Cara Mengecat Dinding Rumah

Ilustrasi Roller |freeimagescom
Ilustrasi Roller |freeimagescom
Ilustrasi Roller |img:freeimages.com

Apa Anda ingin mengganti suasana rumah dengan mengganti warna dinding? Biasanya keinginan itu datang saat ada moment khusus, misalnya menyambut hari raya. Anda tak perlu memakai jasa profesional, Anda bisa melakukannya sendiri untuk lebih menghemat biaya.

Simak beberapa tips berikut yang dikutip dari RealSimple.

Jangan Lupa Membersihkan
Debu, kotoran, dan noda yang lengket di akan membuat hasil akhir tidak halus dan merata. Hilangkan kotoran dengan air, formula lembut, dan spons selulosa. Gosok-gosokkan spons ke dinding hingga bersih, lalu bilas dengan air untuk menghilangkan sisa sabun.

Lindungi Bagian yang Tak Ingin Dicat dengan Lakban
Pembatas antara dinding dan lantai, jendela dan bingkai jendela biasanya harus ditutupi agar tidak terkena noda cat. Lindungi bagian rumah yang tak ingin dicat dengan lakban atau pita perekat saat pengecatan. Setelah selesai, segera cabut pita perekat sebelum dinding mengering agar cat tidak ikut tercabut.

Tambal Retakan pada Dinding
Gunakan plamir (dempul tembok) untuk menutup celah atau retak pada dinding, lalu ratakan sampai halus menggunakan amplas. Oleskan juga primer cat, sejenis cairan yang diaplikasikan sebelum pengecatan agar didapatkan hasil akhir yang rata dan mengkilap.

Tips Lainnya :   Pilih Transmisi Mobil Yang Mana, Matic atau Manual?

Gunakan Kuas Kecil pada Bagian yang Sempit
Alat pengecat berupa roller tidak bisa diaplikasikan di semua bagian dinding, hanya pada area yang luas saja, sementara untuk area yang sulit seperti sudut ruangan, gunakan kuas kecil selebar dua inci.

Gunakan Teknik ‘W’
Untuk efisiensi, gunakanlah teknik mengecat ‘W’. Mulai dari sudut dinding, gerakkan roller turun naik sebanyak tiga kali membentuk huruf ‘W’, lalu isi bagian yang kosong secara horizontal tanpa mengangkat roller. Penuhi dinding dengan hingga rata.

Ulangi Pengecatan Bila Perlu
Bila hasil pengecatan masih kurang sempurna, ulangi sekali lagi dan pastikan proses yang kedua ini berhasil dengan baik. Bila cipratan jatuh ke lantai, segera bersihkan dengan lap basah.

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.