Kolam Hias Bebas Nyamuk

Mungkin ada yang memiliki hias, yaitu kolam yang sebenarnya tidak khusus diperuntukkan untuk memelihara ikan. biasanya merupakan elemen estetika dalam rumah dan juga sebagai penyejuk suasana. Saat kita memiliki hias pasti akan menambah indah suasana rumah. Rumah akan terasa lebih asri dan suara kecipak air bisa menambah suasana tenang batin.

Namun disisi lain, genangan air bisa menarik nyamuk. Kolam bisa menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk. Tentu sedikit berbeda dengan kolam ikan, dimana biasanya jentik-jentik nyamuk malah jadi makanan kesukaan ikan.

Bagaimana cara kita membuat bebas nyamuk?

Ada beberapa cara yang harus kita lakukan untuk membuat kita bebas dari nyamuk, yaitu sebagai berikut.

1. Usahakan air kolam mengalir dan tidak diam.

Fitur air mancur misalnya adalah salah satu alternatif. Nyamuk senang pada air yang bersih dan tenang untuk meletakkan telur-nya.

Jika kita tidak menggunakan bantuan profesional dalam hal ini, kita bisa membuat sendiri dengan bantuan banyak membaca dan bertanya. Saat ini, banyak perusahaan menjual kit yang mencakup pompa air kecil dan aksesoris lainnya untuk instalasi kolam.

2. Berikan beberapa ekor cupang.

-ikan cupang ini akan memakan jentik-jentik nyamuk sebagai pangan alaminya. Terutama bila Anda airnya tidak terlalu banyak riaknya.

3. Rutin memeriksa kondisi air.

Minimal seminggu sekali harus dicek apakah ada jentik nyamuk di dalam kolam, terutama bila tidak ada sama sekali di dalam kolam. Nyamuk bisa bertelur kapan saja dan jentik-jentiknya akan segera menetas dan itu bisa terlihat dengan mata bila kita rajin memeriksa keadaan air.

4. Jika tidak sempat menguras kolam, gunakan abate setiap 1 atau 2 bulan sekali.

Namun, perlu diingat penggunaan abate ini bukan berarti air kolam sengaja tidak dikuras. Air kolam yang tidak rutin dikuras akan terkesan kusam, kotor dan jorok. Jangan lupa untuk menggunakan filter yang berguna untuk menyaring air kolam dan menyalakannya setiap hari.

Selamat mencoba dan menikmati kolam yang indah bebas dari nyamuk 🙂

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.