Kaca Jendela Atau Cermin Terlihat Buram? Ini Cara Mudah Membersihkannya

jendela rumah baik yang terkena cipratan air hujan atau pun yang berada di bawah naungan atap kanopi bila tidak rutin dibersihkan maka lama-kelamaan akan mengumpulkan kotoran yang lengket di permukaan kaca. Kotoran yang sudah lengket di ini memang agak sulit untuk dibersihkan hanya dengan dilap dengan kain lap saja.

Dengan kondisi jendela yang sudah kotor seperti ini, kita biasanya berpikir untuk membersihkan kaca jendela dengan menggunakan air sabun. Sebaiknya kita berhati-hati dalam menggunakan air sabun untuk membersihkan kaca. Bila kita tidak membilas bersih kaca dari air sabun dan langsung mengeringkannya, maka hanya akan memunculkan banyak bercak-bercak sisa air sabun yang menempel di permukaan kaca.

Untuk membersihkan jendela tanpa meninggalkan banyak bercak sabun, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan menggunakan bahan-bahan dan cara-cara yang tidak sulit untuk dilakukan.

jendela atau pintu yang sudah buram dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah:

Tips Lainnya :   Cara Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih

1. Baking Soda dan Cuka

Bila yang hendak dibersihkan sulit untuk dicopot, maka campur Baking Soda dengan sedikit air sehingga membentuk pasta. Lalu dengan spons kasar, oleskan pasta baking soda itu di permukaan spons kemudian gosokkan pada permukaan kaca yang buram. Daya abrasi pada baking soda akan merontokkan lapisan tipis kerak atau jamur pada permukaan kaca.

Setelah semua permukaan telah digosok dengan baking soda, lalu semprotkan cuka putih atau cuka masak permukaan kaca yang masih berlapis baking soda. Akan terlihat baking soda bereaksi dengan cuka putih dengan memunculkan gelembung-gelembung. Gunakan sarung tangan plastik yang kuat, lalu lanjutkan menggosok seluruh permukaan kaca dengan spons. Setelah semua kerak tergerus, siram permukaan kaca dengan air bersih dan lihatlah kaca jendela atau cermin yang buram sudah kinclong kembali.

2. Tembakau

Rendam tembakau kualitas rendah sebanyak 2 ons selama 30 menit. Gunakan air rendaman tembakau tersebut untuk membersihkan dengan cara mencelupkan lap bersih kedalam air, peras, lalu gosokkan pada kaca yang buram. Ulangi beberapa kali hingga kaca tampak bersih, lalu gunakan lap basah yang bersih untuk membersihkan sisa-sisa tembakau yang menempel pada kaca. Keringkan kaca dengan lap bersih yang kering.

Tips Lainnya :   Membersihkan Kerak Lantai Kamar Mandi

Bila sulit menemukan tembakau yang belum dijadikan rokok, bisa menggunakan tembakau yang diambil dari dalam lintingan rokok kretek.

3. Kertas Koran Bekas

Gunakan kertas koran bekas untuk mengelap jendela Anda. Bila kaca jendela terlihat sangat kotor, basahi terlebih dahulu kertas koran, lalu gosokkan ke permukaan kaca sampai kotoran yang menempel di kaca tergerus. Lakukan ini sampai semua kotoran yang lengket di kaca hilang dan bisa kita bilas dengan air.

4. Kapur Tulis

Kapur Tulis Untuk Membersihkan Kaca Buram | Stokpic – Pixabay

Ambil kapur tulis secukupnya, lalu tumbuk atau hancurkan menjadi bubuk atau serbuk. Campur dengan spiritus sehingga membentuk pasta halus. Campuran kapur tulis dan spiritus ini lalu bisa dikuaskan seperti mengecat ke permukaan kaca yang buram. Setelah semua bagian tertutup, tunggu sekitar 15 menitan, lalu gosok dengan lap kering hingga permukaan kaca bersih kembali. Butiran halus kapur akan mengerok lapisan kerak yang menempel pada permukaan kaca.

Tips Lainnya :   6 Trik Membersihkan Rumah

5. Kape tajam

Ketika semua cara di atas masih belum juga bisa menghilangkan kerak di permukaan kaca jendela atau kaca cermin kita, maka cara terakhir yang bisa kita lakukan adalah menggunakan Kape yang Tajam. Gunakan Kape ini untuk mengikis lapisan kerak tipis yang lengket pada permukaan kaca. Lakukan beberapa kali sehingga semua lapisan kerak atau jamur yang menempel

Semoga membantu.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.