Tuesday, September 29#PakaiMasker #StayAtHome

Cara Menyuburkan Mawar Agar Rajin Berbunga

Bagi para penggemar bunga, biasanya terdapat di salah satu koleksi bunga di tamannya. yang terkenal keindahan dan eksotiknya memang menjadi salah satu bunga favorit banyak orang dan karenanya, tentu kita ingin mengetahui cara menyuburkan dan membuat mawar rajin berbunga, bukan?

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga

Menanam Mawar Dalam Pot dan Rutin Yang Dibutuhkan

Untuk persiapan penanaman mawar, siapkan dulu hal-hal seperti ini:
1. Bunga Mawar butuh sinar matahari langsung setidaknya 4-6 jam sehari. Sinar matahari pagi adalah sinar yang paling disukai bunga mawar, sekitar jam 7 – 11 siang. Kalau kurang sinar matahari, selain mengganggu munculnya bunga baru, daun mawar bisa terkena serangan jamur atau daun. Untuk mengatasinya daun mawar yang berkarat bisa dicoba semprot dengan larutan susu segar dicampur segar dengan perbandingan susu segar 100 ml + 900 ml air. Dikocok rata baru disemprotkan ke daun mawar yang bermasalah. Lakukan penyemprotan di pagi hari saat matahari belum bersinar terik.

2. Siram bunga mawar sehari dua kali. Kalau pun sehari sekali, pastikan bunga mawar tidak sampai kekeringan apalagi di musim kemarau terutama yang ditanam di dalam pot.

Tips Lainnya :   Cairan Pembersih Alami Meja Dapur

3. Bunga mawar yang sudah mekar dan mengering harus segera dipotong. Dengan rajin memangkas bunga mawar, maka akan muncul tunas-tunas baru yang akan membawa kuncup bunga yang baru juga. Selain bunga yang sudah mengering, batang yang kering atau pun daun yang kering juga harus dibersihkan agar tanaman bisa fokus mengirimkan nutrisi untuk pembungaan.

4. Bersihkan gulma yang tumbuh di sekitar mawar. Ini berlaku baik untuk mawar yang ditanam di dalam pot atau yang ditanam langsung di tanah.

Aneka Pupuk Bunga Mawar Buatan Sendiri

Perawatan bunga mawar agar tumbuh subur memerlukan biaya khusus yaitu pemberian pupuk NPK seimbang yang bisa diberikan dua minggu sekali. Dosis pemberian NPK sekitar 1 sendok teh untuk satu pot mawar diameter 30 cm. Setelah ditaburkan, pupuk NPK bisa ditutupi dengan tanah dan kemudian disiram air. Atau bisa juga dilarutkan dahulu dengan 1 liter air sebelum disiramkan ke dalam pot.

Akan tetapi, selain dengan pupuk NPK, ada cara lain menyuburkan bunga mawar dengan pupuk yang bisa kita buat sendiri di rumah.

Tips Lainnya :   Menghilangkan Karat Kompor Gas

Yang pertama adalah pupuk dari abu kayu yang dibakar seperti di bawah ini:
Pertama, Siapkan beberapa batang kayu
Kedua, Bakar batang kayu tersebut sampai menjadi abu halus.
Ketiga, Taburkan abu batang kayu tersebut secukupnya pada akar bunga mawar.
Keempat, Lakukan pemupukan alami ini secara rutin, setidaknya minimal seminggu sekali.

Selain dari abu, kita juga bisa memberikan beberapa sampah organik dari kita yaitu:
1. Ampas teh atau teh basi yang sudah didiamkan semalaman.
2. Air bekas cucian beras pun dapat disiramkan ke bunga mawar untuk meningkatkan kesuburan tanah.
3. Ampas seduhan kopi agar ditaburi tipis-tipis di permukaan tanah. Kalau agak banyak, ada baiknya ampas bubuk kopi diadukkan dengan tanahnya agar tercampur rata dan tidak menghalangi penyerapan air.
4. Kulit pisang yang banyak mengandung potassium juga disukai oleh bunga mawar. Cara pengaplikasiannya bisa dengan memotong kulit pisang jadi kecil dan membenamkannya di sekitar akar mawar. Atau bisa dengan merendam kulit pisangnya dengan air, dibiarkan selama kurang lebih 2 minggu lalu airnya disiramkan ke bunga mawar.
5. Micin atau vetsin atau bumbu penyedap. Berikan satu sendok teh saja yang dilarutkan air, atau ditabur diatas permukaan tanah dan disiram agar larut.

Tips Lainnya :   Furniture untuk Ruang Sempit

Bunga mawar kita akan tumbuh subur dengan pupuk sederhana ini. Selamat mencoba 🙂

Artikel dalam Serial ini: Kiat Mudah Memupuk Anggrek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.