Sunday, October 25#PakaiMasker #StayAtHome

Series: Reuse & Upcycles

Pot Pembibitan dari Bekas Karton Telor
Reuse & Upcycles

Pot Pembibitan dari Bekas Karton Telor

Sebelum ditanam ke dalam pot, biasanya saya akan menanam bibit sayur atau tanaman lainnya di pot pembibitan yang berukuran kecil. Pot pembibitan memang dicari yang berukuran kecil supaya saya mudah memindah-mindahkan pot tersebut.Sebab kalau bibit tanaman langsung saya tanam di dalam pot yang sebenarnya, seringnya gagal tumbuh karena diterpa hujan dan panas matahari. Halaman rumah saya berukuran mungil sehingga tidak banyak tempat untuk menempatkan pot. Dengan pot pembibitan yang beurukuran kecil, saya bisa meletakkan dulu pot tersebut di carport sampai si bibit tumbuh dan cukup kuat untuk dipindahkan ke pot yang lebih besar. Dan juga karena saya berjualan kue, saya memiliki cukup banyak egg karton atau karton pembungkus telur seperti terlihat pada gambar. (more…)
Manfaatkan Bahan Bekas untuk Berkebun
Reuse & Upcycles

Manfaatkan Bahan Bekas untuk Berkebun

Supaya bisa memiliki kebun sayur di rumah, tidak memerlukan lahan besar. Bahkan kalau tidak punya lahan atau tanah pun, masih bisa diakali dengan menggunakan aneka pot kecil. Aneka pot ini bisa dibeli langsung ke pasar, bahannya bisa dari keramik, atau plastik. Namun sebenarnya kita juga bisa memanfaatkan aneka wadah di rumah yang biasanya kita buang ke tempat sampah. Untuk wadah tanaman, kita bisa memanfaatkan kaleng bekas cat, ember atau tong sampah bocor. Untuk keperluan pembibitan yang membutuhkan wadah berukuran lebih kecil, kita bisa memanfaatkan kotak susu/juice yang bentuknya segi empat sebagai pot atau wadah pembibitan. Kalau kotak susu itu mau dibuat untuk pembibitan, potong melintang kotaknya lalu isi dengan tanah yang sudah dicampur kompos atau pupuk kandang. Setelah...
Green House Mini dari Bahan Bekas
Reuse & Upcycles

Green House Mini dari Bahan Bekas

Saat bibit sudah mulai berkecambah, tunas mungil dengan 3-5 helai daun bermunculan, saya pun mulai gelisah memikirkan mau dipindahkan kemana bibit yang sudah mulai berkembang ini. Kecepatan tumbuh bibit jauh lebih cepat dari pada kecepatan berkembang tanaman untuk mencapai masa panennya. Sementara karena saya melakukan pembibitan di bekas kotak telur, bibit yang sudah bertunas itu tidak bisa dibiarkan lama karena kotak telur itu akan melunak dan hancur. Selain masalah wadah, masalah lain yang tak kalah bikin saya jengkel adalah serangan hewan-hewan kecil terhadap tunas-tunas yang masih muda ini. Hewan-hewan kecil itu memakan tunas yang baru tumbuh sehingga ludes total. Gimana saya gak jadinya geregetan?? (more…)