Sunday, March 7#PakaiMasker #StayAtHome

8 Cara Merawat Motor Matic Di Rumah Dengan Mudah

Di Indonesia, penggunaan motor matic menjadi trend di berbagai kalangan, usia dan jenis kelamin. Itulah sebabnya banyak bermunculan motor matic dengan beragam merek serta keunggulan. Untuk itu, bagi kalian pengguna motor matic, penting untuk mengetahui cara merawat matic agar tetap awet dan tidak ngadat ketika digunakan. Berikut tips merawat matic paling ampuh yang bisa kamu coba praktekkan di rumah.

  • Rutin Memanaskan Mesin Motor Saat Pagi Hari
    injeksi ataupun karburator yang harus kamu ingat adalah memanaskan mesin motor. Hal ini berguna agar oli dalam mesin dapat dengan lancar melumasi mesin motor, sehingga performa yang didapat akan lebih maksimal. Tips merawat motor matic ini dapat kamu lakukan sekitar 5 – 10 menit. Sebaiknya memakai kick starter saja saat memanaskannya, karena jika memakai stater elektric kemungkinan akan lebih mengurangi baterai motor matic kamu. Lakukan starter berulang-ulang dan dalam keadaan kontak off, cara ini berguna untuk membagi oli pada bagian dalam mesin.
  • Ganti Oli Secara Berkala
    Mengganti oli secara berkala dengan tahapan yang tepat akan membantu mendapatkan hasil performa mesin motor yang sesuai. Cara merawat motor matic ini sangat memengaruhi bagaimana kualitas mesin motor matic nanti, Itulah sebabnya, penting bagi kamu melakukan jenis perawatan satu ini sesuai dengan jadwal pergantian yang biasanya dilakukan setiap mencapai 1000 km, sedangkan untuk pergantian oli transmisi motor dilangsungkan saat sudah mencapai batas 5000 km. Apabila lupa dengan anteseden kilometer tersebut, sebaiknya lakukan saja perawatan ganti oli rutin setiap 2 – 3 bulan sekali. Jangan lupa juga untuk memakai oli yang cocok dengan spesifikasi jenis motor kamu.
  • Jangan Sampai Kehabisan Bensin
    Dalam tips merawat motor matic, kebiasaan buruk yang sering menjadi hal terabaikan dalam perawatan adalah membiarkan motor matic kamu sampai kehabisan bensin. Karena jika tidak segera ditangani, maka salah satu yang menjadi dampak buruk adalah rusaknya mesin motor tersebut. Maka dari itu, cara untuk mencegahnya yaitu dengan mengusahakan motor matic agar jangan sampai menunjuk indikator E pada speedometer. Biasakan juga untuk mengisi motor dengan bensin penuh untuk mengantisipasi dampak buruknya. Cara merawat motor matic Injeksi dan Karburator satu ini jangan sampai dilewatkan dan jadikan sebagai kebiasaan baik agar motor tetap awet.
  • Check Kondisi fan belt
    Memeriksa kondisi fan belt saat hendak berkendara merupakan tindakan yang tak sebaiknya dilupakan bagi pemilik motor matic. Fan belt yang memakai bahan karet dikhawatirkan akan terjadi kerusakan lebih besar seperti terputus di tengah jalan dan menyebabkan motor tak bisa berjalan lagi. Jika sudah terjadi kerusakan, ganti fan belt tersebut dengan menggunakan suku cadang original sehingga membuat motor matic-mu lebih terjaga karena pasti akan lebih awet. 
  • Merawat AKI
    Cara merawat motor matic injeksi dan karburator berikut ini wajib untuk dilakukan dengan baik. Pengguna motor matic umumnya pernah mengalami mati aki, hal ini disebabkan karena sulitnya mengetahui keadaan aki yang berada di dalam motor matic. Dan apabila hal ini terjadi, maka resikonya adalah motor tersebut akan kehilangan tenaga, energi dari cahaya lampu akan semakin berkurang, terlebih lagi kita harus menggunakan kick starter saat mati aki, masalah tersebut membuat siapapun dapat mengeluarkan lebih banyak tenaga juga waktu.

    Oleh sebab itu, disarankan bagi kamu pengguna motor matic untuk mengganti AKI dalam kurun waktu 7 – 8 bulan setelah penggantian aki terakhir. Tips merawat motor matic tersebut dapat membuatmu merasa nyaman saat berkendara apabila memenuhi persyaratan penggantian, jadi tetap perhatikan AKI motor ketika digunakan ataupun tidak.

  • Memeriksa dan Mengganti Oli Shockbreaker
    Tips merawat motor matic yang juga sering diabaikan bagi pengguna motor adalah komponen shockbreaker-nya. Jika motor matic kamu mengeluarkan suara bising yang asalnya dari shockbreaker, kemungkinan oli mesin harus segera diganti. Tujuannya agar kondisi oli shock motor tetap berfungsi normal dan lebih bertenaga. Perlu diingat, jadwal pergantian oli shock motor setiap mencapai 10.000 km. 
  • Service Motor Matic rutin di Bengkel
    Cara merawat motor matic yang tidak boleh terlupakan adalah melakukan service secara rutin. Perawatan service motor matic secara berkala akan membantu mempertahankan kekuatan mesin motor tersebut. Biasanya fasilitas service meliputi penggantian oli, seting motor dan membersihkan karburator. Disarankan untuk service motor matic pada bengkel resminya agar lebih bebas menanyakan tentang kondisi motor kamu. Lakukan service rutin kurang lebih tiga bulan sekali untuk menjaga performa motor dan tidak mudah terjadi masalah pada mesinnya.

Melakukan perawatan motor memang menjadi hal utama yang tidak boleh terlupakan. Tidak hanya menjadi awet, motor matic yang terawat tentunya juga akan membantu kamu nyaman saat berkendara. Jadi, jangan sampai melalaikan merawat motor matic di rumah, agar performanya tetap bagus layaknya pertama kali kamu membelinya.

Tips Lainnya :   Bahaya Berponsel Selagi Mengemudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.