Menghilangkan Karat Pada Gunting & Menajamkannya Kembali

cara membersihkan gunting berkarat

Gunting adalah salah satu peralatan yang cukup sering digunakan, namun seringkali kita lalai merawatnya. Tak jarang gunting jadi karatan karena kelalaian kita.

Bila pada gunting kita terlihat mulai ada kerak yang menempel, Cobalah cara berikut ini :

Cara Membersihkan pada gunting

1. dan Abu Rokok.

Campurlah dan abu rokok, aduk rata. Kemudian rendamlah gunting yang berkarat tersebut kedalam larutan tersebut. Biarkan gunting direndam semalaman. Keesokan harinya, gosoklah pada gunting kemudian keringkan gunting dengan kain bersih. Nah! Gunting pun akan kembali tajam dan berkilau.

2. Citric Acid.

Selain dan abu rokok, kita juga bisa menggunakan citric acid yang bisa kita beli di warung atau toko bahan kimia. Larutkan secangkir citric acid dalam setengah liter air, aduk rata. Rendam gunting berkarat di dalam larutan citric acid tersebut, biarkan selama 2 jam dan lihatlah karat pada gunting akan rontok dalam larutan citric acid tersebut

Cara Menajamkan Gunting Tumpul

Selain karat, hal lain yang sering menjengkelkan kita adalah ketika tiba-tiba gunting menjadi tumpul. Kalau punya batu asahan atau pengasah pisau, maka bisa segera dilakukan penajaman gunting. Namun kalau tidak memiliki keduanya, ada cara lain sebagai berikut:

1. Serai atau Sereh dan daun bambu

Untuk mengurangi ketumpulan gunting ini, cobalah cek lemari Anda apakah masih memiliki persediaan daun serai. Apabila ada daun serai yang tidak ingin Anda gunakan untuk memasak pada hari itu, ambillah sebanyak 10-15 helai daun serai lalu guntinglah daun serai itu satu persatu sampai nanti terasa gunting Anda pun menjadi tajam kembali. Lakukan hal ini bila di kemudian hari Anda merasakan gunting kembali tumpul. Selain daun serai, Anda juga bisa menggunakan daun bambu untuk menajamkan lagi gunting Anda.

2. Kaca

kaca pun bisa digunakan untuk menajamkan lagi gunting Anda yang tumpul. Peganglah botol kaca dengan posisi botol vertikal, lalu mulailah gerakan menggunting pada leher botol tersebut berulang kali. Setelah dirasa cukup, Anda bisa mengolesi guntung dengan sedikit pelumas, lalu cobalah menggunting kertas maka Anda akan merasa baru pertama kali menggunakan gunting tersebut.

3. Aluminium foil

Gunting yang tumpul juga bisa ditajamkan dengan cara menggunting-gunting kertas aluminium foil yang sebelumnya dilipat-lipat terlebih dahulu.

Semoga membantu.

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

One Comment

  1. Newsteen

    owh jadi abu rokok dicampur cuka

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.