Membersihkan Anyaman Rotan

Ilustrasi - Rotan. Foto: freeimages.com
Anda yang suka mengoleksi aneka asesories dan pernak-pernik unik yang cantik, biasanya memiliki wadah untuk menyimpan koleksi tersebut. Dan tentunya Anda tidak ingin sekedar menyimpan koleksi kesayangan anda dalam lemari yang gelap dan tertutup. Pernak-pernik cantik tersebut akan semakin mempesona dengan hadirnya wadah yang tak kalah menarik.

Salah satu pilihan yang sering dijadikan tempat untuk menyimpan sekaligus menampilkan koleksi cantik Anda adalah wadah dari bahan . Wadah berbahan rutin selain memiliki bentuk yang unik dan cantik, juga cukup kuat dan mudah dalam perawatannya.

Untuk Anda yang memiliki wadah atau perabotan lainnya dari rotan dan sejenisnya, berikut tips praktis untuk merawat wadah rotan Anda agar senantiasa cantik dan awet dipakai.

1. Saat perabotan atau wadah rotan Anda terlihat kusam segera bersihkan. Siapkan air hangat yang dicampur dengan . Kemudian sikat anyaman rotan yang terlihat kusam dengan sikat gigi bekas. Jangan lupa juga untuk membersihkan sela-sela rotan agar terlihat bersih sempurna. Setelah bersih, keringkan dengan kain lap yang bersih.

2. Walau wadah rotan cukup tahan berada di luar ruangan, sebaiknya Anda tidak memmbiarkan wadah rotan anda terus-terusan terkena panas matahari langsung dan air karena akan merusak wadah rotan kesayangan anda.

3. Jika Anda tak sengaja menumpahkan cairan pada wadah rotan, segera lap tumpahan air dengan kain bersih sampai kering.

4. Jangan terlalu sering membersihkan wadah rotan anda dengan air, karena air dapat membuat vernis atau cat rotan memudar. Untuk sehari-hari, cukup bersihkan perabotan atau wadah rotan anda dengan kain kering yang bersih.

5. Jika Anda melihat atau jamur tumbuh di rotan, segera bersihkan dengan larutan pemutih yang dilarutkan dalam air. Bersihkan dulu dengan penghisap debu, lalu gunakan sikat halus untuk mengangkat kotoran dan tersebut. Cuci dengan larutan pemutih, bilas sampai bersih, kemudian keringkan pada tempat teduh di siang hari. Jauhkan rotan dari tempat yang memungkinkan tumbuhnya atau jamur.

6. Untuk menghindari , Anda dapat menggunakan larutan kamper (kapur barus) dan . Semprotkan larutan tersebut pada rotan, atau masukkan dalam lubang yang dibuat pada perabot rotan Anda.

img:freeimages.com

Tips ini sudah dibaca 550 kali

Tips lainnya: