Trik Mencuci Baju dengan Mesin Cuci

Mesin Cuci Front Loading
Front Loading | img:freeimages.com

Mencuci baju dengan mesin memang menawarkan kemudahan bagi kita. Namun anda juga perlu memperhatikan apa saja yang harus dilakukan agar pakaian bersih dan tetap awet.

Pilah-pilah pakaian kotor menjadi pakaian berwarna putih, berwarna terang, berwarna gelap dan busana berbahan lembut seperti pakaian dalam, handuk, kaus kaki serta bahan rajutan. Jangan membiarkan semua pakaian kotor tercampur, karena tiap jenis pakaian membutuhkan setting mesin yang berbeda. Khusus untuk pakaian dalam dan pakaian dari bahan halus lainnya, kami sarankan untuk tidak dimasukkan ke dalam mesin cuci dan dicuci terpisah saja dengan tangan. Walaupun mungkin sudah tersedia kantung-kantung yang bisa dimasukkan pakaian dalam, tapi demi tetap menjaga kualitas pakaian terbaik anda, hindari mesin cuci.

Anda mungkin ingin memastikan kaus kaki yang dicuci masih terus bersama pasangannya selama proses pencucian. Sebelum dimasukkan ke mesin cuci, kaitkan sepasang kaus kaki itu dengan peniti.

Balik semua baju dan celana yang hendak dicuci sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Lakukan juga saat hendak dikeringkan. Hal ini bertujuan agar permukaan baju dan celana tidak cepat rusak dan warnanya tidak cepat memudar.

Periksalah label mengenai cara . Bila tertera “Dry Clean Only”, maka pakaian itu harus dicuci tanpa air. Bawalah pakaian ke penyedia layanan dry clean dan anda boleh melupakan niat untuk mencucinya sendiri bila ingin pakaian tersebut tetap dalam kondisi baik.

Bila ada noda pada pakaian, bersihkan terlebih dahulu sebelum memasukkan ke dalam mesin cuci dan mencucinya bersama pakaian yang lain.

Untuk kemeja yang ada kancingnya, pastikan semua kancing telah dibuka. Anda tentunya tidak ingin kancing baju anda terputus karena tidak kuat menahan kuatnya putaran mesin cuci kan?

Cucilah pakaian dengan air bersuhu kamar, karena ini adalah aktivitas mencuci yang paling efisien dan tidak memerlukan konsumsi listrik yang besar. Air panas kebanyakan tidak terlalu dibutuhkan untuk proses mencuci. Bahkan bila pakaian kita sangat kotor, disarankan untuk melakukan perendaman terpisah di ember dan disikat terlebih dahulu sehingga tidak memerlukan air panas.

Jangan memasukkan terlalu banyak pakaian sehingga melebihi kapasitas mesin cuci. Selain pakaian tidak bisa bersih maksimal, hal ini juga akan mempercepat rusaknya motor mesin cuci Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *