Sunday, March 7#PakaiMasker #StayAtHome

Panduan Cara Membuat Filter Kolam Ikan di Rumah

Memelihara ikan hias seperti ikan koi memang menjadi hobby sebagian orang. Memandang warna ikan yang cantik serta mendengar suara gemericik air kolam dapat mendatangkan ketenangan tersendiri. Namun, hal tersebut hanya dapat dirasakan jika kolam ikan yang kita miliki terpelihara dengan baik. Salah satu upaya pemeliharaan kolam ikan adalah dengan memasang filter air. Kolam yang tidak memiliki filter air dapat menimbulkan berbagai masalah seperti air kolam keruh, bau tidak sedap, munculnya lumut hingga matinya ikan hias peliharaan kita. Oleh karena itu, sangat penting memasang filter air untuk menciptakan lingkungan tetap bersih. Meskipun filter untuk kolam ikan banyak dijual dipasaran, ternyata kita juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Untuk itu, simak ulasan lengkap mengenai sendiri berikut ini. 

Prinsip Filter Kolam Ikan

Sebelum membahas mengenai cara membuat filter kolam ikan, ada baiknya untuk memahami prinsip dari filter kolam itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, air yang ada di sungai akan terus menerus mengalir sehingga kebutuhan oksigen ikan akan selalu terpenuhi. Hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi kolam ikan yang tidak terdapat air mengalir. Oleh karena itu, kita perlu mengupayakan agar kebutuhan ikan akan oksigen di dalam kolam dapat terpenuhi dengan cara memasang alat filter. 

Jika di sungai zat amonia yang dikeluarkan ikan sebagai hasil dari pencernaan dapat terfilter secara alami, maka di dalam kolam zat tersebut perlu dikeluarkan menggunakan alat filter sebab dapat meracuni ikan lainnya. Selain itu, filter pada kolam juga dapat membersihkan air dari karbon dioksida, nitrogen serta partikel padat penyebab air kolam kotor. Beberapa filter khusus juga ada yang berfungsi menyaring pestisida, membersihkan senyawa logam dan zat klorin. 

Bahan Membuat Filter Kolam Ikan

Dalam pembuatan filter kolam, ada beberapa bahan yang sebelumnya perlu kita siapkan terlebih dulu seperti:

  • Pompa Air

Pompa air berfungsi sebagai penyedot air yang dihubungkan ke filter untuk dibersihkan lalu kemudian akan menyalurkan kembali aliran air yang sudah tersaring. Untuk ukuran pompa sendiri kita dapat menyesuaikan dengan besar kolam ikan yang dimiliki. Semakin besar kolam, ukuran pompa air yang diperlukan juga semakin besar.

  • Wadah Kosong

Siapkan pula wadah kosong yang berfungsi untuk meletakkan penjernih air. wadah ini dapat berbentuk jerigen maupun ember yang berukuran sedang atau besar. Penggunaan wadah ini bertujuan untuk menahan aliran air kotor pada proses pemfilteran yang membutuhkan tekanan tinggi.

  • Pasir Kuarsa

Pasir kuarsa mempunya peran penting sebab dapat menjernihkan air dengan baik. Selain itu, ukuran pasir yang kecil juga berguna untuk menyaring kotoran dalam air kolam.

  • Ferrolite 

Ferrolite atau manganese ini berperan menghilangkan unsur besi yang ada di dalam air. Sebab, jika di dalam air kolam terdapat unsur besi hal tersebut akan membahayakan kelangsungan hidup ikan.

  • Karbon Aktif

Karbon aktif atau arang ini berguna untuk menghilangkan bau serta rasa yang terkandung dalam air ketika proses penjernihan. Selain itu, karbon arang juga bisa mengurangi kandungan klorin dan kaporit yang bisa membahayakan ikan.

  • Kapas Filter

Seperti namanya, kapas filter berfungsi untuk memfilter atau menyaring setiap kotoran yang tersedot oleh pompa air dan melewati filter kolam ikan.

  • Batu Zeolit 

Batu zeolit berperan menghilangkan kandungan ion kalsium (Ca2+) serta ion magnesium (Mg2+) pada air yang kualitasnya menurun. Pastikan juga batu ini dalam kondisi bersih sebelum mulai merancang filter.

Cara Membuat Filter Kolam Ikan

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, berikut ini cara membuat filter kolam ikan yang bisa kita coba.

  • Sterilisasi Perlengkapan

Tahapan awal dalam membuat filter untuk kolam ikan adalah melakukan proses sterilisasi perlengkapan yang akan digunakan seperti wadah dan zeolit. Untuk wadah sendiri kita dapat membersihkannya dengan alkohol. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan jemur di bawah sinar matahari. Sedangkan zeolit dapat dibersihkan dengan air hingga kotorannya hilang. Pastikan semua perlengkapan sudah dibersihkan kecuali karbon aktif, sebab bahan ini tak perlu dibersihkan.

  • Perangkaian Filter Kolam

Setelah melakukan pembersihan terhadap setiap perlengkapan pembuatan filter, selanjutnya kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Letakkan kapas filter pada bagian bawah wadah kosong. Kapas ini akan berperan sebagai penyaring air hasil filter sebelum masuk kembali ke dalam kolam
  2. Tutup semua permukaan kapas filter dengan batu zeolit hingga merata dan memenuhi setiap sisi wadah
  3. Masukkan kapas filter lagi dengan ukuran yang lebih tipis dari sebelumnya, letakkan kapas ini di atas batu zeolit. Kapas disini akan berfungsi sebagai pembatas agar zeolit tidak bercampur dengan bahan penjernih lainnya
  4. Setelah itu, tutup seluruh permukaan kapas filter dengan karbon aktif hingga seluruh sisi wadah tertutupi dengan baik
  5. Letakkan kembali kapas filter yang tipis diatas permukaan karbon aktif
  6. Kemudian, letakkan ferrolite secara merata di atas lapisan kapas filter. Setelah itu, kembali tutupi dengan kapas filter sebagai sekat
  7. Masukkan pasir kuarsa pada semua sisi wadah kosong lalu letakkan kembali kapas filter diatasnya
  • Pemasangan Filter

Tahapan terakhir dalam proses pembuatan filter untuk kolam ikan koi adalah memasang dan melakukan instalasi ember serta alat lainnya di tempat yang kita inginkan. Selain itu, kita juga bisa langsung meletakkan wadah filter di samping atau di atas kolam pada ketinggian tertentu. Pastikan juga bahwa skema filter kolam ikan koi yang kita rangkai seperti berikut:

Kapas Filter > Pasir Silika > Sekat (Kapas Filter) > Ferrolite > Sekat (Kapas Filter) > Karbon Aktif > Sekat (Kapas Filter) > Batu Zeolit > Filter Kapas

Ketika memelihara ikan koi maupun ikan hias lainnya tentunya pemeliharaan kolam adalah sebuah kewajiban untuk tetap menjaga kebersihan kolam serta kesehatan ikan. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan memasang filter air di kolam. Filter ini memiliki peran yang penting agar lingkungan sekitar kolam juga selalu terjaga. Tentunya, kita juga bisa membuat alat ini sendiri di rumah sehingga dapat menekan pengeluaran tapi ikan tetap tumbuh sehat dan kolam menjadi bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.