Cara Membuat Wajan Biasa Jadi Wajan Anti Lengket

Salah satu kendala yang seringkali terjadi saat memasak adalah penggunaan wajan penggorengan yang lengket dan gosong. Meski kini banyak wajan yang dijual dengan label anti lengket, namun hal itu percuma ketika cara memasak Anda kurang tepat apalagi sering mengabaikan masalah kebersihan alat dapur. Berikut beberapa tips wajan anti lengket terbaik untuk kamu yang hobi memasak agar lebih nyaman dan semangat ketika memasak.

Penyebab Wajan Lengket

Umumnya berikut beberapa hal utama penyebab wajan lengket.

  • Kurang Memperhatikan Suhu dan Besar Nyala Api Kompor Dengan Baik Saat Menggoreng
    Ketika sedang menggoreng, terkadang kita mengira suhu panas yang digunakan sudah pas untuk masakan. Tetapi terkadang tidak demikian. Suhu api yang terlalu panas akan menyebabkan masakan cepat gosong dan berakibat wajan menjadi lengket. Oleh karena itu, hindari penyebab pertama yang banyak diremehkan ini agar masakan kamu matang dengan sempurna dan pastinya wajan tidak lengket.
  • Adanya Sisa Makanan di Wajan.dan Bumbu tertentu yang Menempel Saat digunakan dalam Menggoreng.
    Kerak dapat tertinggal saat kamu sengaja mengabaikan sisa makanan yang ada di atas wajan dalam waktu yang lama. Tidak hanya itu bumbu masakan yang kurang meresap juga menyebabkan wajan menjadi lengket. Biasakan untuk tidak melakukan hal tersebut selama memasak kalau tidak ingin wajan kalian menjadi lengket.
  • Terlalu Sering Membalik Makanan.
    Seringkali membolak balik makanan justru malah akan merusak kualitas makanan, membuat masakan menjadi matang lebih lama dan wajan juga menjadi lengket karena kurang penyerapan minyak. Itulah sebabnya, sebaiknya kamu membalik makanan ketika satu sisi makanan sudah matang dan jangan memaksakan untuk membalik makanan saat belum sepenuhnya matang karena dapat merusak tekstur bahkan rasanya.
Tips Lainnya :   Tips Aman menggunakan Microwave

Meskipun begitu, bukan berarti wajan yang lengket sudah tidak dapat lagi digunakan, justru saat itu adalah alarm bagi kamu agar segera membersihkannya. Berikut adalah tips wajan anti lengket yang mudah dipraktekan

Tips Wajan Anti Lengket

Banyak orang akan mengeluh ketika mendapati wajan mereka terlihat kotor dan lengket, padahal sudah dicuci dengan bersih. Berikut tips agar bahan makanan tidak mudah lengket di wajan saat digunakan untuk memasak.

  • Pastikan Wajan Dalam Keadaan Kering Sebelum Memasak
    Pernahkah kamu menemui bahan makanan yang mudah lengket dan menempel saat digoreng? Salah satu penyebabnya yaitu wajan kotor, basah atau lembab. Oleh sebab itu tips wajan anti lengket kali ini cukup mudah untuk dilakukan. Pastikan wajan sudah dalam keadaan bersih dan kering sebelum digunakan untuk menggoreng, tujuannya untuk memastikan higienitas sekaligus kelembabannya. Kamu juga dapat memanaskan wajan diatas kompor dengan api kecil sebelum digunakan. Hal ini bertujuan untuk mengeringkan sisa-sisa air yang mungkin masih tertinggal.
  • Gunakan Minyak Secukupnya Ketika Menggoreng
    Tips selanjutnya adalah menggoreng dengan minyak secukupnya. Jika kamu tidak menggunakan dengan cukup, maka bahan makanan yang tidak terendam dalam minyak akan lebih berisiko menempel pada wajan. Tentu saja hal itu juga dapat menjadikan wajan gosong. Untuk itu jangan terlalu banyak menggoreng bahan makanan sekaligus. Sebaiknya goreng satu persatu agar wajan tidak terlalu penuh dan tiap potong bahan makanan bisa terendam dalam minyak.
  • Jangan Terlalu Sering Membolak-Balik Masakan
    Kamu tidak perlu membolak-balikkan bahan makanan terlalu sering, karena selain membuat masakan matang lebih lama, kebiasaan tersebut dapat membuat wajan lengket dan mudah gosong. Saat sedang menggoreng, pastikan juga bagian bawah masakan sudah benar-benar kering agar tidak menempel di permukaan wajan dan menyisakan bekas gosong.
  • Pastikan Bumbu Masakan Telah Meresap Dengan Baik
    Ketika sedang memasak, kebanyakan kita akan mencelupkan bahan masakan ke dalam bumbu untuk menambah rasa. Hal tersebut memang boleh saja dilakukan, namun dapat berisiko meninggalkan bekas gosong di wajan jika tidak berhati-hati. Bumbu basah yang kurang meresap sempurna akan meninggalkan sisa kerak atau gosong. Oleh sebab itu, pastikan bumbu basah sudah meresap sempurna pada bahan makanan dengan cara menyisihkan bahan makanan yang telah dibumbui tersebut sekitar 15-20 menit sebelum digoreng.
  • Gosok Wajan Dengan Kunyit
    Kamu hanya tinggal menggosokkan potongan kunyit pada permukaan penggorengan. Selain membuat bahan makanan tidak mudah menempel dan meninggalkan bekas gosong, kunyit juga membantu menghilangkan amis dari bahan makanan.
  • Tuang Dalam Wajan, Tumis Sepotong
    Tuang minyak ke dalam penggorengan dan tumis sepotong merah. Selain itu, juga berfungsi untuk menjadikan bahan makanan yang memiliki kurang sedap menjadi harum. Tips wajan anti lengket satu ini tentunya mudah bukan untuk kamu lakukan di rumah?
  • Menaburkan Garam pada Wajan Yang Sudah DipanaskanTips wajan anti lengket terbaik yang terakhir bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan garam. Taburkan garam pada wajan yang sudah dipanaskan. Diamkan selama beberapa saat, lalu wajan dapat digunakan seperti biasa. Jika kamu hendak menggoreng ikan, sebaiknya lumuri tersebut dengan mentega cair terlebih dulu, agar ikan tidak menempel di permukaan wajan dan meninggalkan bekas gosong.
Tips Lainnya :   Tips Aman menggunakan Microwave

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan alat agar makanan tetap higienis serta bisa dalam keadaan rapi sehingga kamu makin betah berlama-lama mengkreasikan aneka macam resep di dapur.

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.