Cara Menjinakkan Hamster

Hamster | Img:freeimages.com
| Img:freeimages.com

Hamster makhluk kecil yang manis, dan karenanya sering menjadi pilihan kita untuk menjadi hewan peiharaan di rumah. Meski sepintas terlihat jinak, namun hamster yang baru Anda beli terkadang masih bersikap liar, bahkan dia suka menggigit tangan Anda. Hal ini terjadi karena umumnya hamster menggigit karena belum kenal dengan “bau” tangan tuannya atau pemiliknya. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjinakkan hamster.

Pertama, Hamster bisa menjadi jinak jika Anda sering memegang dan mengelusnya. Pegang hamster dengan lembut dan usahakan jangan membuatnya kaget. Hal ini lebih baik dilakukan di sore hari sekitar pukul 17.00 – 19.00 WIB.

Kedua, Saat-saat pertama membeli, biasakan Anda memberikan makanan langsung dengan tangan Anda sehingga hamster mengenali aroma tubuh Anda.

Ketiga, Saat mengeluarkan hamster dari kandangnya, misal saat Anda membersihkan kandangnya, Anda biasanya masih memerlukan media seperti sendok nasi atau tempat makanannya. Namun, setelah hamster ada di luar kandang, pindahkan hamster dari media tersebut ke tangan Anda lalu elus-elus badannya. Dengan cara ini, perlahan-lahan hamster mulai mengenali Anda dan menjadi jinak.

Bagaimana? Selamat bermain dengan hamster Anda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *