Wednesday, November 25#PakaiMasker #StayAtHome

Cara Merawat Kucing Persia Bagi Pemula

Momen di rumah saja karena adanya pandemi membuat semua orang harus memutar otak agar tidak mudah merasa bosan. Memiliki hewan peliharaan menjadi salah satu alternatif pilihannya. Kucing menjadi hewan peliharaan yang dijadikan pilihan banyak orang, selain sifatnya yang menggemaskan kucing juga memiliki bulu indah yang memukau siapa saja.

Untuk itu, untuk kalian yang ingin memelihara kucing di rumah, berikut tips dan yang perlu kalian perhatikan. Terutama ketika kalian memilih memelihara kucing jenis persia. Berikut cara merawatnya.

Cara Merawat

Kucing persia terkenal dengan jenis kucing yang memiliki karakteristik gemuk, tambun, berhidung pesek serta bulu panjang. Tidak hanya itu sifatnya yang manja, tenang, lembut dan mudah beradaptasi menjadikannya sebagai pilihan banyak orang. Oleh sebab itu bagi kalian yang memilih memelihara kucing jenis persia di rumah. Berikut cara merawat kucing persia yang perlu diperhatikan, terkhusus bagi kalian seorang pemula.

  • Siapkan Kandang Khusus dan Bersihkan Secara Rutin
    Ketika kalian memilih memelihara kucing jenis persia di rumah, pastikan sudah membeli kandang terlebih dahulu. Usahakan kandang tersebut berukuran sesuai dengan ukuran kucing dan memiliki ventilasi udara yang cukup. Selain itu pastikan kalian membersihkan kandang secara rutin untuk menghindari berbagai penyakit.Kucing persia tergolong kucing long hair jadi apabila kita tidak rajin membersihkan kandang akan mudah terserang penyakit daripada kucing kampung. Pastikan juga kucing yang kalian pelihara di rumah sudah jinak. Dan usahakan jangan mengeluarkan kucing 1 minggu pertama untuk membantu dia beradaptasi di lingkungan baru.
  • Sediakan Tempat Makan dan Minum Khusus
    Tidak hanya menyediakan kandang, cara merawat kucing persia di rumah adalah dengan menyediakan tempat makan dan minum khusus. Hal ini bertujuan untuk membantu makanan tidak tercecer dan menjaga kebersihan rumah. Ketika kalian memilih tempat makan dan minum kucing, usahakan jangan membeli wadah terlalu cekung karena kucing persia memiliki lidah yang pendek.
  • Siapkan Pasir dan Tempat Pasir Khusus
    Untuk merawat kucing tidak hanya cukup memberikan makanan dan menyediakan kandang. Kita juga harus menyiapkan pasir dan tempat pasir khusus sebagai tempat kucing buang hajat. Menyediakan tempat khusus untuk kucing buang kotoran akan membantu lingkungan tetap dalam keadaan bersih. Oleh sebab itu, ketika kalian menggunakan pasir khusus sebagai tempat buang hajat kucing, usahakan rajin menggantinya sehari sekali agar tidak menimbulkan bau serta kucing tetap merasa nyaman.
  • Berikan Makanan Yang Bergizi
    Merawat kucing jenis persia tidak bisa sembarangan dalam memberikan makan. Kalian perlu memberikan makanan khusus kucing dengan kandungan gizi yang cukup agar bulunya tidak rontok. Kita bisa memberikan makanan seperti daging ayam maupun ikan yang sudah dicacah dan direbus. Pilihan lainnya kita bisa memberikan makanan kucing buatan pabrik dalam bentuk kering maupun basah yang dijual di berbagai petshop.

    Selain itu, ketika kalian memilih memelihara anak kucing atau kitten persia, perlu diingat berikan makanan dengan jumlah nutrisi yang cukup. Karena anak kucing membutuhkan makanan dua kali lebih banyak daripada kucing dewasa.

  • Mandikan Kucing Seminggu Sekali
    Meskipun kita tahu, kucing mampu membersihkan badan secara alami dengan menjilati tubuhnya, tapi penting untuk memandikannya setiap seminggu sekali. Usahakan kalian memandikan kucing menggunakan sampo khusus kucing, kemudian keringkan menggunakan handuk ataupun hair dryer. Jangan lupa untuk menyisir bulu kucing agar terlihat rapi dan mengangkat bulu yang sudah mati.
  • Berikan Vaksin Secara Berkala
    Tidak hanya dari sisi kebersihan lingkungan, kita juga perlu merawat kucing dari segi imun dengan memberikan vaksin secara berkala. Pemberian vaksin akan membantu kucing tetap sehat dan aman dari serangan virus maupun penyakit. Tidak cukup sampai disitu, pemberian obat cacing juga perlu dilakukan untuk menjaga nafsu makan dan membuat kucing kalian tetap dalam keadaan gemuk.
  • Bersihkan Area Kucing Yang Sulit di Jangkau
    Beberapa bagian tubuh kucing terkadang sulit di jangkau dan menjadi sarang berbagai penyakit. Misalnya saja telinga, mulut dan mata. Untuk itu, cara merawat kucing yang tidak boleh kalian lupakan adalah membantunya membersihkan area yang susah ia jangkau sendiri. Kita dapat membantu membersihkannya menggunakan cotton bud basah. Hal ini bisa kita lakukan seminggu sekali ketika selesai memandikannya.

Itu dia cara merawat kucing persia bagi pemula yang perlu kalian ketahui. Jangan lupa untuk tetap mengajak kucing bermain maupun melatih ia melakukan kegiatan sehari-hari seperti buang kotoran maupun pipis. Selain itu, kalian juga harus bersikap tegas terhadap perilaku kucing yang buruk seperti menggigit maupun mencakar. Katakan “jangan” kemudian usap kepalanya untuk membantunya mengerti secara perlahan bahwa perilaku tersebut buruk. Tetap sayangi kucing di rumah dan selalu jaga kebersihan kandang maupun kontrol kesehatannya secara berkala untuk menjaganya tetap sehat serta menggemaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.