Pupuk Mudah Tanaman Hias Pot

Ilustrasi Bawang | Img:freeimages.com
Ilustrasi Bawang | Img:freeimages.com

Memupuk tanaman hias pot kita bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan memakai kimia atau organik. Dalam beberapa tulisan sebelumnya, kita sudah membahas beberapa macam organik, misalnya dengan menggunakan ampas kopi, air rendaman , kulit pisang, dan lain-lain. Sekarang, kita akan membahas mudah lainnya yang bisa kita temukan di keseharian kita untuk tanaman hias pot kita.

Ada beberapa pupuk tambahan yang bisa kita temukan secara mudah disekitar kita, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Ampas Teh

Ternyata bukan hanya air rendaman teh (yang sudah direndam 24 jam) yang berguna bagi tanaman hias kita. Akan tetapi, ampas tehnya pun berguna sebagai pupuk dan diyakini bisa menyuburkan tanaman hias pot kita. Caranya sangat mudah.Sebarkan ampas teh di sekitar akar tanaman dan sambil agak dibenamkan ke dalam tanah. Jika ampas dari teh celup, pastikan buka dulu kertas pembungkus teh tersebut.

Kedua, Vetsin

Vetsin ternyata tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur. Taburkan sedikit vetsin di sekitar tanaman dan siram dengan air sedikit demi sedikit agar ia meresap. Jika ingin melihat hasilnya dengan pupuk vetsin ini, lakukan pemupukan secara rutin, yaitu setiap 5 hari atau seminggu sekali.

Baca Juga Biopri, Cara Mudah Suburkan Tanah

Ketiga, Kulit Bawang

Kulit bawang juga ternyata berguna sebagai pupuk alami. Caranya sangat mudah. Kumpulkan sisa kulit bawang, baik bawang merah atau bawang putih. Rendam sisa kulit bawang ini di dalam air selama 24 jam. Esoknya siram tanaman kita dengan air rendaman sisa kulit bawang ini (air rendamannya tanpa menaruh kulit bawang ke tanaman ya). Lalukan secara teratur dan lihat hasilnya.

Hola, mudah sekali bukan? Selamat mencoba 🙂

Artikel dalam Serial ini: Pupuk dari Sisa Obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *