Wednesday, September 30#PakaiMasker #StayAtHome

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Secara Aman

Untuk ibu yang harus bekerja di luar rumah, momen memberikan ASI secara langsung kepada buah hati mungkin akan sulit dilakukan. Agar buah hati kita tetap memperoleh asupan nutrisi, kita dapat memberikan ASI perah melalui botol susu ataupun memberikan susu formula sebagai pendamping ASI. Karena itu penting bagi kita mengetahui cara mencuci botol susu bayi agar mencegah bayi terserang berbagai jenis infeksi pencernaan. Berikut cara mudah yang bisa kita lakukan di rumah untuk mencuci botol susu bayi secara aman.

Cara Mencuci Botol Susu Bayi

Sebelum kita mensterilkan botol susu bayi, maka penting untuk mencuci botol susu tersebut terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah dan cara mencuci botol susu bayi adalah,

1. Cuci tangan terlebih dahulu,

Ketika kita akan mencuci botol susu bayi tanpa menggunakan mesin pencuci, usahakan tangan dalam keadaan bersih. Pastikan kita sudah mencuci tangan menggunakan sabun selama kurang lebih 20 detik.

2. Pisahkan semua bagian botol susu

Sebelum kita mencuci botol susu, pisahkan terlebih dulu botol, dot, katup botol dan tutup botol. Ini penting dilakukan sebab bila tidak dilepas semua bagiannya, bisa jadi ada sisa susu yang masih mengendap dan akhirnya menimbulkan kerak di bagial tutup botol. Setelah dilepaskan semua, barulah dicuci dengan air bersih yang mengalir.

3. Siapkan baskom berisi air hangat dan sabun.

Cara untuk mencuci botol susu bayi, kita harus menyiapkan baskom berisi air hangat dan sabun. Sebaiknya jangan meletakkan botol susu bayi di wastafel atau di sink saat proses mencuci, hal ini bertujuan untuk menghindari resiko botol terkontaminasi dengan bakteri yang ada di permukaan sink atau wastafel.

4. Bersihkan botol susu menggunakan sikat khusus

Setelah kita merendam botol susu menggunakan air hangat dan sabun, penting untuk membersihkannya menggunakan sikat khusus. Jangan lupa untuk membersihkan botol susu tersebut sampai ke dasarnya. Kemudian simpan sikat botol ditempat yang terpisah dengan peralatan dapur agar terhindar dari cipratan minyak maupun kotoran.

5. Pastikan kamu membilas botol susu tanpa ada sabun yang tertinggal

Hal penting lainnya yang tidak boleh kamu lupakan saat mencuci botol susu adalah pastikan tidak ada sabun yang tertinggal. Kamu bisa mengeceknya dengan memastikan ulang bahwa bisa mengeluarkan air dari dot tersebut. Perlu kamu tahu, jika terdapat sisa sabun yang masih ada dalam dot akan membuat susu lebih cepat mengental dan mengakibatkan keracunan sabun yang tidak disengaja. Sebaiknya membeli sabun khusus untuk mencuci botol susu bayi. Kalau tidak memungkinkan, cairkan sabun cuci piring yang biasa digunakan dengan air bersih agar saat dibilas lebih cepat bersih dan tidak ada yang tertinggal.

6. Keringkan botol susu sebelum menggunakannya

Setelah kamu mencuci botol susu tersebut, usahakan mengeringkannya bagian luarnya menggunakan handuk bersih yang bebas dari debu maupun kotoran. Untuk bagian dalam dikeringkan dengan cara menjemur botol di tatakan khusus botol susu agar sisa air menetes dan mengering dengan sendirinya.

Itu dia cara membersihkan botol susu yang aman untuk bayi kita. Selain hal diatas, kamu juga perlu mensterilkan botol susu bayi sebelum menggunakannya. Terlebih selama 12 bulan pertama setelah ia lahir. Kita dapat mensterilkan botol susu bayi maupun dot bayi dengan cara mendidihkan, menggunakan bahan kimia maupun steam. Berikut cara mensterilkan botol susu bayi yang bisa kamu lakukan untuk membunuh bakteri dengan menaikkan suhu dan bisa dilakukan di rumah.

Cara Mensterilkan Botol Susu Bayi

Mensterilkan dengan cara steam

Cara mensterilkan botol susu bayi yang pertama bisa kamu lakukan adalah dengan cara steam.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Pastikan kita sudah mencuci botol susu maupun dot bayi terlebih dahulu,
2. Pastikan posisi dot maupun botol susu terbalik saat disterilkan,
3. Tambahkan air pada steriliser, lalu nyalakan
4. Biarkan botol susu dalam keadaan steril
5. Baru apabila ingin digunakan ambilah botol susu dari dalam steriliser

Mensterilkan dengan cara didihkan

Selain dengan cara menggunakan steam kita bisa mensterilkan botol susu bayi dengan cara mendidihkannya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Letakkan botol susu dan dot bayi yang sudah dicuci bersih ke dalam panci,
2. Tambahkan air sampai botol susu dan dot bayi terendam,
3. Didihkan air dan rebus selama kurang lebih 5 menit
4. Matikan kompor dan biarkan botol susu serta dot bayi di atasnya sampai air menjadi dingin
5. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum kamu memegang dot maupun botol susu bayi
6. Ambil peralatan dari dalam panci dan buang air yang tersisa. Jika kamu tidak ingin menggunakan langsung, keringkan terlebih dahulu botol dan dot bayi. Lalu letakkan botol susu maupun dot bayi di dalam wadah bersih yang tertutup rapat. Botol susu bisa digunakan langsung tanpa harus disterilkan atau direbus lagi.

Setelah mengetahui cara mencuci botol susu bayi maupun sterilisasinya, penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda kita harus mengganti dot tersebut. Kita wajib mengganti dot maupun botol susu bayi ketika:
1. Ada bagian yang retak atau bocor
2. Terjadi perubahan warna pada puting maupun botol tersebut
3. Penipisan atau ada robek pada bagian puting dot. Hal ini berarti puting dot lemah dan harus segera diganti.

Menggunakan botol susu untuk bayi memang akan membantu kita ketika sedang berada jauh dari si buah hati. Tapi pastikan juga botol maupun dot dibersihkan secara benar agar terhindar dari penyakit pencernaan. Dan jangan lupa pilih botol susu yang nyaman dan aman untuk anak kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.