Monday, September 28

Review Lampu Penangkap Nyamuk Merek Hori

Banyak cara menyingkirkan nyamuk yang beterbangan di dalam rumah. Mulai dari cara kimiawi, elektrik, mekanik sampai cara organik. Menyingkirkan nyamuk dengan cara kimiawi bisa dengan racun nyamuk yang disemprotkan, atau dibakar, yang sering kita sebut dengan obat nyamuk. Walau saya bingung kenapa kita malah menyebutnya dengan obat nyamuk?

Ada juga obat nyamuk yang pakai alat elektrik yang menguapkan aroma khusus untuk mengusir nyamuk. Dan ada juga yang berbentuk raket yang bisa dikibas-kibaskan ketika nyamuk datang menyerang. Kalau malas kibas-kibas ada juga yang berbentuk lampu yang bisa menarik nyamuk mendekat dan akhirnya si nyamuk kesetrum.

Cara organik mengusir nyamuk adalah dengan membiarkan cicak berkembang biak di dalam rumah. Seperti lagu anak-anak, “Datang seekor nyamuk, HAP! Lalu ditangkap!”

Tapi favorit saya adalah menggunakan lampu UV yang bekerja dalam diam. Tidak seperti lampu nyamuk yang menyetrum nyamuk dimana tiap ada nyamuk atau serangga lain yang kesetrum akan menimbulkan bunyi bzzzttt bzzzttt …

Saya memiliki lampu nyamuk dari berbagai merek. Mulai dari produk lampu nyamuk dari Cina yang lucu unyu-unyu, sampai dengan lampu hitam merek Hori yang akan saya review di sini.

Saya sampai beli tambahan lampu Hori sebanyak 2 buah setelah mencoba Lampu Hori ini. Tentu saja karena saya puas dengan kinerjanya.

Dari 3 lampu UV nyamuk berbeda merek yang saya pasang di rumah, hanya lampu UV Hori yang menunjukkan hasilnya, yaitu tumpukan nyamuk yang mati mengering di wadahnya.

Cara kerja lampu Hori ini adalah menarik perhatian nyamuk agar mendekat supaya si nyamuk tersedot oleh adanya kipas ke bagian bawah lampu dan nyamuk akan terperangkap di dalam wadah tersebut dan akhirnya mati mengering.

Nyamuk mati mengering | image by TipsRumah.com

Dengan cara kerja seperti ini maka penting untuk membiarkan lampu Hori nyala sepanjang hari. Kalau pun mau dimatikan, agak siang sedikit supaya nyamuk yang tertangkap di malam hari sudah sempat mati mengering. Karena kalau tidak cukup lama dihidupkan lampunya, nyamuk yang terjebak di dalam wadahnya akan tetap hidup dan ketika lampu dimatikan, si nyamuk bisa terbang keluar lagi. Ini sudah sering saya buktikan, ketika harus mematikan lampu Hori saat membersihkan lampu. Masih ada aja satu dua nyamuk yang terbang meloloskan diri saat saya matikan lampu tersebut.

Tips agar lampu anti nyamuk Hori ini bekerja dengan efektif adalah :
1. Usahakan ruang dimana lampu Hori ini berada segelap mungkin, hanya ada cahaya dari si lampu Hori saja.

2. Jangan meletakkan lampu Hori terlalu rendah atau terlalu tinggi, usahakan tingginya kira-kira 1,5 meter dari lantai. Karena itu tinggi optimal dimana nyamuk biasa beterbangan.

3. Jangan meletakkan lampu Hori di bawah hembusan angin AC atau kipas angin. Sebab nyamuk jarang berkumpul di area berangin seperti itu.

Artikel dalam Serial ini: Mengatasi Hama Ulat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.