Manfaat lain Pasta Gigi: Menghilangkan Bau Tak Sedap

Artikel ini bagian 7 dari 13 dalam serial Manfaat Bahan

ilustrasi:freeimages.comAnda pasti memiliki favorit Anda di rumah. Tahukah Anda, bahwa selain untuk membersihkan gigi, ternyata memiliki manfaat lainnya untuk rumah tangga Anda? Simak manfaat lain dari di bawah ini, terutama untuk keperluan membersihkan dan menghilangkan tak sedap pada berbagai barang.

Menghilangkan Bau Tak Sedap

Bau bawang

Bawang putih, bawang merah, ikan, daging dan makanan berbau menyengat lainnya bisa terserap oleh sel-sel kulit. Hal ini menyebabkan bau makanan tersebut menempel pada kulit tangan dan sulit dihilangkan. Setelah memotong bawang merah atau ikan, gosokkan kedua tangan menggunakan pasta gigi selama lebih kurang lima menit. Lalu bilas dengan air, dan bau tak sedap pun hilang dari tangan Anda.

Menghilangkan Bau pada Botol Susu

Bau susu bayi seringkali menempel pada botol susu. Terutama botol bayi yang tidak terbuat dari kaca. Bau seperti bau susu basi ini bisa dihilangkan dengan bantuan pasta gigi. Untuk menghilangkannya, sikat bagian dalam botol menggunakan pasta gigi dan sikat khusus botol. Bilas sampai bersih, residu susu pun akan hilang dan aroma botol lebih segar.

Sebagai pembersih alami

Membersihkan Noda Krayon pada Dinding

Oleskan pasta gigi pada kain lap yang sudah dibasahi, lalu gunakan kain itu untuk menghilangkan noda krayon di dinding dengan cara menggosok-gosoknya. Gosok dengan cepat hingga noda krayon hilang.

Mengilapkan & Menghilangkan Goresan Ringan pada Sepatu Kulit

Sepatu kulit memang nyaman dipakai, tetapi sepatu kulit pun mudah sekali terkena goresan-goresan ringan akibat pemakaian sehari-hari. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan pasta gigi. Trik ini efektif bekerja pada sepatu kulit yang terkena goresan ringan, dan sekaligus dapat mengilapkannya. Caranya mudah: oleskan pasta gigi tepat pada bagian yang lecet atau tergores ringan, lalu gosok dengan sikat dan seka menggunakan lap kering.

Membersihkan Tuts Piano yang Menguning

Biasanya tuts piano berubah warna menjadi kuning karena adanya minyak dari kulit jari yang tertinggal sehingga membuat debu dan kotoran menempel. Bersihkan tuts dengan kain tipis yang sudah diolesi pasta gigi. Gosok perlahan. Setelah warna kuning memudar, seka tuts piano dengan kain tipis yang bersih.

Mengilapkan Perhiasan dan Peralatan dari Perak

Gosokkan pasta gigi pada permukaan perhiasan atau benda-benda lain yang terbuat dari perak, diamkan semalaman. Kemudian seka dengan kain halus di pagi harinya. Untuk membuatnya menjadi lebih bersinar, gosok lembut dengan sikat gigi yang diolesi pasta gigi dan sedikit air.

Menghilangkan Noda Pakaian dan Noda di Karpet

Untuk noda pada pakaian, oleskan pasta gigi langsung pada bagian yang terkena noda dan gosok dengan cepat hingga noda hilang. Lalu cucilah baju seperti biasa. Namun Anda harus berhati-hati karena odol gigi yang mengandung formula ‘whitening’ atau memutihkan gigi terkadang bisa membuat warna pada pakaian memudar atau membuat pakaian berwarna menjadi memutih. Jadi sebaiknya jangan gunakan pasta gigi pada pakaian berwarna. Untuk noda pada karpet, oleskan pasta gigi di bagian yang terkena noda dan gosok menggunakan sikat, lalu bilas segera dengan air bersih.

Menghilangkan Jamur pada Kacamata Renang

Kacamata untuk renang sering kali berjamur karena basah dan kerap dibiarkan mengering sendiri. Untuk menghilangkan kerak dan jamur tersebut, oleskan pasta gigi dan gosok jamur dengan ujung jari. Setelah dibilas, jamur akan hilang dari kacamata anda. Namun anda sebaiknya berhati-hati ketika menggosok karena jari yang menyentuh kaca bisa membuat goresan.

Ilustrasi:freeimages.com

Tips ini sudah dibaca 2879 kali

Artikel dalam Serial ini: Cantik dengan Baking SodaCara Alami Mengharumkan Dapur