Agar Kandang Hamster Tidak Bau Pesing

Hamster itu hewan pengerat kecil yang lembut dan lucu. Seringkali hamster dipelihara dengan cara dimasukkan ke dalam dan diletakkan di dalam ruangan di rumah. Kebanyakan diletakkan di kamar tidur.

Karena kandang hamster berada di dalam rumah, sebaiknya kita memastikan kebersihan kandang hamster tersebut agar tidak menyebarkan yang kurang sedap ke penjuru rumah.

Salah satu sumber utama kandang hamster itu dari kencing hamster. kandang hamster harus diberi alas yang berfungsi untuk menyerap air kencing agar tidak bau. Alas kandang bisa berupa serbuk yang tidak mengandung zat kimia yang dapat membahayakan hamster. Serbuk kayu sebaiknya berbentuk halus dan tidak tajam.

Alas kandang hamster juga bisa berupa pasir zeolit khusus buat hewan peliharaan. Tapi biasanya Hamster lebih suka serbuk karena mereka bisa menyelimuti tubuhnya dengan serbuk kayu tersebut.

Ganti pasir dan serbuk alas kandang tersebut secara berkala 1 minggu atau 2 minggu sekali, tergantung kondisi kandang. Bila anda ingin menghemat serbuk kayu dan pasir, Anda bisa mengganti hanya bagian yang basah saja.

Untuk mengurangi kencing hamster, sebaiknya tidak terlalu sering diberi makan atau makanan lain yang mengandung banyak air dari jenis sayur-sayuran. Ini agar kotoran hamster tidak basah yang biasanya akan lebih bau dibanding kotoran hamster yang kering.

Kandang hamster letakkan di tempat yang terbuka dimana udara mengalir. Bila Anda meletakkan kandang hamster di ruang AC, pastikan Anda juga mengangin-anginkan kandang tersebut secara berkala agar kamar AC anda yang biasanya tertutup rapat tidak bau. Tapi jangan memasang kipas angin mengarah langsung ke hamster, karena akan membahayakan jiwa hamster.

Dan yang paling penting adalah kandang hamster dan pasir/serbuk alasnya harus dicuci dan dibersihkan minimal seminggu sekali.

Dengan rutinitas kandang seperti ini, maka kandang hamster kesayangan pun tidak berbau lagi.

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

4 Comments

  1. victorhammy

    saya sudah mencoba dengan pasir wangi, tapi bau hamster yang pesing tersebut tetap tercium

    1. Viranyta

      sebenarnya lok menurut pengalaman saya, supaya kandang hamster g bau pesing yaitu dengan rutin membersihkannya. Paling sedikit 2 hari sekali lah, dijamin g bakal pesing. Jangan lupa cuci juga mainan dan tempat makannya. Karena hammy juga suka buang air di mainan bahkan makanannya.

      1. Editor

        Iya betul. Cara paling ampuh memang harus sering dibersihkan kandang hamsternya.

    2. Editor

      Itu pasir wangi, apakah tidak berbahaya untuk hamsternya?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.