5 Cara Meluaskan Ruang Mungil

Ilustrasi Sofa tanpa Lengan | Img:freeimages.com
Ilustrasi Sofa tanpa Lengan | Img:freeimages.com

Setiap rumah umumnya memiliki ruang keluarga dan ruang keluarga biasanya menjadi tempat favorit seluruh anggota keluarga kita. Sebab, berbagai aktivitas dilakukan disini. Akan tetapi, bagaimana jika rumah kita tidak memiliki ruang keluarga yang cukup luas? Simak beberapa trik untuk membuat ruang keluarga yang mungil menjadi tetap nyaman.

Pertama, Penuhi dengan cahaya dari luar

Jika bisa memodifikasi sedikit bangunan, usahakan agar ruang keluarga dimasuki cahaya dari luar. Sebab, cahaya yang masuk akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Hal yang bisa dilakukan misalanya menambah jumlah jendela atau meninggikan dan melebarkan panel jendela.

Pasang tirai agar jendela bisa ditutup, saat pemandangan dari luar sedang kurang bagus. Namun jika tidak bisa, memodifikasi, maka cahaya lampu yang terang adalah solusinya.

Kedua, Pilih perabotan yang tepat

Jangan menempatkan mebel atau perabotan terlalu tinggi, sebab membuat langit ruangan terlihat lebih rendah dari yang sebenarnya. Sofa dan kursi tanpa dudukan lengan terkesan akan memperlebar ruangan. Tambahkan meja dari kaca untuk membuat kesan ruangan lebih leluasa.

Ketiga, Hiasan dinding

Jangan terlalu banyak hiasan dinding, cukup satu hingga dua lukisan atau beberapa pajangan. Hindari hiasan dinding yang besar, karena mengurangi ruang kosong pada dinding. Hal itu justru membuat ruangan terlihat semakin sempit.

Keempat, Kombinasi warna

Warna cerah dan terang membuat ruang keluarga tampak lebih luas. Sebagai contoh, kombinasi warna krem dan biru langit adalah kombinasi warna yang baik. Ruangan tersebut terlihat lebih terbuka dan memiliki udara yang baik sehingga memaksimalkan efek cahaya natural.

Kelima, Tempatkan cermin

Cermin besar dapat merefleksikan sebuah ruangan sehingga membuat terasa lebih luas hingga dua kali lipat. Aplikasi cermin terbaik adalah di seberang vocal point atau pusat perhatian dari sebuah ruangan, misalnya meja atau sofa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *