Tuesday, July 27#PakaiMasker #StayAtHome

Tips Menabung Air di Rumah

Air bersih yang layak konsumsi semakin lama semakin berkurang terutama bagi mereka yang mengonsumsi air yang dipompa dari dalam tanah.

Air yang dipompa keluar dari dalam tanah, membutuhkan cara agar bisa mengembalikan lagi air yang sudah disedot keluar dari dalam tanah ini, tentunya agar kita bisa terus-menerus mengambil air tanah tersebut tanpa pernah kekeringan.

Anda bisa membantu mengembalikan air ke dalam tanah dan mengurangi pemborosan air di rumah anda dengan tips-tips sederhana di bawah ini:

Cara Mengembalikan Air Tanah Dan Berhemat Air

1. Buat Sumur Resapan

Buatlah sumur resapan air di rumah untuk mengganti air yang dikonsumsi. Sumur resapan dapat dibuat juga untuk menampung air hujan yang berasal dari talang air rumah anda. Untuk sumur resapan yang dibuat di dalam rumah, bisa dibaca di artikel Tangkal Banjir dengan Sumur Resapan.

2. Tampung Air Hujan

Tampung air hujan secara langsung. Karena air hujan yang ditampung langsung bisa jadi mengandung asam atau pun kotoran lainnya yang terbawa dari talang atau atap rumah, maka gunakan saja untuk , membersihkan garasi, tempat sampah, atau mengepel . Sebaiknya tidak mengonsumsi air hujan yang ditampung langsung karena tidak terjamin kebersihan dan kualitas airnya.

3. Perhatikan Waktu Siram Tanaman

Siram tanaman hanya di pagi hari sebelum jam 8 pagi atau malam hari untuk mengurangi evaporasi air. Hal ini terutama sebaiknya dilakukan pada saat musim kemarau.

4. Tutup Permukaan Tanah dengan Daun Kering

Biarkan cabang-cabang rendah pada pepohonan dan semak-semak tumbuh, biarkan juga sampah dedaunan menumpuk di atas tanah. Hal ini untuk menjaga tanah tetap sejuk sekaligus mengurangi penguapan. Tentu saja hal ini bisa Anda lakukan bila tumpukan sampah dedaunan tidak mengganggu estetika rumah Anda. Metode ini disebut dengan mulsa daun kering. Tips agar mulsa daun kering ini tidak terlihat seperti tumpukan sampah adalah dengan menyingkirkan ranting-ranting kecil dan sebaiknya hanya memilih daun berukuran kecil dari jenis yang sama.

5. Evaluasi Tagihan Air Anda

Apabila Anda berlangganan air bersih, periksalah tagihan air di rumah secara rutin, bandingkan dengan tagihan bulan sebelumnya. Sebaiknya Anda membuat evaluasi pemakaian air di rumah Anda, sehingga Anda bisa mengetahui bila ada lonjakan penggunaan air.

6. Segera Perbaiki Keran Yang Bocor

Segera perbaiki keran air yang bocor atau meneteskan air walaupun hanya sedikit. Air yang terbuang karena keran yang menetes ini bila dibiarkan akan banyak juga jumlahnya.

Segera kontak PDAM jika ada kebocoran air di pipa PAM rumah Anda.

Artikel dalam Serial ini: Cara Menghemat Air Saat Mencuci Baju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.