Currently browsing

Taman

Ilustrasi Bibit Tanaman | Img:freeimages.com

Kiat Memilih Bibit Tanaman

Artikel ini bagian 1 dari 22 dalam serial Taman

Saat kita akan membeli bibit tanaman untuk tanam atau kebun pribadi kita ada beberapa hal yang harus kita pastikan agar kita tepat dalam memilih bibit tanaman. Sebab, memilih bibit yang sehat dan bagus merupakan langkah awal keberhasilah tumbuh kembangnya tanaman kelak. Apa saja kiat memilih bibit tanaman yang harus kita perhatikan?

Ilustrasi Apel | Img:freeimages.com

Cuka Pembasmi Gulma

Artikel ini bagian 2 dari 22 dalam serial Taman

Tumbuhnya gulma di area lahan atau taman kita tentu mengganggu. Kita pasti ingin mengatasi gulma ini dengan cara yang mudah dan sederhana bukan? Nah, salah satunya kita bisa memanfaatkan cuka sebagai pembasmi gulma.

Ilustrasi Pot Gantung | Img:freeimages.com

Cara Rapi Menyiram Pot Gantung

Artikel ini bagian 3 dari 22 dalam serial Taman

Memiliki pot gantung dirumah bisa menjadi salah satu alternatif untuk tetap menghijaukan rumah. Hanya kadang kendalanya adalah lantai menjadi kotor saat menyiram, karena air rembesan dari pot gantung tersebut akan membasahi lantai. Bagaimana cara yang rapi untuk kita menyiram pot gantung?

Ilustrasi Tanaman Pot | Img:freeimages.com

Memberi Minum Tanaman Pot

Artikel ini bagian 4 dari 22 dalam serial Taman

Bunda, saat kita akan keluar kota beberapa hari dan rumah dalam keadaan kosong, kita pasti khawatir saat meninggalkan tanaman kita. Kita khawatir tanaman pot akan kering karena tidak mendapatkan air selama beberapa hari dan akhirnya ia bisa mati. Bagaimana cara kita memberi “minum” tanaman pot yang ada dalam rumah kita?

Ilustrasi Kulit Telur | Img:freeimages.com

Mengusir Semut dari Tanaman

Artikel ini bagian 5 dari 22 dalam serial Taman

Bunda, saat kita memiliki taman sendiri di rumah tentu sangat mneyenangkan, baik tanam kita itu luas atau kecil tidak menjadi masalah. Memiliki tanam atau kebun di rumah banyak memiliki manfaat. Manfaat memiliki taman di dalam rumah ini sudah kita bahas dalam tulisan sebelumnya.

Ilustrasi Kaktus | Img:freeimages.com

9 Kiat Memilih Media Tanam (1)

Artikel ini bagian 6 dari 22 dalam serial Taman

Bunda, bagi kita yang suka berkebun, pasti memahami bahwa bagi tanaman, media tanam memliki banyak peran. Media tanam merupakan tempat bertumpu agar tanaman bisa berdiri tegak. Zat yang terkandung didalamnya adalah hara, air, dan udara yang dibutuhkan oleh tanaman.

Tips Membuat Kebun Organik di Rumah

Artikel ini bagian 7 dari 22 dalam serial Taman

Seiring dengan kesadaran masyarakat untuk mulai mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan organik, tak heran kini para pekebun urban pun sudah mulai membuat kebun organik mini di belakang rumah. Sebenarnya apa dan bagaimana kebun organik itu?

Ilustrasi Ikan | Img:freeimages.com

Kolam Bebas Nyamuk

Artikel ini bagian 8 dari 22 dalam serial Taman

Bila kita memiliki akuarium di rumah, maka selain masalah merawat ikan dan membersihkannya airnya, oastinya kita juga berusaha mencegah agar kolam bebas nyamuk. Bagaimana cara kita untuk memastikan kolam kita bebas dari nyamuk?

Tips Berkebun di Kantor

Artikel ini bagian 9 dari 22 dalam serial Taman

Bila tempat duduk Anda di kantor di dekat jendela yang terkena sinar matahari dan masih ada ruang untuk menempatkan pot-pot mungil, mungkin Anda bisa mencoba untuk berkebun di kantor.

Ilustrasi Mawar | Img:freeimages.com

Manfaat Taman di Rumah (1)

Artikel ini bagian 10 dari 22 dalam serial Taman

Memiliki taman di rumah ternyata memiliki banyak manfaat untuk kita. Mulai dari keindahan warna hijau bagi kesehatan mata, kesegaran udara, sampai lebih jauh lagi, taman juga memiliki dampak positif bagi mental seseorang.

Ilustrasi Pot | Img:freeimages.com

8 Kiat Mengganti Pot Tanaman (1)

Artikel ini bagian 11 dari 22 dalam serial Taman

Bunda, istilah repotting mungkin masih asing ditelinga kita, meski tidak di telinga para pecinta tanaman. Repotting alias mengganti pot adalah urusan yang terkesan sepele, namun ternyata cukup punya peran dan menentukan pertumbuhan tanaman, bahkan tanaman kita akan terlihat lebih bagus.

Ilustrasi Pot Bunga | Img:freeimages.com

8 Kiat Mengganti Pot Tanaman (2)

Artikel ini bagian 12 dari 22 dalam serial Taman

Bunda, istilah repotting mungkin masih asing ditelinga kita, meski tidak di telinga para pecinta tanaman. Repotting alias mengganti pot adalah urusan yang terkesan sepele, namun ternyata cukup punya peran dan menentukan pertumbuhan tanaman, bahkan tanaman kita akan terlihat lebih bagus.

Ilustrasi Adenium | Img:freeimages.com

9 Kiat Memilih Media Tanam (2)

Artikel ini bagian 13 dari 22 dalam serial Taman

Bunda, bagi kita yang suka berkebun, pasti memahami bahwa bagi tanaman, media tanam memliki banyak peran. Media tanam merupakan tempat bertumpu agar tanaman bisa berdiri tegak. Zat yang terkandung didalamnya adalah hara, air, dan udara yang dibutuhkan oleh tanaman.

Ilustrasi Daun Tanaman Hias | Img:freeimages.com

Mengilapkan Daun Tanaman Hias

Artikel ini bagian 14 dari 22 dalam serial Taman

Siapa yang tidak menyukai tanaman hias dalam pot? Rasanya hampir semua orang menyukai keindahan tanaman hias dalam pot, baik dia tanaman hias bunga ataupun tanaman hias daun. Bagaimana cara kita mengilapkan daun tanaman hias?

Ilustrasi Bunga | Img:freeimages.com

Agar Bunga Tidak Mudah Rontok

Artikel ini bagian 15 dari 22 dalam serial Taman

Memiliki taman sendiri dirumah pasti menjadi salah satu hobi yang menyenangkan. Jika kita memilih tanaman dengan bunga hiasnya misalnya, dan termasuk pencinta bunga, maka pasti kita ingin agar bunga kita tidak mudah rontok, bukan?

Ilustrasi Kolam Ikan | Img:freeimages.com

Membersihkan Air Kolam Keruh

Artikel ini bagian 16 dari 22 dalam serial Taman

Bunda, kolam ikan merupakan salah satu pelengkap bagi taman kita. Suasana rumah semakin asri dan nyaman dengan bunyi percikan air. Namun, bagaimana jika air kolam ikan keruh? Bagaimana cara kita membersihkan air kolam keruh?

Ilustrasi Ranting Kayu | Img:freeimages.com

Menetralkan pH (Keasaman-basaan) Tanah

Artikel ini bagian 17 dari 22 dalam serial Taman

Bunda, apa pernah mengalami tanaman yang kita tanam tidak tumbuh dengan subur? Masalahnya bisa jadi ada pada kadar tanahnya yang terlalu asam. Tanah yang terlalu asam akan membuat tumbuh tanaman kurang berkembang. Jangan khawatir, karena kita bisa menetralkan pH (Keasaman-basaan) tanah agar tanaman bisa tumbuh subur.

Ilustrasi Kolam | Img:freeimages.com

Mencegah Hewan Mendatangi Kolam

Artikel ini bagian 18 dari 22 dalam serial Taman

Saat kita memiliki kolam di dalam rumah, baik kolam hias atau kolam ikan, maka biasanya ada beberapa jenis hewan yang suka mendatanginya, seperti ular, kelabang, atau kaki seribu. Hewan-hewan ini datang ke kolam kita karena mereka menyukai tempat yang lembab, seperti kolam ikan atau kamar mandi. Jadi, bagaimana cara kita mencegah hewan mendatangi kolam kita?

Ilustrasi Rumput | Img:freeimages.com

Kiat Mengendalikan Rumput

Artikel ini bagian 19 dari 22 dalam serial Taman

Memiliki rumput di taman pribadi pastinya sangat menyenangkan. Namun, saat rumput kita terlalu cepat tumbuh, terkadang jadi masalah bagi kita. Sebab, kita kadang tidak punya waktu cukup untuk sering memangkas rumput. Jadi bagaimana kiat memperlambat pertumbuhan rumput atau dengan kata lain bagaimana kiat “mengendalikan” rumput?

Ilustrasi Rumput | Img:freeimages.com

Mengenal Gulma dan Macam Jenisnya

Artikel ini bagian 20 dari 22 dalam serial Taman

Gulma menurut definisi ilmiah secara umum adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan di lahan pertanian atau kebun. Namun, dalam konteks kita memiliki taman pribadi, gulma ini pun bisa tumbuh. Yuk, mari kita lebih jauh mengenal gulma dan macam jenisnya agar kita bisa mengantisipasinya secara tepat.