8 Kiat Mencegah Rayap

Ilustrasi Meja Kayu | Img:freeimages.com
Ilustrasi Meja Kayu | Img:freeimages.com

adalah makhluk serangga kecil yang cukup merepotkan keberadaannya jika ada di rumah kita. Namun, ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah berkembang biak dirumah. Yang terpenting adalah menjaga seluruh bagian rumah kita agar tidak lembab. Sebab, berkembang biak dengan pesan di dalam ruangan yang lembab. Karenanya, saat musim hujan, kita harus lebih hati-hati mengawasi rumah.

Perhatikan beberapa kiat dibawah ini untuk mencegah datang rayap dirumah kita.

Pertama, Waspada di musim hujan

Di musim ini, rayap akan membentuk koloni baru. Bila Anda mulai melihat ada laron ramai muncul, itu adalah rayap dewasa jantan dan betina yang mencari pasangan. Rayap hidup berkoloni. Dengan berkoloni, rayap menembus permukaan tanah dan merusak perabotan dari kayu dengan memakannya.

Kedua, Memeriksa bagian rumah

Kalau Anda melihat tanda-tanda invansi rayap, maka bongkar jalan masuk yang dibangun rayap setidaknya 2 kali dalam seminggu. Lakukan pemeriksaan menyeluruh di perabotan dari kayu seperti rak buku, almari, dan lainnya.

Ketiga, Beri jarak antara bahan kayu dengan lantai.

Hindari meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah. Taruh di halaman atau tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah. Jangan menaruh kayu langsung di atas tanah, tetapi letakkan alas dari besi atau lantai keramik di bawahnya.

Singkirkan sisa material kayu yang berada dekat pondasi rumah karena bisa menjadi pintu masuk rayap. Makanan rayap adalah kayu, jadi usahakan tidak menempatkan material kayu dekat pondasi rumah.

Keempat, Segera perbaiki genteng atau saluran air yang bocor.

Kebocoran akan menyebabkan kelembaban. Hal yang disukai rayap. Jika ada keran air yang bocor maka segera perbaiki juga, karena keran yang bocor selalu meneteskan air, bahkan saat tidak digunakan. Hal ini bisa membuat dinding rumah Anda lembab dan menjadi tempat nyaman untuk rayap.

Kelima, Membersihkan selokan.

Secara berkala, bersihkan selalu selokan di depan atau samping rumah dan selalu jaga agar sampah atau kotoran tidak menyumbat selokan.

Keenam, Pastikan ventilasi udara atau lubang angin bersih dari serpihan cat atau batu bata.

Kita bisa meletakkan kawat kasa pada ventilasi untuk mencegah masuk serpihan tersebut ke dalam rumah. Material yang masuk dari ventilasi bisa mengundang rayap masuk ke dalam rumah Anda.

Ketujuh, Gunakan kayu berkualitas bagus

Sebaiknya kita menggunakan kayu berkualitas bagus untuk balkon, tangga, pintu dan bingkai jendela. Sebab, kayu yang kualitasnya rendah memudahkan rayap untuk memakannya.

Kedelapan, Lapisi semua perabotan kayu dengan pelitur

Pastikan semua perabotan kayu kita dilapisi dengan pelitur, lapisan ini akan mempersulit rayap memakan kayu.

Tips ini sudah dibaca 1998 kali

Artikel dalam Serial ini: Cara Mengusir LalatMencegah Kecoa Masuk Kamar Mandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.