7 Kiat Mencegah Kebakaran Rumah

Ilustrasi Api | Img:freeimages.com
Ilustrasi Api | Img:freeimages.com

Berita kebakaran kadang sering terdengar kita, bahkan mungkin termasuk daerah perumahan sekitar kita. Hal ini terjadi khususnya di musim kemarau.

Untuk itu, kita memerlukan tindakan pencegahan untuk mengantisipasi kebakaran tersebut. Sebenarnya ada langkah-langkah sederhana yang bisa diterapkan di rumah. Hal ini sangat penting terutama jika Anda sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong atau Anda memiliki anak-anak di rumah.

Simak beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah kebakaran dirumah.

1. Jauhkan barang-barang yang berpotensi mudah terbakar

Barang-barang ini semisal korek api, hairspray, obat nyamuk semprot, spray, dan sebagainya dari kompor atau tungku pemanas.

2. Simpan barang yang mudah terbakar dan perkakas berbahaya di tempat tertutup dan sulit dijangkau anak-anak.

Jangan lupa, pastikan atau tempat tersebut terkunci dengan baik. Lebih baik lagi, ada detektor panas di dalamnya, untuk berjaga-jaga jika ada barang yang terbakar.

3. Jangan menggunakan paku atau staples untuk menempatkan kabel di dinding atau tiang rumah, karena bisa merusak karet pengamannya. Lebih aman menggunakan selotip atau pita perekat.

4. Jangan pasang terlalu banyak stop kontak di satu sirkuit listrik

Jika ada sekring menyala atau sirkuit memercikkan api, segera matikan listrik, dan panggil teknisi ahli untuk memeriksanya.

5. Jangan tempatkan kabel tambahan di bawah permadani atau karpet

Hal ini karena kedua material tersebut sangat mudah terbakar meski hanya sedikit terkena percikan api

6. Tempatkan tabung gas di tempat yang memiliki sirkulasi udara

Perhatikan saat Anda masuk ke rumah dan mencium bau gas bocor, maka jangan menyalakan peralatan listrik apapun termasuk saklar lampu. Hal itu bisa memantik api diruangan yang mungkin dipenuhi gas. Keluarkan tabung gas segera ke luar rumah dan buka lebar-lebar jendela dan pintu rumah agar gas yang terkumpul di ruangan mengalir ke udara luar.

7. Sebaiknya setiap kamar di rumah harus mempunyai dua jalan keluar; termasuk pintu dan jendela tanpa teralis. Jika kamar Anda berada di lantai dua, pastikan ada tangga lipat yang bisa diturunkan dari jendela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *