Mengatasi Luntur pada Pakaian


Lihat pakaian warna-warni ini. Terlihat sangat indah bukan? Anda pun tentu memiliki tumpukan pakaian kesayangan dengan warna-warna favorit. Tapi apa jadinya bila pakaian kesayangan Anda berubah warna? Kemeja polos menjadi bercorak, t-shirt putih menjadi pink muda, dan sebagainya.

Bila luntur yang terjadi masih belum lama, tidak ada salahnya kita mencoba beberapa tips untuk menghilangkan luntur atau paling tidak mengurangi kondisi luntur pada pakian kita dengan tips sederhana berikut :

Untuk pakaian putih yang terkena luntur, anda bisa mencoba cara berikut. Larutkan cuka pada air yang telah dicampur dengan deterjen anti dan pemutih pakaian. Rendam pakaian yang terkena luntur ke dalam larutan lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu bilas seperti biasa.

Untuk pakaian berwarna yang terkena luntur, jangan gunakan pemutih pakaian karena nanti warna pakaiannya menjadi kusam dan tidak lagi berwarna cerah. Untuk pakaian berwarna, coba kamu siapkan panci berisikan air dan deterjen anti noda yang kemudian kamu rebus hingga mendidih, lalu masukkan pakaian tersebut kedalam air yang mendidih. Siapkan tongkat untuk mengaduk-aduk pakaian tersebut. Tunggu sampai airnya terlihat berwarna keruh akibat dari warna lunturan tersebut. Setelah itu matikan kompor dan tunggu sampai dingin.

Selain pakaian warna-warni, pakaian batik juga bisa luntur. Perawatan kain batik biasanya menggunakan lerak yang harganya cukup mahal. Namun ada tips sederhana untuk merawat pakaian batik yang luntur, yaitu dengan merendam semalaman kain batik tersebut dengan air kelapa, baru dicuci dengan deterjen. Insya Allah kain batik tersebut tidak luntur lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *