Cara Alami Merawat dan Mengilapkan Furniture Kayu

Saat memiliki furniture di rumah, tentu kita ingin agar warna furniture kayu kita tetap terlihat cerah dan otomatis awet. Sebab, berjalannya waktu perabotan rumah kita yang terbuat dari kayu, seperti kursi, meja dan lemari, bisa terlihat kusam dan lapuk. Pertanyaannya, apakah ada cara alami untuk kita merawat furniture kayu?

Untuk mengilapkan furniture kita bisa membeli beberapa bahan pengilap di toko online yang bahan-bahannya diklaim sudah food grade, sehingga tetap aman bila ingin digunakan untuk memoles peralatan makan dari dan mainan anak yang juga terbuat dari kayu.

Biopolish ini bisa dibeli di Tokopedia. Klik Disini untuk membeli

Selain membeli bahan pemoles di toko, kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Caranya pun sangat mudah menggunakan bahan-bahan alami yang sudah ada di rumah kita, silakan simak caranya sebagai berikut.

Cara Mengilapkan Furniture Dengan Bahan Alami

Bahan-bahan tersebut di bawah ini biasanya sudah tersedia di rumah kita. Harap diperhatikan tiap kali membuat larutan pengilap dan pembersih dengan bahan-bahan alami, maka buatlah dalam porsi ukuran secukupnya untuk satu kali perawatan. Karena bahan-bahan ini tidak bisa disimpan terlalu lama, berbeda dengan polish atau bahan pengilap yang kita beli di toko yang umumnya bisa kita simpan.

Lalu untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan rutin ini minimal sebulan sekali agar perabotan furniture kita senantiasa bersih dan mengilap.

1. Minyak zaitun dan jeruk lemon

Ambillah 3 sendok makan minyak zaitun dengan dicampur perasan 1 air jeruk lemon. Celupkan kain lap bersih ke dalam larutan tadi. Usapkan secara merata ke furniture kita.

2. Cuka Masak

Cuka masak cukup efektif mengangkat kotoran yang melekat pada furniture kayu. Caranya adalah dengan mencampur cuka dan air perbandingan 2:1. Jadi kalau cukanya 2 sendok makan, berarti airnya 1 sendok makan. Aduk larutan cuka dan air ini, lalu dengan kain yang dibasahi dengan larutan cuka bersihkan permukaan furniture secara seksama.

Setelah bersih dan kering, bisa dipoles dengan minyak goreng atau minyak zaitun bila ada.

3. Jeruk Nipis

Selain cuka masak dan jeruk lemon, maka bahan asam lainnya yang bisa digunakan untuk merawat, membersihkan dan mengilapkan furniture atau perabotan berbahan adalah jeruk nipis.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Jeruk nipis bisa dibelah dua dan langsung digosokkan ke permukaan furniture yang terlihat ada kotoran. Atau dengan memeras airnya dan langsung diteteskan pada kotoran yang menempel di furniture kayu. Dengan lap bersih gosok-gosok seluruh permukaan furniture yang ingin dibersihkan dan dikilapkan.

4. Mayonais

Mayonais bisa digunakan untuk mengilapkan furniture kayu. Mengingat harganya yang cukup mahal, maka cara ini bisa dipraktekkan bila kamu memiliki mayonais yang ternyata sudah expired dan tidak layak dikonsumsi lagi. Daripada langsung dibuang, bisa digunakan untuk mengilapkan furniture di rumah terlebih dahulu.

Cara menggunakannya dengan mengoleskan mayonais secukupnya ke permukaan furniture dan digosok perlahan dengan kain tissue yang cukup tebal sehingga mayonais menyerap ke dalam permukaan kayu. Tidak perlu terlalu mengoleskan mayonaise terlalu tebal, cukup tipis-tipis saja.

5. Tepung Sagu dan Tepung Maizena

Cara membersihkan perabotan dengan tepung sagu atau tepung maizena cukup mudah. Cukup taburkan tepung ke permukaan perabotan dan digosok-gosok. Butiran halus tepung sagu atau tepung maizena akan bertindak seperti scrub dan melepaskan kotoran yang menempel pada permukaan perabotan atau furniture kayu kita.

Setelah terlihat bersih dan mengilap, sisa tepung yang masih melekat dapat disikat bersih dan dilap.

6. Air teh

Air teh yang digunakan tentunya bukan air teh manis yang sudah dicampur gula. Buatlah seduhan teh yang cukup kental. Lalu dengan kain lap yang dibasahi oleh air teh ini, gosok permukaan furniture kayu sampai terlihat bersih dan mengilap.

7. Kemiri

Kemiri sudah dikenal lama berfungsi untuk mengilapkan furniture kayu. Karena fungsinya untuk mengilapkan maka sebaiknya furniture kayu dibersihkan terlebih dahulu dengan cara tersebut di atas. Kalau furnture kayu sudah bersih, maka bisa mencoba cara berikut ini untuk membuat furniture kayu kita mengilap.

Ambillah kemiri secukupnya, tergantung banyaknya furniture yang ingin dikilapkan. Untuk satu set perabotan kursi meja misalnya bisa dicoba dengan 5 butir kemiri.

Bakar kemiri sehingga keluar minyaknya. Angkat dan bungkus kemiri dengan kain kasa. Lalu pukul-pukul kemiri sehingga berbentuk halus. Kain kasa yang sudah mengandung minyak kemiri ini bisa langsung dioleskan ke furniture kayu yang ingin dikilapkan.

Resep Pengilap dan Pembersih Furniture Kayu

Untuk hasil yang maksimal, bila memiliki semua bahannya di rumah maka kamu bisa mencoba membuat larutan berikut ini untuk membersihkan dan mengilapkan furniture kayu di rumah.

Resepnya menggunakan minyak zaitun, cuka masak dan air perasan lemon, dengan perbandingan 2:2:1. Jadi untuk 2 sendok makan minyak zaitun, campur dengan 2 sendok makan cuka masak dan 1 sendok makan air lemon. Aduk sampai tercampur rata, dan larutan ini siap untuk diaplikasikan pada furniture kayu di rumah.

Buat larutan ini secukupnya karena bila masih ada sisa, sebaiknya dibuang karena larutan ini akan bisa berubah dan berbau tengik.

Bagaimana, mudah bukan? Dengan bahan-bahan alami ternyata kita bisa membersihkan dan mengilapkan furniture kayu kita. Tentunya lebih aman untuk semua penghuni rumah. Selamat mencoba 🙂

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.