Monday, September 21

Series: Kamar Mandi

5 Cara Mengatasi Kamar Mandi Lembab
Tips Rumah

5 Cara Mengatasi Kamar Mandi Lembab

Memasuki kamar mandi yang lembab tentu tidak menyenangkan dan tidak cukup sehat juga. Bagaimana sebenarnya yang disebut ruangan yang lembab itu? Sebuah ruang disebut lembab jika kadar airnya melebihi 60%. Karena itu, penyebab kondisi lembab inilah yang pertama kali harus kita selesaikan. Untuk kondisi kamar mandi yang memang biasanya basah, maka yang harus dikondisikan adalah bagaimana caranya agar air yang membasahi lantai atau pun dinding kamar mandi bisa cepat kering. Simak beberapa langkah berikut. 1. Perhatikan sirkulasi udara Kurang lancarnya sirkulasi udara dan minim pencahayaan bisa menjadi sumber kelembaban. Untuk mengatasinya, maksimalkan bukaan pada kamar mandi dengan membuat lubang angin pada dinding dengan ketinggian sekitar 2 meter. Jika hal ini tidak memungkink...
Cara Unik Menyimpan Peralatan Mandi
Tips Rumah

Cara Unik Menyimpan Peralatan Mandi

Bunda, tema kita masih tentang kamar mandi. Pernahkan kita memiliki kamar mandi yang sempit, sementara cukup banyak pernak-pernik peralatan kamar mandi yang kita punya di dalamnya. Bagaimana cara kita untuk menyimpannya sementara ruang terbatas? Sebagian orang ada yang meletakkan di satu ember, misalnya, agar pernak-pernik kamar mandi ini tidak berantakan dan mudah untuk ditemukan. Cara ini cukup bagus, hanya artinya pernak-pernik peralatan kita akan bertumpuk satu sama lain dan tentu terlihat tidak cukup rapi. (more…)
Mengatasi Kamar Mandi Pengap
Tips Rumah

Mengatasi Kamar Mandi Pengap

Kamar mandi adalah ruangan yang cukup sering kita datangi dan sebaiknya memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebab, tanpa sirkulasi udara yang cukup, kamar mandi akan terasa pengap dan membuat kita tidak nyaman saat di dalamnya. Tanpa sirkulasi yang baik, bau tidak sedap juga terjebak di dalam dan tidak bisa mengalir keluar. Tentunya kamar mandi yang mengalami hal ini juga akan menjadi tempat berkembang biak jamur, lumut, dan bakteri. Jika Anda tidak bisa membuat lubang angin atau jendela dikamar mandi untuk membuat sirkulasi udara, maka solusinya adalah memasang exhaust di kamar mandi yang mengarah lewat langit-langit. Exhaust langit-langit memiliki 2 tipe, yaitu tipe propeller (baling-baling) dan tipe sirocco yang bentuknya seperti AC. (more…)
5 Cara Menata Kamar Mandi Mungil
Tips Rumah

5 Cara Menata Kamar Mandi Mungil

Apa Anda memiliki kamar mandi yang mungil dan merasa kesulitan dalam menatanya? Hal itu bisa kita siasati. Sebab, memiliki kamar mandi yang mungil bukan berarti menghambat kreativitas Anda untuk mempercantik dan mendekorasi tempat Anda membersihkan diri ini. Hal ini cukup penting, karena memiliki kamar mandi yang bersih dan menyenangkan bisa meningkatkan mood saat akan mandi untuk berangkat pergi ke tempat Anda beraktivitas. Untuk menata kamar mandi yang mungil, coba kita perhatikan beberapa tips berikut 1. Tentukan Tema Tema yang jelas akan memudahkan Anda mencari kebutuhan untuk ruangan tersebut. Menentukan tema dapat dimulai dengan menentukan warna apa yang Anda pilih untuk kamar mandi. Untuk kamar mandi yang kecil, tidak kami sarankan dicat dengan warna gelap. Catlah denga...
Menghilangkan Lumut di Kamar Mandi
Tips Rumah

Menghilangkan Lumut di Kamar Mandi

Kamar mandi adalah area yang biasanya selalu lembab dan basah. Hal ini menyebabkan lumut mudah sekali tumbuh. Lumut yang tumbuh di kamar mandi selain memberikan pemandangan yang kurang sedap, juga bisa membuat anda terpeleset karena lantai menjadi licin. Untuk mencegah kamar mandi terlalu cepat berlumut adalah dengan mengupayakan agar ruangan kamar mandi memiliki ventilasi udara yang cukup dan kemiringan lantai yang memungkinkan semua air akan mengalir ke lubang pembuangan. Bila ventilasi sudah cukup, maka kamar mandi akan segera kering dan lumut pun tidak sempat hinggap. Bila kamar mandi Anda sudah terlanjur berada di area yang kurang ventilasi, untuk perawatan hariannya sebaiknya Anda memastikan setiap hari mengepel lantai dan dinding kamar mandi dengan kain pel kering untuk mence...
Cara Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih
Tips Rumah

Cara Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih

Kamar mandi harus selalu dijaga kerapihan dan kebersihannya. Tentu saja karena kamar mandi merupakan area yang seringkali terpapar air, sehingga menjadikan area ini basah dan lembab membuat jamur cepat tumbuh. (more…)
Mengatasi Shower-head yang buntu
Tips Rumah

Mengatasi Shower-head yang buntu

Anda yang kamar mandinya dilengkapi dengan shower atau pancuran, pastinya memiliki shower head. Shower head ada yang ditanam permanen di dinding kamar mandi atau pun yang bisa dilepas dari dudukannya. Shower head yang dipakai lama kelamaan akan mengalami penumpukan kerak di antara lubang-lubang shower. Ini kejadian normal yang akan dialami oleh shower head dari bahan apapun. Oleh karena itu supaya air yang mengalir melalui shower head ini tetap lancar, Anda harus membersihkan shower head ini secara berkala. Bahan pembersih untuk shower head ini tidak mahal dan tidak mesti juga khusus dibeli di toko. Anda bisa memanfaatkan cuka masak atau cuka putih yang biasanya tersedia di dapur Anda. (more…)
Citrun Pembersih Bathtub Porselen
Kisah Bahan

Citrun Pembersih Bathtub Porselen

Menikmati mandi di dalam bathtup memiliki sensasi tersendiri. Sebagian orang suka mandi dengan berendam lama dalam bathtub karena untuk memanjakan diri dan menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari seraya membersihkan diri. Bermain-main dengan air terbukti memiliki fungsi relaksasi, selain fungsi kesehatan tentu. Namun, jangan dilupakan bathtub kita memerlukan perawatan agar dia tetap bersih dan terjaga dengan baik. Kali ini kita akan berbicara tentang citrun sebagai pembersih bathtub. Sebelum kita bicara tentang bagaimana citrun bisa berfungsi sebagai pembersih bathtub porselen, kita kenalan lebih jauh dulu dengan bahan ini. (more…)