Memilih Kandang Hamster

Hamster | Img:freeimages.com
| Img:freeimages.com

Apa Anda suka memiliki , seperti hamster misalnya. Jika Anda memiliki hamster, maka pasti Anda juga memiliki kandang hamster dan kandang hamster ini sangat penting artinya bagi Anda ini, karena dia merupakan rumah baginya. Ada beberapa catatan yang sebaiknya Anda perhatikan dalam hal ini.

Pertama, jika Anda memiliki hamster berukuran besar, maka sediakan kandang yang berukuran besar pula. Hal ini penting untuk memberikan hewan peliharaan Anda kenyamanan dan keleluasaan bergerak.

Kedua, jika hamster Anda berukuran kecil, maka cukup kandang berukuran sedang, kecuali Anda memiliki hamster jenis roborovski yang dikenal sangat lincah dan suka bermain sehingga membutuhkan ruang gerak yang cukup leluasa.

Ketiga, kandang hamster sering berbentuk seperti akuarium atau kandang yang khusus yang terbuat dari besi. Jika hamster Anda suka menggigit, pastikan jeruji kandangnya tidak dilapisi cat. Bila tidak bisa memastikan, maka Anda sebaiknya memilih kandang berbentuk seperti akuarium.

Keempat, kandang hamster harus diberi alas yang berfungsi menyerap air kencing agar tidak bau

Hal ini dikarenakan hamster suka kencing dan membuang kotorannya di sembarang tempat. Pilihlah alas berupa pasir halus atau zeolit, kerikil atau serbuk kayu buatan pabrik yang tidak mengandung zat kimia apapun. Ketebalan alas bisa sekitar 2-4 cm.

Kelima, Kandang sebaiknya dibersihkan setiap 2-4 minggu sekali dan alasnya diganti atau dicuci setiap minggu karena telah bercampur dengan kotoran dan sisa makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *