Tuesday, September 29#PakaiMasker #StayAtHome

Desain Taman Belakang Minimalis Jadi Cantik & Asri

Penatnya rutinitas sehari-hari maupun kebiasaan baru yang mengharuskan bekerja di rumah, membuat kita harus pintar menyulap hunian makin nyaman. Untuk itu, memanfaatkan space kosong di belakang rumah bisa jadi solusi tempat ternyaman untuk bekerja selama di rumah maupun melepaskan penat. Oleh karena itu, inspirasi desain ini bisa jadi solusi agar space kosong dibelakang rumah tidak hanya jadi tempat jemuran baju saja. 

Namun perlu kamu tahu dalam mendesain taman minimalis agar tampil cantik dan nyaman tidak bisa sembarangan. Kamu harus memastikan budget, penataan yang tepat maupun memilih yang sesuai kebutuhan untuk menghadirkan suasana taman yang asri, nyaman dan bikin betah berlama-lama. Berikut beberapa inovasi menghadirkan taman minimalis yang bisa jadi alternatif pilihan.

1. Multifungsi
Menciptakan taman minimalis dan multifungsi bisa jadi solusi untuk mengubah space kosong jadi tampil cantik dan menarik. Kita bisa mulai dengan menghadirkan rumput sintetis atau jenis rumput lainnya. Tidak hanya itu, melengkapi taman minimalis dengan kursi dan meja makan tanggul juga akan membuat suasana lebih hidup. Dimana kamu bisa makan bersama keluarga sekaligus melihat anak-anak bermain diatas rumput hijau.

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah memilih pagar dan bangku taman berwarna coklat kemerahan khas pohon pinus untuk membuat suasana lebih terkesan alami. Kamu juga bisa menambahkan tanaman dalam dua pot kecil seperti lavender untuk membuat taman minimalis lebih terkesan berwarna dan cantik.

2. Urban Space
Desain taman belakang minimalis ini biasanya sering ditemukan di area rumah jantung kota New York. Dimana taman minimalis dengan desain rustic akan membawa kamu ke suasana pedesaan yang asri, alami dan terlihat menarik. Untuk menghadirkannya di rumah, kamu hanya tinggal menyulap space kosong dengan tambahan dua buah kursi berwarna putih, serta dilengkapi dengan tumbuhan menjalar di dinding maupun tumbuhan di dalam pot.

Selain itu, dengan taman minimalis Urban Space ini juga sangat cocok jadi pilihan bagi kamu yang sedang bekerja di rumah. Dimana suasana yang nyaman, dengan pemandangan hijau alami bakal bikin kamu menemukan inspirasi.

3. Sentuhan Tradisional
Meskipun kita hanya memiliki space sempit dalam rumah, bukan berarti tidak bisa menghadirkan nuansa tradisional di taman. Kita bisa mendesain taman belakang dengan menghadirkan kursi bergaya Indonesia, batu, kayu maupun pot gerabah untuk membuat taman tampil dengan nuansa tradisional. Tidak hanya itu, melengkapi sentuhan tradisional dengan memilih tumbuhan hijau tanpa duri juga bisa makin menghidupkan suasana. Jangan lupa tetap pastikan memiliki ruang yang cukup untuk cahaya matahari masuk ke taman kita.

4. Semi Terbuka
Lahan yang sempit tentunya membuat kita harus bisa berinovasi memanfaatkan space kosong menjadi serbaguna. Untuk itu, desain taman belakang Semi Terbuka bisa jadi salah satu ide taman minimalis kamu. Kamu bisa menghadirkan taman semi terbuka bersebelahan dengan ruang makan maupun .

Dimana nantinya, kamu harus memilih warna kursi, meja dan kabinet yang senada untuk menghidupkan desain minimalis. Selain itu, taruhlah tumbuhan yang tidak terlalu banyak maupun hiasan-hiasan agar cahaya matahari tetap bisa masuk dengan leluasa. Kamu bisa memilih warna cokelat untuk membuat suasana lebih terkesan natural dan alami.

5. Menghadirkan Hammock Untuk Taman Lebih Santai
Bagi kalian yang ingin suasana lebih santai di taman belakang maka menghadirkan Hammock bisa jadi alternatif pilihannya. Menjadikan Hammock sebagai pelengkap desain taman belakang minimalis kamu bisa mengkombinasikannya dengan menghadirkan kursi, coffee table dan beberapa pot tanaman untuk menghidupkan suasana.

Tidak hanya itu, agar suasana taman terkesan lebih harmonis dan romantis saat malam hari, kamu juga bisa menambahkan lampu gantung LED. Selain itu, jangan lupa pilih warna-warna seperti hitam dan abu-abu untuk membuat kesan taman lebih menyatu dan suasana lebih intim.

6. Suara Gemericik Air Mancur Mini
Rumah berukuran sempit belum tentu kamu tidak bisa punya kolam air mancur untuk memberikan kesan sejuk dan segar pada hunian. Cukup dengan menghadirkan desain taman belakang minimalis dengan menghadirkan air mancur mini maka suara gemericik air akan membuat pagi kamu makin terasa indah. Kamu tidak perlu menggali kolam lebar untuk menghadirkan suara gemericik air di taman belakang.

Cukup dengan mangkuk keramik besar yang didesain menggunakan pelengkap bebatuan alami maka suasana taman lebih terasa asri dan nyaman. Tidak hanya itu, dengan menggunakan desain air mancur model ini, kamu juga tidak perlu repot menguras kolam terlalu sering dan pastinya karena cetek juga aman untuk anak-anak. Agar lebih terasa semakin terlihat menyejukan, jangan lupa lengkapi dengan tanaman yang menjalar di dinding dan pot-pot kecil berisi aneka tanaman.

Jadi, itu dia inspirasi desain taman belakang minimalis yang bisa jadi alternatif pilihan. Namun perlu kamu ingat sesuaikan dengan budget jika ingin menyulap space kosong menjadi taman yang sejuk dan indah. Berikut tips yang bisa kamu lakukan agar desain taman belakang  minimalis tidak memakan budget terlalu banyak, apalagi saat pandemi seperti sekarang.

1. Tentukan dulu ukuran space yang ingin kamu ubah menjadi taman,
2. Gunakan bahan-bahan bekas seperti botol, kaleng dan berbagai barang lainnya sebagai pot untuk tanaman. Jangan lupa hias sesuai kreatifitas masing-masing,
3. Pilih jenis rumput sesuai dengan budget maupun kebutuhan,
4. Hadirkan tanaman yang perawatannya mudah,
5. Gunakan pupuk kompos untuk mengurangi budget,
6. Pilih furniture sesuai kebutuhan. Kamu bisa menggunakan furniture rumah yang jarang terpakai dan mengecat ulang agar tampilannya lebih menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.