Manfaat Ampas Kopi Untuk Tanaman di Pot

Aroma panas yang wangi menjadi teman yang menyenangkan di pagi hari. Apalagi di Indonesia hampir di setiap daerah kita memiliki jenis kopi yang berbeda. Setiap hari entah berapa ribu cangkir kopi yang dikonsumsi rakyat Indonesia.

tubruk atau kopi non instan yang kita minum sehari-hari memiliki ampas. Tahukah Anda bahwa ampas kopi ini dapat bermanfaat sebagai pupuk yang ramah lingkungan untuk tanaman kita. Kegiatan yang dikenal dengan zero wasting coffee ini sudah banyak dilakukan di luar negeri, tetapi belum populer di negeri kita. Mungkin karena masih kurangnya sosialisasi dan pengetahuan tentang ini. Cukup disayangkan, mengingat begitu banyaknya jumlah ampas di Indonesia ini setiap harinya.

Cara Menggunakan Ampas Untuk Tanaman

Bagaimana cara kita memanfaatkan ampas ini untuk pupuk tanaman?

Ampas dari yang sudah diseduh, bisa langsung ditaburkan tipis-tipis di atas permukaan tanah pot atau kebun kita. Jangan terlalu tebal menaburkan ampas kopi, karena kalau ampas kopi ditaburkan terlalu tebal dan menutupi seluruh permukaan tanah, ia bisa menghalangi penyerapan air ke media tanam atau tanah. Kalau terlihat ampas kopi kita menutupi seluruh permukaan tanah dalam pot, sebaiknya ditutupi lagi dengan tanah atau bila tidak ada persediaan tanah, lapisan ampas bubuk kopi tersebut bisa diadukkan agar bercampur dengan media tanah di bawahnya.

Mungkin ada kafe di dekat rumah yang bisa kamu minta ampas bubuk kopinya? Nah kamu bisa dapatkan ampas bubuk kopi secara rutin dalam jumlah cukup besar. Tentu saja tidak bisa semua ampas bubuk kopi ini langsung ditabur ke dalam pot tanaman atau permukaan tanah. Bila ampas kopi yang ingin digunakan cukup banyak seperti ini, sebaiknya dimasukkan ke dalam komposter untuk menjadi komponen nitrogen dalam komposter kita.

Sebagai catatan, khusus untuk tanaman anggrek dan kaktus, ampas ini tidak disarankan.

Apa Manfaat Ampas Untuk Tanaman?

Apa saja manfaat ampas ini untuk tanaman kita, setidaknya ada beberapa manfaat ampas kopi ini.

1. Ampas kopi kaya akan mineral

Ampas kopi mengadung kandungan nitrogen tinggi yang berguna untuk kesehatan tanah dengan tingkat PH yang rendah. Ampas kopi juga mengandung senyawa fosfor, potasium, magnesium, dan sedikit tembaga. Tanaman yang menyukai tanah dengan kadar asam yang tinggi akan menyukai ampas bubuk kopi ini.

2. Ampas kopi bisa menekan pertumbuhan jamur jahat

Ampas bubuk kopi yang ditaburkan bercampur dengan tanah akan menumbuhkan jamur baik yang dapat menekan dan mencegah pertumbuhan jamur jahat yang merugikan pertumbuhan tanaman.

3. Ampas kopi sebagai makanan cacing

Banyaknya jumlah cacing di dalam tanah di halaman kebun atau taman rumah kita adalah indikator kesuburan tanah. Cacing di dalam tanah melakukan proses penguraian bahan organik menjadi materi yang dibutuhkan untuk kesuburan tanah sebagai penyedia nutrisi untuk tanaman. Oleh karena itu karena ampas bubuk kopi adalah salah satu bahan organik yang disukai cacing, pemberian ampas bubuk kopi ke dalam tanah akan meningkatkan aktivitas cacing tanah dalam menyuburkan tanah. Namun sebaiknya jangan menumpahkan sekaligus ampas bubuk kopi dalam jumlah banyak ke tanah. Berikan sedikit-sedikit secara rutin.

4. Pembuatan pupuk cair dari ampas bubuk kopi

Ampas bubuk kopi bisa direndam semalaman di dalam air dengan tujuan membuat pupuk organik cair. Setelah ampas bubuk kopi direndam semalaman, airnya bisa disiramkan ke tanah. Namun jangan menyiramkan air seduhan pertama kopi langsung ke dalam tanah atau tanaman, karena seduhan pertama kopi ini masih mengandung kafein dan kadar asam yang sangat tinggi yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman.

Bagaimana, mudah dan menarik bukan? Selamat mencoba 🙂

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.