Wednesday, November 25#PakaiMasker #StayAtHome

Series: Membuat Pupuk Organik

Pupuk Organik Bunga Anggrek
Berkebun

Pupuk Organik Bunga Anggrek

Bunga Anggrek adalah salah satu bunga eksotik yang disukai banyak orang. Keindahan bentuk bunga yang sederhana dipadu dengan kerumitan jalur pertumbuhannya dibatangnya memang mempesona. Namun, bunga anggrek sering dinyatakan sebagai salah satu bunga yang cukup repot dalam perawatannya. Benarkah? Bagaimana jika kita mencoba merawatnya dengan pupuk organik bunga anggrek? Kabarnya, bunga anggrek disinyalir akan malas berbunga saat kita tidak memberinya pupuk. Karenanya, cobalah pupuk organik berikut untuk membuatnya subur berbunga. Caranya sangat mudah, yaitu sebagai berikut. (more…)
Pupuk Alami Air Akuarium dan Ampas Teh
Berkebun

Pupuk Alami Air Akuarium dan Ampas Teh

Bunda, kita telah membahas berbagai macam jenis pupuk alami untuk tanaman kita dalam artikel sebelumnya. Memakai pupuk alami atau yang lebih dikenal dengan nama pupuk organik, bisa menjadi salah satu alternatif yang sehat dan aman untuk kita, tanaman, dan lingkungan sekitar, sekaligus bernilai ekonomis. Dalam tulisan kali ini, kita akan berbicara tentang pupuk alami dari air akuarium dan air dari ampas teh. Wah, menarik bukan? Yuk, kita membahas hal ini lebih jauh. Pertama, Pupuk alami Air Akuarium Apa yang dimaksud pupuk alami dari air akuarium? Maksudnya adalah saat kita hendak menguras air akuarium kita, maka air bekas akuarium itu jangan dibuang begitu saja. Namun, air bekas akuarium ini bisa kita manfaatkan sebagai pupuk alami untuk tanaman kita dengan cara menyiramkannya b...
Pupuk Organik Ampas Kelapa
Berkebun

Pupuk Organik Ampas Kelapa

Saat kita membeli tanaman buah atau tanaman bunga di tempat penjualnya, tanaman tersebut biasanya dalam kondisi berbuah atau berbunga. Namun, saat kita tanam kembali tanaman buah dan bunga tersebut di kebun kita dan setelah sekian bulan berlalu, tamanan buah dan bunga kita malah jadi "mogok" berbuah. Bagaimana cara kita mengatasi hal ini agar tanaman buah dan bunga kita tetap berbuah lebat? Jangan khawatir, karena kita bisa menggunakan pupuk organik ampas kelapa untuk hal ini. Namun sebelum membahas tentang pupuk ampas kelapa, kita pastikan dulu kita telah melakukan beberapa hal di bawah ini. Pertama, Pastikan kondisi tanaman buah kita memang cocok dengan suhu di kebun kita. Misalnya, tanaman buah yang hanya akan berbuah di dataran tinggi dengan suhu sejuk, maka jelas dia tidak a...
Pupuk Mudah untuk Tanaman Hias Pot
Berkebun

Pupuk Mudah untuk Tanaman Hias Pot

Memupuk tanaman hias pot kita bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan memakai pupuk kimia atau pupuk organik. Dalam beberapa tulisan sebelumnya, kita sudah membahas beberapa macam pupuk organik, misalnya dengan menggunakan ampas kopi, air rendaman teh, kulit pisang, dan lain-lain. Sekarang, kita akan membahas pupuk mudah lainnya yang bisa kita temukan di keseharian kita untuk tanaman hias pot kita. Ada beberapa pupuk tambahan yang bisa kita temukan secara mudah disekitar kita, yaitu sebagai berikut. (more…)
Pupuk Organik Mudah & Murah
Berkebun

Pupuk Organik Mudah & Murah

Memiliki tanaman atau kebun dirumah kita sendiri pastinya sesuatu yang sangat menyenangkan dan setelah sekian lama memiliki tanaman, kita juga pasti ingin memberikan pupuk untuk tanaman kita. Hal ini tentu bertujuan agar tanaman kita semakin tumbuh subur dan indah. Namun, terkadang waktu kita tidak cukup untuk membeli pupuk di luar. Mengapa kita tidak coba membuat pupuk organik sendiri dari hal-hal yang ternyata ada di sekitar kita. Pupuk organik apa saja yang bisa kita buat? Simak beberapa hal berikut. (more…)
Obat Kumur  Suplemen Tanaman
Berkebun

Obat Kumur Suplemen Tanaman

Ada bermacam cara menggunakan pupuk organik yang bisa kita lakukan untuk menyuburkan tanaman. Memberikan pupuk organik secara rutin membuat tanaman kita tumbuh sehat dan semakin subur. Jangan lupa untuk membaca banyak artikel kami tentang berbagai macam pupuk organik. Namun, selain pupuk organik yang bisa kita olah sendiri, kita bisa juga memanfaatkan obat yang masih memiliki kandungan bahan kimiawi sebagai pupuk atau kita bisa menyebutnya sebagai makanan suplemen (tambahan) tanaman. Dalam tulisan sebelumnya, kita sudah membahas tentang pupuk dari sisa obat. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana memanfaatkan obat kumur sebagai suplemen tanaman. Obat kumur mulut atau juga dikenal sebagai mouthwash ternyata bisa bermanfaat sebagai suplemen tanaman. Bagaimana cara kita m...
Cara Murah Menyuburkan Tanaman
Berkebun

Cara Murah Menyuburkan Tanaman

Anda hobi berkebun di rumah? Kebun Anda sempit? Bila memang luas lahan untuk berkebun terbatas, kita biasanya akan menggunakan aneka wadah atau pot untuk bisa tetap menanam tanaman yang kita sukai. (more…)
Susu dan Air Rebusan Sayur Suplemen Tanaman
Berkebun

Susu dan Air Rebusan Sayur Suplemen Tanaman

Ada bermacam cara menggunakan pupuk organik untuk menyuburkan tanaman. Pupuk organik adalah pupuk alami yang bisa kita buat sendiri. Memberikan pupuk organik secara rutin bisa membuat tanaman tumbuh sehat dan subur. Jangan lupa membaca banyak artikel kami tentang berbagai macam pupuk organik. Adapun pengertian suplemen (makanan tambahan) tanaman adalah tambahan makanan tertentu yang kita berikan ke tanaman tanpa perlu kita membuatnya atau dengan kata lain, kita memanfaatkan bahan yang sudah ada. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas susu dan air rebusan sayur sebagai suplemen tanaman. (more…)