Sunday, September 27

Series: Tips Memasak

Tips sederhana untuk mempercepat dan memudahkan kegiatan memasak

Salad untuk Diet Efektif
Beauty & Health

Salad untuk Diet Efektif

Bunda, saat kita diet, biasanya salad menjadi salah satu pilihan dalam menu diet kita. Salad yang secara umum terdiri atas campuran sayur-mayur dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Pandangan ini tidak salah, salad bisa menjadi salah satu menu yang efektif untuk diet kita. Namun, di sisi lain, pandangan ini tidak selamanya benar jika salad kita juga menggunakan bahan-bahan lain yang kalorinya cukup tinggi. Hanya saja, tanpa bahan-bahan lain misalnya saus yang berlemak, bagaimana kita bisa merasa kenyang? Jadi, bagaimana solusi yang tepat untuk hal ini agar salad bisa menjadi salah satu menu diet efektif. (more…)
Memaksimalkan Perasan Air Jeruk
Tips Masak

Memaksimalkan Perasan Air Jeruk

Bunda, hampir semua anggota keluarga kita suka buah jeruk dan biasanya sekaligus suka minum perasan air jeruk. Ada beberapa jenis jeruk di sekitar kita yang biasa kita konsumsi sehari-hari, diantaranya sanquise, lemon, orange, dan jeruk nipis. Tapi, tahukah Bunda bahwa kita bisa memaksimalkan perasan air jeruk kita? Sebab, kadang ada hal sederhana saat kita memeras jeruk, terasa air yang keluar tidak maksimal. Apa hal itu karena air dalam jeruk tersebut memang sedikit? Sebaiknya kita coba dulu beberapa langkah berikut untuk memastikannya. (more…)
Serba-serbi Kentang
Tips Dapur

Serba-serbi Kentang

Bunda, kentang adalah salah satu makanan kesukaan keluarga bukan? Berbagai olahan makanan yang lezat dari kentang bisa kita buat, seperti perkedel, kentang goreng, atau sup ayam. Saat berbicara tentang kentang, ada beberapa hal mendasar yang perlu kita tahu tentangnya. Tulisan kali ini akan berbicara tentang serba-serbi kentang yang kita olah sehari-hari. Ada 3 hal yang akan kita bahas kali ini mengenai kentang, apa saja hal itu? (more…)
Air Garam Pembersih Sisa Pestisida
Tips Masak

Air Garam Pembersih Sisa Pestisida

Bunda, banyak diantara kita yang menyukai salad, gado-gado, atau kredok. Menu makanan ini biasanya memakai sayuran segar dan tanpa dimasak lebih dulu. Beberapa jenis sayuran seperti selada, lettuce, mentimun, tomat biasanya kita konsumsi dalam salad tanpa dimasak lagi. Tapi tahukah Bunda, terkadang sayuran tersebut sangat mungkin sudah terkontaminasi pestisida. Namun khawatir, sebab air garam bisa menjadi pembersih sisa pestisida. Dalam menu gado-gado dan kredok, kita bahkan memiliki lebih banyak jenis sayuran yang kita konsumsi tanpa dimasak dengan matang, seperti kacang panjang, labu, toge, dan kol. Jadi, bagaimana cara kita untuk membersihkan sisa pestisida yang masih ada? (more…)
Mengolah Ikan Asin Tak Asin
Tips Masak

Mengolah Ikan Asin Tak Asin

Ikan asin adalah salah satu makanan favorit banyak orang di Indonesia. Hmm yummy. Meski tentu, saat kita berbicara tentang kandungan gizi ikan asin, kita menyadari kandungan gizi ikan asin sudah berkurang dibandingkan jika kita mengkonsumsi ikan segar. Selain itu, bagaimana jika kita rentan terhadap penyakit darah tinggi atau sedang diet, apa masih mungkin kita memakan ikan asin yang memiliki kandungan garam yang tinggi. Bagaimana cara kita mengolah ikan asin tidak asin agar kita bisa tetap menyantapnya? :) Perlu kita pahami, ikan asin yang merupakan makanan sederhana yang lezat ini tidak hanya hanya dikenal di negara Indonesia, tetapi dikenal juga di beberapa negara lain seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia. Teman terbaik ikan asin yang paling populer adalah nasi hangat dan s...
Kerupuk Mekar Sempurna
Tips Rumah

Kerupuk Mekar Sempurna

Bunda, hampir rata-rata setiap anggota keluarga kita menyukai kerupuk. Kerupuk menjadi salah satu teman makan kegemaran banyak orang. Bermacam-macam jenis kerupuk bisa kita temui dan menjadi pilihan masing-masing. Hanya terkadang, sat kita menggoreng sendiri dirumah, hasil gorengan kerupuk kita tidak mekar sempurna. Bagaimana kiat kita memasak agar kerupuk bisa mekar sempurna? Caranya sangat mudah, ikuti beberapa langkah berikut ini. (more…)
Daun Pisang untuk Memarut
Tips Rumah

Daun Pisang untuk Memarut

Bunda, saat kita memarut keju atau wortel, biasanya ada sisa parutan yang sulit kita bersihkan di parutan. Bahkan, ketika kita memarut kunyit, warna dan bau kunyit yang kuat akan tertinggal di parutan. Bagaimana cara yang lebih mudah saat memarut agar parutan mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan bekas warna? Daun pisang ternyata bisa menjadi solusi untuk hal ini. Yuk, kita bahas lebih jauh bagaimana cara menggunakan daun pisang untuk memarut. Ya, ternyata salah satu manfaat bahan daun pisang bisa untuk memudahkan kita saat memarut makanan di parutan. Saat ini kita masih bisa mendapatkan daun pisang dipasar-pasar tradisional. Caranya pun sangat mudah, yaitu sebagai berikut. (more…)
Penambah Nikmat Aroma Nasi
Tips Masak

Penambah Nikmat Aroma Nasi

Nasi merupakan makanan pokok kita sehari-hari bagi mayoritas rakyat di Indonesia. Memakan nasi yang lembut dan pulen di tengah hari yang sibuk rasanya sangat menyenangkan. Namun, ternyata kita masih bisa menambah aroma wangi pada nasi kita yang otomatis jadi penambah nikmat aroma nasi kita. Bagaimana caranya kita menambah aroma pada nasi kita? Tentu bukan kita akan membuat nasi uduk dan nasi kuning yang lezat itu, namun kita menambahkan bahan tertentu saat memasak nasi. Caranya sebagai berikut. (more…)
3 Kiat Mengempukkan Daging
Tips Masak

3 Kiat Mengempukkan Daging

Bunda, saat memakan rendang atau bistik atau masakan olahan daging lainnya, keluarga pasti ingin daging yang terasa empuk bukan? Sebab, daging yang kenyal dan liat susah dimakan dan sebaliknya, daging empuk lebih enak dimakan karena lebih mudah diiris dan dikunyah. Yang membuat jengkel terkadang meski kita sudah membeli daging khas, tetapi daging masih terasa kenyal. Jangan khawatir Bunda, karena ada beberapa cara mudah untuk mengempukkan daging ini. Yuk kita bahas lebih jauh dalam 3 kiat mengempukkan daging. Cara Pertama, Menggunakan Buah Tomat (more…)
Kiat Memaksimalkan Hasil Perasan Santan
Tips Masak

Kiat Memaksimalkan Hasil Perasan Santan

Santan bisa jadi merupakan salah satu bahan favorit banyak masakan khas Asia, khususnya di Indonesia. Bagaimana tidak? Masyarakat di banyak daerah Sumatra misalnya, terkenal dengan masakannya yang kaya santan. Begitu juga dengan Nasi Uduk yang sudah menjadi ikon makanan khas Jakarta karena merupakan makanan khas dari Suku Betawie yang juga butuh santan sebagai salah satu bahan utama. Saat ini, kemasan santan instan sudah tersedia. Namun, saat kita membeli kelapa asli dan memeras sendiri, ternyata ada kiat khusus agar kita bisa memaksimalkan hasil perasan santan. Bagaimana caranya? Yuk, kita bahas lebih jauh. Langkah apa saja yang harus kita lakukan agar bisa memaksimalkan hasil perasan santan? Ikuti langkah mudah berikut. (more…)
Meminimalisir Rasa Pahit Pare
Kisah Bahan

Meminimalisir Rasa Pahit Pare

Siapa yang suka sayuran pare? Sayur pare yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan nama bitter-gourd ini memiliki penggemarnya tersendiri. Alasan utamanya jelas karena banyak manfaat yang terkandung dalam sayuran ini. Sebab itu, banyak orang juga yang ingin menyantap makanan ini, namun menyerah karena rasa pahit yang ada. Kalau begitu, bagaimana jika kita meminimalisir rasa pahit pare agar kita bisa menyantap makanan sehat ini. Yuk, kita bahas bagaimana caranya :) Saat kita akan mengolah pare menjadi masakan dan ingin menghilangkan rasa pahitnya, lakukan cara mudah berikut ini. (more…)
3 Kiat Mengupas Bawang Merah Tanpa Perih
Tips Masak

3 Kiat Mengupas Bawang Merah Tanpa Perih

Bawang merah sudah jadi teman kita sehari-hari saat memasak bukan, Bunda? Sebab, banyak makanan membutuhkan bawang merah dan sebaliknya, kelezatan sebuah masakan bisa berkurang jika tidak ada bawang merah. Namun, sering ada kendala saat kita mengupas bawang merah, terlebih saat harus mengupas bawang merah dalam ukuran banyak, yaitu air mata yang keluar karena rasa perih saat mengupas. Nah, jangan khawatir, ternyata ada kiat mudah agar kita bisa mengupas bawang merah tanpa perih di mata. Bagaimana caranya? :) Sebelum kita membahas tentang bagaimana mengupas bawang merah tanpa rasa perih, saya ingin sedikit membahas mengapa mata kita sering mengeluarkan air mata saat mengupas bawang. (more…)
Menghilangkan Bau Bawang Putih
Tips Masak

Menghilangkan Bau Bawang Putih

Bawang putih biasanya ada di setiap rumah, sebagai salah satu bahan memasak. Bawang putih sudah menjadi bumbu yang tak terpisahkan untuk memasak. Hampir semua resep masakan menggunakan bawang putih. Rasanyapun sedap. Bahkan, selain sebagai bahan memasak, bawang putih diyakini memiliki banyak keunggulan bagi kesehatan kita dan karenanya dianjurkan untuk dikonsumsi. Hanya saja, ada masalah yang selalu ditinggalkan sang idola ini, yaitu bau yang menyengat yang susah hilang yang tertinggal di jari-jari tangan Anda ketika setelah memasak. (more…)
Menghilangkan Bau Kaporit
Tips Masak

Menghilangkan Bau Kaporit

Bunda, kadang jika kita berlangganan air dari PAM, airnya berbau kaporit. Saat kita memasaknya menjadi air minum, bau kaporitnya ternyata tidak hilang juga. Hal ini jelas membuat kita tidak nyaman dan air minum pun terasa kurang enak. Bagaimana cari kita menghilangkan bau kaporit tersebut? Jangan khawatir, ada cara mudah untuk kita menghilangkan bau kaporit tersebut, yaitu dengan menggunakan daun pandan yang mudah kita dapatkan. Langkahnya sebagai berikut. (more…)
Kiat Memanggang Kue Kering
Tips Masak

Kiat Memanggang Kue Kering

Siapa yang tidak suka bau harum kue kering yang sedang dipanggang? :) Hmmm dijamin harum kue yang sedang dipanggang buat kita betah duduk menunggu sampai kue siap disajikan. Tapi tunggu dulu, kita kadang kurang semangat memanggang kue karena hasilnya kurang optimal. Harus dipahami kesalahan dalam memanggang kue tidak hanya terjadi saat kita mengolah resep, tetapi bisa juga terjadi saat kita memanggang. Yuk, kita bahas lebih detail bagaimana kiat memanggang kue kering agar pastry kita mekar sempurna :) Agar kue kita terpanggang dengan mekar sempurna, ikuti beberapa langkah mudah berikut. Pertama, Panaskan oven selama 15-20 menit sebelum kita memasukkan kue yang akan kita panggang. (more…)
3 Kiat Mengolah Jagung Manis
Tips Masak

3 Kiat Mengolah Jagung Manis

Siapa yang suka makan jagung manis? Rasanya setiap anak kecil, bahkan banyak orang dewasa akan mengacungkan jarinya :) Di beberapa tempat, jagung bahkan menjadi salah satu makanan pokok, karena kandungan karbohidratnya cukup tinggi. Namun, saat kita salah mengolah jagung manis, risiko kehilangan rasa manisnya atau setidaknya rasa manisnya berkurang akan kita dapatkan. Karenanya, penting kita tahu 3 kiat mengolah jagung manis agar tetap mendapatkan rasa manis yang utuh saat jagung diolah menjadi masakan. Yuk, kita bahas secara lebih detail. Sebagai salah satu negara beriklim tropis, jagung manis sangat melimpah ruah di Indonesia. Tidak hanya jagung yang bijinya berwarna kuning yang kita miliki, namun juga jagung dengan biji berwarna hitam dan putih. Semuanya terasa manis dan nikmat. ...
Bawang Goreng Renyah
Tips Masak, Tips Rumah

Bawang Goreng Renyah

Bawang goreng bisa jadi salah satu pelengkap makanan terfavorit di Indonesia. Bagaimana tidak? Hampir setiap masakan di Indonesia akan diberikan bawang goreng sebagai sentuhan akhir. Memberikan bawang goreng harus diakui semakin menambah nikmat rasa dan aroma makanan. Meski sudah banyak yang menjual bawang goreng siap saja, tidak ada salahnya kita tahu bagaimana cara menggoreng bawang goreng renyah, bukan? Yuk, kita bahas agar bisa segera kita praktekkan. Menggoreng bawang goreng renyah memang gampang-gampang susah. Ikuti beberapa langkah berikut ini. Pertama, Saat membeli bawang merah sebagai bahan baku bawang goreng pastikan kita membeli bawang merah yang tepat. (more…)
Menghilangkan Bau Bawang di Tangan
Tips Masak

Menghilangkan Bau Bawang di Tangan

Bunda, saat kita memasak, pasti kita sering mengalami hal ini; tangan kita berbau bawang putih setelah kita mengolah bawang putih. Baunya bahkan cukup tajam dan melekat di tangan kita, yang pastinya membuat kita tidak nyaman. Jangan khawatir Bunda, karena ada beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bau ini. (more…)
Kentang Goreng Renyah
Tips Masak

Kentang Goreng Renyah

Kentang goreng adalah cemilan ringan yang selalu bisa membuat suasana meriah. Memakan kentang goreng saat menonton TV bersama di ruang keluarga memang menyenangkan, apalagi jika ditemani teh manis dingin. Hanya kadang jika kita memasak sendiri dengan membeli sendiri kentang mentah, hasilnya tidak serenyah kentang goreng di restoran. Bagaimana kiat kita untuk membuat kentang goreng kita renyah ala restoran? :) Cobalah langkah mudah berikut ini untuk membuat kentang goreng kita renyah. 1. Masukkan kentang yang telah dipotong berbentuk persegi panjang sekitar 5 cm dan cuci sampai air cucian kentang terlihat bening. Mengapa harus sampai bening, hal ini agar getah kentang hilang. Getah kentang ini yang membuat kentang goreng cepat lembek. 2. Rebus kentang selama 5 menit dalam air m...