4 Cara Mengatasi Kamar Mandi Lembab

Ilustrasi Kamar Mandi | Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Memasuki kamar mandi yang lembab tentu tidak menyenangkan dan tidak cukup sehat juga. Bagaimana sebenarnya yang disebut lembab itu? Sebuah ruang disebut lembab jika kadar airnya melebihi 60%. Karena itu, penyebab kondisi lembab inilah yang pertama kali harus kita selesaikan.

Simak beberapa langkah berikut.

1. Perhatikan sirkulasi udara
Kurang lancarnya sirkulasi udara dan minim pencahayaan bisa menjadi sumber kelembaban. Untuk mengatasinya, maksimalkan bukaan pada kamar mandi dengan membuat lubang angin pada dinding dengan ketinggian sekitar 2 meter.

Jika hal ini tidak memungkinkan, lubangi plafon sedikit agar ada jalan udara. Pastikan bukaan-bukaan yang anda buat dilapisi kawat untuk mencegah masuknya serangga.

2. Menutup rembesan air
Merembesnya air pada dinding bisa terjadi akibat komposisi plesteran tidak sesuai dengan aturan tahan air. Buatlah adukan kamar mandi dengan campuran 1 semen : 2 pasir, agar air tidak tembus plesteran.

3. Memastikan kamar mandi mudah kering
Pastikan kamar mandi Anda kering dengan membuat kemiringan lantai tepat ke arah drainase, sebab dengan kondisi kering, sirkulasi udara lancar, lembab pun akan pergi.

4. Membersihkan lumut dan jamur
Jika kamar mandi lembab karena lumut atau jamur, atasi dengan langkah berikut. Pertama, siram lumut dengan air agar spora tidak beterbangan ke udara. Kedua, siram dengan untuk mematikan. Tunggu sejenak. Ketiga, sikat area tersebut dengan hingga bersih.