Cara Merawat Kompor Gas dan Menghilangkan Karat Pada Kompor

Kompor yang ada di kita sudah pasti kita gunakan setiap hari, karena itu sudah sewajarnya kita merawat dan membersihkan secara rutin kompor gas kita. Selain kebersihan, kita juga mesti memastikan kompor gas kita dalam kondisi yang selalu aman digunakan mengingat gas adalah zat yang mudah meledak.

Cara Merawat Kompor Gas Agar Selalu Aman

Untuk memastikan kompor gas selalu dalam kondisi yang terawat, beberapa hal sederhana ini bisa kita lakukan :

1. Selalu periksa posisi selang gas.

Pastikan selang gas pada kompor gas jauh dari permukaan yang panas, dan tidak pada posisi yang tertekuk. Selalu periksa juga permukaan selang gas apakah ada terlihat retak-retak pada permukaan luar selang gas karena hal ini bisa saja memungkinkan terjadinya kebocoran gas yang harus kita hindari.

2. Bersihkan lubang kompor tempat keluarnya api

Api biru tanda tidak ada sumbatan pada lubang api kompor gas | freeimages.com
Api biru tanda tidak ada sumbatan pada lubang api kompor gas | freeimages.com

Kotoran yang menyumbat saluran tempat keluarnya api bisa menyebabkan api biru menjadi merah, sehingga panas yang dihasilkan tidak maksimal. Hal ini bisa membuat penggunaan gas menjadi boros.

Tips Lainnya :   Manfaat Cuka Sebagai Pembersih Murah dan Alami

Cara membersihkan lubang tempat keluar api pada kompor ini adalah dengan menusuk lubang-lubang api dengan jarum sehingga kotoran yang ada dalam lubang bisa terdorong keluar.

3. Jangan menyalakan api kompor tanpa ada alat memasak

Kompor Gas | Andrea Piacquadio – pexels

Kebiasaan menyalakan api kompor sebelum kita meletakkan alat memasak diatasnya ini merugikan dalam dua hal, yaitu boros gas karena api sudah dinyalakan sementara kita belum menyiapkan alat masak. Kedua hal ini meninggalkan gas di dalam ruangan.

4. Bersihkan kompor dengan lap kering

Selalu akhiri membersihkan kompor dengan kering | Liliana Drew – pexels

Biasakan untuk mengakhiri proses pembersihan kompor gas dengan lap kering. Bisa jadi ada bekas makanan yang jatuh dan melekat di permukaan kompor dan sulit dibersihkan dengan lap kering. Bila ini yang terjadi, kita bisa bersihkan terlebih dahulu semua kotoran yang melekat pada permukaan kompor dengan kain lap basah yang diberi air sabun. Setelah kotoran bersih, maka lap lagi kompor dengan kain lap yang kering.

Tips Lainnya :   Menghalau Semut dari Lemari Makan

5. Cara membersihkan pada burner kompor

Burner pada Kompor Gas harus selalu dijaga kebersihannya dan bebas karat | bigworldinalens – pexels

Burner adalah tempat menyalakan api pada kompor gas yang terbuat dari tembaga atau kuningan biasanya mudah menjadi hitam dan karatan. Proses ini terjadi karena aktivitas kompor kita yang sudah sekian lama. Bagaimana cara kita menghilangkan karat pada kompor gas tersebut agar kembali bersih?

Karat pada bagian burner tadi bisa kita bersihkan dengan memakai larutan asam sitrat atau citric acid. Larutan ini biasa dipakai untuk membuat manisan buah. Ikuti beberapa langkah mudah berikut.

Pertama, Larutkan satu sendok makan asam sitrat ke dalam mangkok air panas yang berisi air 100 cc.
Kedua, Rendam burner dalam larutan asam tadi selama minimal 2 jam.
Ketiga, Angkat dan gosok burner sampai warna aslinya kembali dan cuci seperti biasa.

Tips Lainnya :   Cara Membersihkan Noda dan Debu pada Cermin Antik

Kandungan kimia yang ada dalam asam sitrat mampu meluruhkan karat dan kembali burner menjadi bersih.

6. Cara membersihkan bagian kompor yang berlapis enamel atau krom

Gunakan untuk membersihkan lemak pada kompor | Polina tankilevitch – pexels

Bagian kompor yang berlapis enamel atau krom dapat dicuci dengan air sabun hangat. Gunakan saja sabun cuci piring. Setelah dicuci dan dibersihkan dengan air sabun hangat, pastikan untuk mengeringkan dengan kain lap yang bersih dan kering. Setelah betul-betul kering, barulah pasang kembali bagian-bagian kompor tersebut.

Nah dengan sedikit rutinitas untuk kompor gas kita di rumah, kita bisa memastikan kelancaran proses memasak di rumah dan yang terpenting adalah memastikan keamanan kompor gas kita dari bahaya ledakan gas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya