Mengatasi Shower-head yang buntu

shower headAnda yang kamar mandinya dilengkapi dengan shower atau pancuran, pastinya memiliki shower head. Shower head ada yang ditanam permanen di dinding kamar mandi atau pun yang bisa dilepas dari dudukannya.

Shower head yang dipakai lama kelamaan akan mengalami penumpukan kerak di antara lubang-lubang shower. Ini kejadian normal yang akan dialami oleh shower head dari bahan apapun. Oleh karena itu supaya air yang mengalir melalui shower head ini tetap lancar, Anda harus membersihkan shower head ini secara berkala.

Bahan pembersih untuk shower head ini tidak mahal dan tidak mesti juga khusus dibeli di toko. Anda bisa memanfaatkan cuka masak atau cuka putih yang biasanya tersedia di dapur Anda.

Cara menggunakan cuka putih ini adalah dengan mencampurkan 1 liter air dengan satu cangkir cuka. Bila shower head Anda seluruhnya terdiri dari bahan logam dan shower head tersebut bisa dilepaskan dari dudukannya, maka Anda bisa merebus air dan cuka tersebut sampai mendidih. Setelah mendidih, matikan api kompor dan rendamlah shower head selama kurang lebih 15 menit – 2 jam, tergantung seberapa banyak endapan atau sumbatan yang sudah terjadi.

Setelah direndam, endapan kerak ini akan lepas dari lubang-lubang di dalam shower head ini. Untuk pembersihan yang menyeluruh, shower head agar dibersihkan dan disikat dengan sikat lembut agar bau cuka yang mungkin kurang Anda sukai bisa hilang.

Untuk shower head yang bahannya plastik, campuran air dan cuka tersebut jangan direbus. Langsung saja direndamkan.

Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk shower head yang ditanam permanen ke dinding. Namun bedanya adalah larutan cuka dan air ini dimasukkan ke dalam kantung plastik. Kantung plastik ini lalu diikatkan ke shower head dengan tujuan merendamkan kepala shower head ke dalam larutan cuka tersebut. Ikat yang kuat, lalu biarkan 2 jam atau semalaman. Setelah larutan cuka dilepas dari shower head, bilas shower head sampai bersih.

Kerak air akan bersih dengan seksama hanya dengan cuka. Namun tips ini tidak berlaku untuk shower head yang buntu karena adanya pasir-pasir halus yang lolos dari keran. Kalau Anda mendapati shower head Anda buntu dengan pasir, maka sebaiknya Anda memastikan ada saringan dari keran sebelum masuk ke dalam selang shower head.

Artikel dalam Serial ini: Cara Memilih ToiletCitrun Pembersih Bathtub Porselen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *