5 Tahap Mengecat Kamar Tidur

Ilustrasi Kamar Tidur | Img:freeimages.com
Ilustrasi Kamar Tidur | Img:freeimages.com

Mengecat kamar pribadi kita adalah sebuah tantangan tersendiri, khususnya bagi Anda yang menginginkan suasana kamar yang sesuai dengan karakter. Sering terjadi, orang memilih warna yang sesuai dengan mood saat dia memilih warna, bukan pada kebutuhannya atau karakter pribadinya yang sesungguhnya.

Karena itu, penting bagi kita melakukan beberapa hal sebelum memulai mengecat, untuk mengurangi risiko gagal saat memilih warna untuk kamar tidur.

1. Memilih cat yang berkualitas
Cat yang berkualitas biasanya harganya lebih mahal. Namun, kelebihannya cat yang berkualitas biasanya memiliki standar yang ketat dan petunjuk yang jelas tentang cara penggunaannya. Cat-cat ini biasanya punya program khusus, misalnya bekerjasama dengan majalah interior untuk mengeluarkan paduan warna. Hal ini akan memudahkan kita memilih warna sesuai keinginan. Selain itu, pilihan warnanya juga lebih banyak.

2. Persiapkan warna kamar tidur
Faktor kedua ini adalah faktor utama kesuksesan pengecatan yang sempurna. Kurangnya persiapan justru bisa membuat kita mengalami kerugian banyak. Penempatan warna pada misalnya, bisa lebih presisi jika kita sudah memiliki gambar desain atau skema warna yang sudah dipersiapkan.

3. Membersihkan dinding dari barang-barang yang tidak perlu
Hal yang perlu dibersihkan seperti paku atau bekas isolasi yang masih menempel pada dinding. Sebab, pengecatan lebih sempurna jika dinding lebih rata, karenanya tutuplah lubang atau coakan dengan dempul atau dengan semen sampai kering sebelum melakukan pengecatan.

4. Menggunakan isolasi
Jika ruangan direncanakan akan memiliki dua warna yang berbeda, gunakan isolasi sebagai alat bantu penutup di batas warnanya. Isolasi membuat sambungan warna lebih rata dan terlihat cantik selepas isolasi setelah cat kering.

5. Menggunakan roll
Terakhir, cat dinding dengan menggunakan bantuan roll. Gunakan pola pengecatan seperti huruf ”W’S”, atau ”M’S” dengan roll ini. Ingat, lakukan pengecatan selalu dari sisi dinding yang telah kering untuk mencegah pola roller yang tersisa pada dindig.