Tips Berkebun di Kantor

Tanaman Sirih Gading. Img:freeimages.com
Tanaman . Img:freeimages.com

Bila tempat duduk Anda di kantor di dekat jendela yang terkena sinar matahari dan masih ada ruang untuk menempatkan pot-pot mungil, mungkin Anda bisa mencoba untuk berkebun di kantor.

Modalnya adalah pot, dan benih atau bibit tanaman. Bila Anda tidak punya waktu untuk menanam benih tanaman, kini tersedia juga bibit siap tanam. Bibit siap tanam biasanya sudah berupa tanaman muda dalam wadah tanamnya.

Bibit siap tanam dibeli satuan, berbeda dengan benih yang biasanya dalam satu kemasan terdiri dari puluhan butir benih. Harga benih juga lebih murah, namun untuk pekebun kantoran yang sibuk dan tidak punya waktu banyak serta lahan terbatas, memulai berkebun dengan bibit adalah pilihan yang tepat.

Untuk tanaman di kantor, bisa dipilih tanaman berupa daun-daunan seperti sawi, bakchoy, selada. Tanaman seperti tomat atau tanaman menjalar seperti semangka tidak disarankan ditanam di kantor karena membutuhkan tongkat penunjang dan sinar matahari langsung.

Namun bila Anda tidak bermaksud untuk panen sayur-sayuran di kantor, Anda juga bisa menanam tanaman hias yang tidak sulit diurus seperti sirih gading atau kaktus hias. Dua tanaman ini akan baik-baik saja walaupun mungkin Anda harus tugas keluar kota selama satu minggu dan lupa titip pesan pada rekan di kantor untuk menyirami tanaman hias Anda 🙂

Selamat berkebun!

Artikel dalam Serial ini: Tips Membuat Kebun Organik di Rumah