Menghilangkan Lumut di Kamar Mandi

Ilustrasi - Kamar Mandi. Foto: freeimages.com

Kamar mandi adalah area yang biasanya selalu lembab dan basah. Hal ini menyebabkan mudah sekali tumbuh. yang tumbuh di kamar mandi selain memberikan pemandangan yang kurang sedap, juga bisa membuat anda terpeleset karena menjadi licin.

Untuk mencegah kamar mandi terlalu cepat berlumut adalah dengan mengupayakan agar ruangan kamar mandi memiliki ventilasi udara yang cukup dan kemiringan lantai yang memungkinkan semua air akan mengalir ke lubang pembuangan. Bila ventilasi sudah cukup, maka kamar mandi akan segera kering dan lumut pun tidak sempat hinggap.

Bila kamar mandi Anda sudah terlanjur berada di area yang kurang ventilasi, untuk perawatan hariannya sebaiknya Anda memastikan setiap hari mengepel lantai dan dinding kamar mandi dengan kain pel kering untuk mencegah lumut tumbuh dan berkembang.

Namun bila saat ini di kamar mandi Anda sudah terdapat lumut dalam jumlah yang cukup mengganggu, dibawah ini adalah tips membersihkan lumut di kamar mandi Anda dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Silakan dicoba dan please share bagaimana hasilnya.

1. Pemutih Pakaian. Campurkan cairan pemutih pakaian dan air dengan perbandingan 1:4. Aduk rata lalu siramkan campuran air dan pemutih pakaian ini ke lantai atau dinding kamar mandi yang berlumut. Setelah disiram, sikat segera permukaan lantai/dinding sampai bersih. Setelah bersih bilas dengan air dan keringkan.

2. . Cuka putih yang biasa digunakan untuk memasak juga bisa digunakan untuk menghilangkan lumut. Caranya dengan mencampur cuka putih dengan air lalu disiramkan ke area berlumut lalu digosok sampai bersih, dan jangan lalai untuk segera membersihkan sisa cuka dengan air karena cuka bisa merusak lapisan lantai atau dinding kamar mandi bila dibiarkan terlalu lama. Untuk bagian lantai atau dinding yang lumutnya sangat tebal, bisa menggunakan cuka murni tanpa diencerkan dengan air terlebih dahulu.

3. . Baking soda dan cuka adalah bahan-bahan yang umum digunakan untuk membersihkan kotoran dan kerak membandel di rumah. Untuk lumut pun, baking soda bisa diandalkan. Pastikan terlebih dahulu, Anda tidak membersihkan lantai yang tidak tahan dengan baking soda dan cuka, seperti lantai marmer atau lantai kayu. Cara menggunakan baking soda ini adalah dengan mencampur baking soda dengan air sehingga berbentuk seperti pasta. Lalu gosokkan pasta baking soda ini di bagian lantai atau dinding kamar mandi yang berlumut. Setelah lumut bersih, segera siram dan bilas sampai bersih sampai tidak ada sisa-sisa baking soda lagi yang tertinggal.

4. Garam. Sebaiknya anda menggunakan garam bata atau garam yang dijual dalam bentuk balok/kotak-kotak dan tidak menggunakan garam meja atau garam halus. Cara membersihkan lumut dengan garam adalah dengan membuat campuran 1 cangkir garam rebus sampai mendidih dalam satu liter air. Setelah mendidih, siramkan sebagian larutan garam ini ke bagian lantai atau dinding yang berlumut. Lalu kerok dan bersihkan lumut yang menempel dengan kape atau sikat besi. Setelah lumut rontok, siram lagi dengan sisa larutan garam. Setelah itu keringkan.

Foto: freeimages.com. Ilustrasi – Kamar Mandi.

Tips ini sudah dibaca 3134 kali

Tips lainnya: