Aneka Manfaat Ampas Daun Teh

Manfaat dari Ampas Daun TehBagi yang suka minum seduh, pastilah setiap menyeduh akan menghasilkan ampas daun . Ampas daun yang kerap kita anggap sebagai sampah belaka ternyata memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Artikel ini akan merangkum berbagai manfaat dari ampas daun :

Mengurangi debu beterbangan saat menyapu
Kita bisa mengurangi debu yang berterbangan dengan menggunakan cara memanfaatkan ampas daun teh. Caranya sebagai berikut: Tiriskan ampas daun teh agar tidak terlalu banyak mengandung air, namun jangan sampai terlalu kering. Sebarkan ampas-ampas daun teh tersebut ke lantai yang akan disapu. Setelah menyebar dengan merata, mulailah menyapu. Debu-debu tidak akan berterbangan karena menempel pada ampas daun teh tersebut.

Menghilangkan bau kaki
Masukkan ampas daun teh ke dalam air hangat, lalu rendam kaki dalam air hangat tersebut selama 15 menit. Gosok-gosokkan ampas daun teh ke sela-sela jari kaki selama proses perendaman kaki. Setelah itu bilas kaki dengan air bersih. Lakukan ini setiap hari secara teratur terutama bila bau kaki terasa sangat mengganggu. Akan lebih baik bila teh yang digunakan adalah teh hitam, karena tanin yang terkandung dalam teh hitam dapat membasmi bakteri penyebab bau kaki.

Menyuburkan tanaman
Ampas daun teh sudah lama digunakan untuk menyuburkan tanaman. Cara penggunaannya mudah, sebarkan ampas daun teh di sekeliling akar tanaman. Sebaiknya ampas daun teh yang disebar itu juga dibenamkan ke dalam tanah agar lebih cepat terurai.

Membersihkan perangkat dan perabot yang terbuat dari kayu
Rendamlah ampas daun teh atau bila ingin lebih berkhasiat, langsung gunakan daun teh yang masih baru ke dalam air hangat sebanyak 1 liter. Air teh tersebut setelah dingin dapat langsung digunakan untuk membersihkan perabot kayu dengan cara membasahi kain lap, lalu peras sampai kainnya lembab dan seka perabotan kayu sampai bersih. Untuk mengepel lantai kayu pun bisa menggunakan air teh ini.

Artikel dalam Serial ini: Aneka Manfaat Baking Soda untuk Perawatan RumahCantik dengan Baking Soda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *