Agar Lilin Awet dan Menyala Lebih Lama


Pada dasarnya ketika menginginkan menyala lebih lama dan tidak cepat habis meleleh, terlebih dahulu pastikan keadaan lokasi tersebut diletakkan. Bila lokasi tempat menyala terlalu banyak angin, sehingga api terbakar dan meliuk-liuk maka bisa dipastikan pun akan cepat meleleh. Sebaiknya lindungi sisi kiri dan kanan agar bisa menyala dengan api yang tidak meliuk-liuk.

Selain itu kobaran api lilin yang terlalu besar juga bisa menyebabkan lilin meleleh terlalu cepat. Guntinglah sumbu lilin bila terlalu panjang dan kobaran api lilin terlalu besar.

Ketika lilin sudah ditempatkan di tempat khusus dimana angin tidak bisa membuat api lilin meliuk-liuk, maka selanjutnya yang perlu digunakan lilin tersebut perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang bisa dicoba dibawah ini :

1. Untuk memperlambat lelehan lilin, sebelum lilin dinyalakan gosoklah seluruh permukaan lilin dengan sabun batang (padat) sampai rata. Lalu diamkan selama 5 menit baru kemudian dinyalakan.

2. Cara lain agar lilin tidak cepat meleleh adalah dengan menyimpan lilin tersebut selama minimal 3 jam di dalam freezer sebelum digunakan. Dengan kondisi lilin yang sangat beku tersebut diharapkan lilin pun tidak cepat meleleh.

3. Bila anda masih punya cukup waktu sebelum menggunakan lilin tersebut, lilin dapat direndam dulu selama 2 minggu dalam rendaman air garam yang cukup pekat. Setelah direndam selama dua minggu, jemur sampai kering lalu lilin pun siap dipakai.

Selain mengupayakan agar lilin tidak cepat habis, Anda mungkin juga memiliki beberapa lilin yang mungkin karena disimpan berdekatan dengan panas sehingga batang lilin tersebut menjadi bengkok. Untuk meluruskan lagi lilin yang bengkok itu, Anda bisa mencelupkan seluruh batang lilin ke air panas, lalu gulingkan lilin tersebut di tempat yang datar sampai menjadi lurus kembali.

Semoga membantu!

foto:freeimages.com

Artikel dalam Serial ini: Manfaat Kopi untuk Perawatan TubuhMenghilangkan Bau Mulut dengan Madu