Menghilangkan Noda Teh pada Cangkir

Apa Anda pernah mendengar iklan ini : Mari nge-teh, mari bicara. Apa tag line itu menarik perhatian Anda hingga ingin mencobanya? Tak ada salahnya. Tapi mungkin malah Anda adalah seorang pencinta teh yang hampir setiap hari tak pernah lupa menikmati secangkir teh hangat di sela-sela waktu Anda.

Kalau begitu, Anda pasti sudah tahu bahwa setelah minum teh, sedapat mungkin cangkir teh yang tadi digunakan harus langsung dicuci bersih. Kalau tidak, bekas teh yang tertinggal di cangkir tersebut akan menetap dan terus bertambah terlihat jelas seiring waktu. Apalagi kalau cangkir teh Anda berwarna putih dan terang, sehingga bercak itu menjadi lebih terlihat jelas. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Bayangkan bila yang minum teh bersama Anda berpikir Anda adalah orang yang kurang memperhatikan kebersihan. Jangankan bicara. Minum teh Anda pun mungkin dia enggan. Tentu akan lebih baik kalau orang yang Anda ajak bicara mengagumi Anda sebagai orang yang bersih dan rapi, bukan?

Namun, bila cangkir teh anda sudah terlanjur memiliki bercak noda dari teh, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut untuk menghilangkan pada cangkir kesayangan anda

Bahan Alami Untuk Membersihkan Pada Cangkir

pada cangkir yang sudah tidak lagi bisa hilang hanya dengan dicuci menggunakan air dan sabun cuci piring biasa, memang perlu tindakan khusus agar noda tersebut bisa lenyap. Cangkir Anda yang umumnya terbuat dari keramik memang memiliki pori-pori yang sangat halus tapi tetap bisa dimasuki oleh noda teh. Tapi mudah-mudahan noda teh tersebut masih bercokol di permukaan saja, sehingga beberapa bahan alami di bawah ini bisa bertindak sebagai abrasi untuk mengikis noda teh dari permukaan cangkir Anda tersebut.

Silakan dicoba untuk membersihkan pada cangkir sesuai dengan persediaan bahan yang ada di rumah Anda.

1. Jeruk Lemon

 
Siapkan irisan lemon. Kemudian gosokkan pada pada cangkir yang membandel. Setelah cangkir terlihat bersih dari noda, lalu cuci cangkir seperti biasa.

2. Garam

Kalau sifat asam dari jeruk lemon masih belum bisa mengatasi tersebut, maka Anda bisa mencoba menambahkan bahan pengikis berikutnya yaitu garam.

Gunakan garam halus atau garam dapur biasa untuk menghilangkan yang membandel pada cangkir. Caranya yaitu taburkan garam halus pada noda, kemudian gosok perlahan dengan kain lap. Jangan digosok keras-keras karena cara ini dapat menimbulkan goresan pada cangkir Anda. Karena itu gunakan garam halus, jangan garam krosok atau garam yang berbutir kasar.

3. Soda Kue atau

Baking Soda atau Soda Kue memiliki butiran yang lebih halus daripada garam. Karena itu Anda bisa menggunakan soda kue sebagai pengganti garam. Lakukan dengan cara yang sama seperti dengan garam.

Apabila masih belum hilang, sebelum menaburkan baking soda, bagian cangkir yang bernoda bisa digosok dulu dengan jeruk lemon. Setelah itu taburi dengan baking soda dan lanjutkan menggosok noda tersebut sampai hilang.

4. Bagian Tengah Nenas

Bila Anda memiliki nenas, ambil bagian tengah nenas dan gosok-gosokkan pada bagian cangkir yang bernoda tersebut. Bagian tengah nenas juga memiliki sifat asam yang bisa mengangkat noda.

5. Cairan Pemutih Pakaian

Namun, jika sudah terlalu lama sehingga terlalu sulit untuk dihilangkan dengan cara-cara tersebut di atas, coba rendam cangkir yang ada noda tehnya itu dengan cairan pemutih pekaian yang dicampur dengan air. Diamkan semalaman. Esok harinya, cuci dengan sabun cuci piring seperti biasa. Pastikan bau pemutihnya hilang saat mencucinya. Cara ini bisa dilakukan untuk cangkir yang memang berwarna putih.

Selamat mencoba! Semoga Membantu.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.