5 Manfaat Garam untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Garam | Img:freeimages.com

adalah salah satu bahan masakan yang selalu ada di dapur kita. Sebab, makanan tidak akan sedap tanpa menambahkan garam dalam setiap masakan kita. Bahkan, tidak sedikit diantara kita adalah penggemar masakan asin, yang artinya garam yang digunakan sedikit berlebih dari takarannya.

seringkali dianggap sebagai penyebab penyakit darah tinggi, penyakit jantung koroner dan stroke. Namun, selain itu ternyata garam juga dibutuhkan oleh tubuh kita bila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Dan kita belum sepenuhnya memahami manfaat garam bagi tubuh. Yuk, kita bahas lebih jauh dalam 5 Manfaat untuk Tubuh.

Manfaat Untuk Tubuh

Manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi sehari-hari dalam berbagai makanan kita? Simak beberapa manfaatnya dibawah ini.

1. membantu pemeliharaan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid memiliki peran penting dalam mengatur metabolisme tubuh. Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Itu sebabnya jika kita kekurangan yodium yang terdapat dalam garam, maka kelenjar tiroid bisa membengkak atau lebih dikenal sebagai penyakit gondokan, selain itu juga bisa menyebabkan konstipasi, kelelahan, hingga sulit berkonsentrasi.

2. Air sebagai penghilang racun dari tubuh

dengan kandungan yodium membantu menghilangkan racun-racun kimia di dalam tubuh, karena itu sering digunakan dalam terapi detoksifikasi. Detoksifikasi ini biasanya dilakukan dengan mengonsumsi segelas air garam setiap hari. Namun harus diimbangi dengan pengurangan konsumsi garam dari asupan lainnya agar tidak memberikan jumlah garam yang berlebihan ke dalam tubuh.

3. membantu mengatasi sariawan dan nyeri tenggorokan

Nyeri tengggorokan yang terjadi akibat infeksi bakteri atau virus dapat diredakan dengan berkumur air garam. Caranya dengan membuat larutan air yaitu 1 sendok teh garam larutkan dalam satu cangkir air matang dan dikumurkan di tenggorokan untuk membilas tenggorokan dan mengurangi rasa nyeri.

Sementara untuk sariawan, gunakan larutan air garam untuk berkumur di dalam rongga mulut sehingga air garam bisa membasuh bagian mulut yang terkena sariawan. Lakukan berkumur dengan air garam 2-3 kali sehari.

4. Meredakan sakit gigi dan menghilangkan bau mulut

Saat sakit gigi datang, pertolongan pertama bisa kita lakukan dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur garam. Rasa sakit gigi yang berdenyut bisa mereda dan sekaligus menghilangkan bau mulut. Untuk mencegah bau mulut, berkumur dengan air garam bisa dilakukan secara rutin tanpa harus mengalami sakit gigi.

5. Menghilangkan pegal di tubuh dengan garam

Saat kaki terasa pegal karena berjalan terlalu lama atau menyetir lama, cukup rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan garam. Niscaya rasa pegal di kaki akan hilang, sekaligus jika ada kotoran dalam sela-sela kuku kita akan luruh dengan sendirinya. Rasa pegal di kaki hilang dan kaki pun menjadi lebih bersih.

Selain untuk kaki, bila memiliki bath tub bisa juga melakukan berendam di dalam air garam. Untuk hasil yang maksimal gunakan garam mandi ya, bukan garam untuk masak yang mengandung yodium.

Itulah 5 manfaat garam yang sangat berguna untuk kita ketahui. Namun harap diperhatikan jumlah maksimal yang aman dikonsumsi per hari untuk orang dewasa yaitu satu sendok teh per hari. Terlalu banyak mengonsumsi garam akan membuat tubuh menyimpan lebih banyak cairan yang berdampak pada kinerja pembuluh darah. Gangguan pada pembuluh darah inilah yang nantinya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, gangguan ginjal dan mempengaruhi kerja jantung.

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

One Comment

  1. roezd9

    artikel yang sangat membantu
    trimakasih admin & salam kenal

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.