Manfaat Ampas Kopi Untuk Tanaman di Pot

Aroma panas yang wangi menjadi teman yang menyenangkan di pagi hari. Apalagi di Indonesia hampir di setiap daerah kita memiliki jenis kopi yang berbeda. Setiap hari entah berapa ribu cangkir kopi yang dikonsumsi rakyat Indonesia.

tubruk atau kopi non instan yang kita minum sehari-hari memiliki ampas. Tahukah Anda bahwa ampas kopi ini dapat bermanfaat sebagai pupuk yang ramah lingkungan untuk tanaman kita. Kegiatan yang dikenal dengan zero wasting coffee ini sudah banyak dilakukan di luar negeri, tetapi belum populer di negeri kita. Mungkin karena masih kurangnya sosialisasi dan pengetahuan tentang ini. Cukup disayangkan, mengingat begitu banyaknya jumlah ampas di Indonesia ini setiap harinya.

Cara Menggunakan Ampas Untuk Tanaman

Bagaimana cara kita memanfaatkan ampas ini untuk pupuk tamanan?

Ampas dari yang sudah diseduh, bisa langsung ditaburkan tipis-tipis di atas permukaan tanah atau kebun kita. Jangan terlalu tebal menaburkan ampas kopi, karena kalau ampas kopi ditaburkan terlalu tebal dia bisa menghalangi penyerapan air ke media tanam atau tanah.

Bila ampas kopi yang ingin digunakan cukup banyak, bisa juga dimasukkan ke dalam komposter untuk menjadi komponen nitrogen dalam komposter kita.

Sebagai catatan, khusus untuk tanaman anggrek dan kaktus, ampas kopi ini tidak disarankan.

Apa Manfaat Ampas Kopi Untuk Tanaman?

Apa saja manfaat ampas kopi ini untuk tanaman kita, setidaknya ada beberapa manfaat ampas kopi ini.

Pertama, Ampas kopi kaya akan mineral.

Ampas kopi mengadung kandungan nitrogen tinggi yang berguna untuk kesehatan tanah dengan tingkat keasaman yang rendah, sehingga aman dikonsumsi tanaman. Ampas kopi juga mengandung senyawa fosfor, potasium, magnesium, dan sedikit tembaga.

Kedua, Ampas kopi bisa berfungsi sebagai alami.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab, ampas kopi bisa menghalangi masuknya siput ke dalam area tanaman kita. Selain itu, pun akan terkontrol. Artinya Anda tidak perlu lagi membeli yang berbahan dasar kimia jika dengan ampas kopi hal ini sudah bisa terbantu.

Bagaimana, mudah dan menarik bukan? Selamat mencoba 🙂

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.