9 Kesalahan Mencuci Pakaian (Bag Pertama)

Ilustrasi Pakaian | Img:freeimages.com
Ilustrasi Pakaian | Img:freeimages.com

Bunda, saat kita , baik dengan atau tangan, maka ada beberapa kesalahan yang mungkin terjadi karena salah dalam cara mencucinya. Apa saja hal itu? Simak beberapa hal berikut yang mungkin pernah Bunda alami sendiri.

Kesalahan pertama, Pakaian mengecil

Kenapa hal tersebut terjadi? Solusinya jangan memakai air yang terlalu panas atau meninggalkan sweater kesayangan di mesin pengering terlalu lama. Melakukan salah satu dari dua hal tersebut bisa membuat sweater mengecil.

Namun, jika sudah terjadi, masih ada cara memperbaikinya. Masukkan tiga sendok kondisioner rambut ke dalam air dengan suhu kamar. Rendam sweater selama kurang lebih lima menit, lalu tariklah sweater secara perlahan-lahan dan bentuk ke ukuran semula.

Kesalahan kedua, Melalaikan noda

Beberapa noda justru sulit dibersihkan dengan air dan tidak semua noda bisa hilang dengan air panas. Cara terbaik adalah pisahkan pakaian yang terkena noda. Anda harus mencari tahu bagaimana cara hilangkan noda khusus tersebut, pastikan Anda tahu asal muasal noda tersebut untuk memudahkan mencari cara menghilangkan noda tersebut.

Kesalahan ketiga, Menaruh baju terlalu lama di mesin pengering

Hal ini biasa terjadi saat . Tapi saat ini Bunda lakukan, baju jadi terlalu kusut. Untuk memperbaikinya, masukkan kembali baju tersebut ke mesin pengering bersamaan dengan handuk yang basah.

Kesalahan keempat, Lupa membaca petunjuk pencucian

Di setiap pakaian, biasa ada petunjuk bagaimana harus mencuci pakaian tersebut. Misalnya apa harus mencuci dengan air panas atau dengan air dingin. Boleh dikeringkan atau tidak dan lain-lain.

Jika petunjuk itu dilupakan, seringnya pakaian yang Bunda cuci bisa kusut, warnanya memudar, atau kerusakan lainnya. Karena itu, terutama untuk pakaian berbahan khusus dan mahal, jangan lupa melihat petunjuk pencucian sebelum mencuci.

Kesalahan kelima, Terlalu banyak

Tidak sedikit orang yang menuangkan banyak sekali detergent atau sabun cuci ke mesin cuci mereka. Tindakan tersebut bisa menyebabkan pakaian cepat kusam dan mesin cuci rusak. Sebelum mencuci, baca petunjuk yang ada di detergent sebelum memasukkannya ke mesin cuci.

Kesalahan keenam, Lupa memisahkan pakaian

Kesalahan ini bisa membuat pakaian putih menjadi berwarna karena terkena pakaian berwarna yang luntur. Sebaiknya, pisahkan cucian sebelum memasukkannya ke mesin cuci. Sortir menjadi tiga bagian, pakaian berwarna, gelap, dan putih. Untuk pakaian berwarna kuat seperti merah, oranye dan hijau sebaiknya dipisahkan dengan cucian yang lain karena biasanya berpotensi luntur

Wah, cukup banyak hal mendetail ternyata untuk kita lebih memperhatikan pekerjaan sehari-hari yang sederhana ini. Selamat mencoba Bunda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *