus bersusah payah membersihkan permukaan lantai yang sangat kotor, membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sebentar.

Untuk bersih-bersih rutin ini bisa menggunakan bahan-bahan alami yang disebutkan di atas agar tidak merusak permukaan dan juga tidak merusak nat keramik.

3. Kamar mandi lembab

Kamar mandi memang biasanya lembab karena selalu ada air yang akan membasahi dinding atau lantai. Karena itu penting membuatkan ventilasi yang cukup lancar untuk kamar mandi agar kelembaban segera hilang atau berkurang. Bila kamar mandi di rumah tidak memiliki lubang ventilasi, bisa coba pasang exhaust fan di langit-langit kamar mandi untuk mensirkulasi udara lembab ke arah plafon.

Exhaust fan ada 2 jenis, yaitu exhaust fan untuk plafon, atau exhaust fan dinding. Yang mana yang mau dipilih bergantung pada kondisi kamar mandi di rumahmu. Apakah di atas kamar mandi masih ada ruang udara plafon atau apakah ada dinding kamar mandi yang mengarah ke luar ruangan. Dengan adanya exhaust fan sirkulasi udara di kamar mandi akan lebih lancar.

Demikian cara membersihkan lantai kamar mandi yang sudah kusam dan menguning. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin yang ringan agar lantai kamar mandi tidak cepat menguning.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.