Cara Mengatasi Bau Badan Agar Tak Muncul Lagi

freeimages.com

Penyebab munculnya badan tak sedap memang bermacam-macam. Ada yang disebabkan faktor hormon tubuh, ada juga yang disebabkan oleh keadaan (misalnya makanan atau cuaca). Tapi pada umumnya aroma yang tidak sedap dari tubuh disebabkan karena keringat. Walau pun sebenarnya keringat tidak memiliki bau yang menyengat. Tetapi ada sebagian orang yang mengalami masalah dengan aroma yang berasal dari keringatnya yang menyebarkan bau menyengat dan tidak sedap.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi bau badan yang disebabkan oleh keringat maka cobalah cara berikut ini:

Pertama, mandi minimal dua kali sehari.

Buat kita yang tinggal di daerah tropis dengan kelembaban yang tinggi, maka mandi minimal dua kali sehari itu wajib hukumnya bila kita ingin aroma tubuh kita selalu segar. Mandi berfungsi menghilangkan keringat berlebih, membersihkan kotoran dan bakteri dan membuat tubuh terasa bersih dan segar. Saat mandi, jangan lupa untuk menggosok bagian-bagian lipatan kulit seperti di sela-sela jari kaki dan ketiak yang bila diabaikan bisa menjadi pusat pembiakan bakteri penyebab aroma tak sedap. Bila dirasa perlu, kamu juga bisa menggunakan sabun antiseptik untuk mengatasi aroma membandel dan mencegah gatal-gatal pada tubuh akibat biang keringat.

Tips Lainnya :   Kandungan dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Kedua, menggunakan deodoran.

Setelah mandi, segeralah gunakan deodoran yang mengandung antiperspirant di area ketiak. Fungsi deodoran adalah untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap, dan juga mengurangi produksi keringat yang berlebihan dengan kandungan anti perspirantnya. Sebaiknya jangan mengganti deodoran dengan bedak, karena penggunaan bedak bisa menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam.

Bila kalian lebih suka produk-produk deodoran dari bahan-bahan alami, bisa mencoba rekomendasi deodoran berikut ini:

Deodoran Alami Batu Tawas | tokopedia

Beli Deodorant Alami dari Batu Tawas di Tokopedia – bisa bebas ongkir.

Deodoran Alami Berbentuk Stik | tokopedia

Beli Deodorant Alami Berbentuk Stik yang praktis dengan aroma di Tokopedia – bisa bebas ongkir.

Ketiga, mengatur pola makan.

Bau badan bisa disebabkan karena makanan. Makanan yang mengandung banyak lemak, dan makanan berbau tajam, seperti putih, bawang bombay dan makanan pedas bisa memicu timbulnya bau. Hal ini disebabkan karena pelepasan aroma terjadi di pori-pori kulit dan bercampur dengan keringat. Untuk itu supaya aroma badan kita lebih segar, lebih baik mengonsumsi seperti daun kemangi yang bisa membantu pori-pori kita mengeluarkan aroma yang lebih baik.

Tips Lainnya :   Cara Mengusir Semut dari Makanan

Keempat, gunakan .

Menggunakan jeruk adalah salah satu cara alami untuk menghilangkan bau badan. Menggosokkan jeruk lemon pada tubuh dapat membantu kulit menjadi lebih wangi dan aromanya masuk sampai ke dalam pori-pori. Menggosok lemon dan meremasnya pada bagian lipatan tubuh, seperti ketiak, lipatan tangan dan kaki dapat juga mengurangi produksi keringat yang berlebih.

Cara Mengurangi Bau dari Keringat Yang Berlebihan

Selain itu bila kalian mencari alternatif mengatasi bau badan dengan bahan-bahan yang alami, kalian bisa mencoba beberapa resep berikut ini:

  1. Kunyit dan Gula Aren.
    Parut halus kunyit seukuran sekitar 2 ibu jari. Larutkan gula aren sesuai selera sebanyak sekitar 1/2 gelas. Masukkan kunyit parut ke dalam air yang sudah dilarutkan gula aren. Aduk rata, lalu biarkan sampai kunyit mengendap di dasar gelas, barulah minum setiap malam menjelang tidur secara rutin sampai bau keringat tidak lagi terasa menyengat
  2. Kenanga dan Temugiring.
    Kupas 1 genggam temugiring lalu cuci bersih. Campurkan bunga kenanga, lalu tumbuk sampai halus. Bentuk bulatan-bulatan kecil seukuran kelereng atau lebih kecil. Jemur sampai kering. Cara mengonsumsinya adalah ambil satu bulatan yang sudah kering dan makanlah bersama dengan makanan apapun, sehari dua kali pada pagi dan sore hari.
  3. Daun Beluntas, Kunyit dan Temugiring
    Kupas temugiring dan kunyit, lalu cuci bersih bersama daun beluntas. Tumbuk halus dan beri sedikit air matang. Lalu peras dan disaring. Minum ramuan ini dua kali sehari.
  4. Daun Beluntas dan daun Kecombrang.
    Tumbuk halus sekitar 10 gram daun beluntas yang masih muda dan segar, lalu tambahkan daun kecombrang separonya lanjutkan tumbuk sampai halus. Lalu rebus dengan segelas air, bubuhi sedikit . Setelah mendidih, dinginkan. Ramuan ini diminum sekali sehari secara teratur.
Tips Lainnya :   Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Well, selamat mencoba. Katakan selamat tinggal untuk masalah ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya