Tips Memilih dan Menyimpan Tepung Terigu

Ilustrasi Tepung Terigu | Img:freeimages.com
Ilustrasi Tepung Terigu | Img:freeimages.com

Untuk Anda yang suka membuat kue, pasti akrab dengan bahan yang satu ini; tepung terigu. Pasti Anda menginginkan mendapatkan tepung terigu yang bagus dan sekaligus bagaimana caranya agar bahan tersebut baik dalam penyimpanan, agar kualitasnya tidak berkurang saat kita simpan.

Yuk, kita simak beberapa tips berikut, untuk memilih dan menyimpan tepung terigu sisa yang seringkali tidak habis dalam sekali pakai.

1. Perhatikan warna tepung

Warna tepung harus putih bersih, karena warna pada tepung itu putih, bersih, tidak kering bila dipegang, dan tidak berbau. Terutama bila Anda bermaksud membeli tepung terigu curah di pasar.

2. Kenali jenis tepung terigu

Kenali jenis tepung terigu sebelum digunakan. Pastikan jenis terigu yang digunakan sesuai untuk membuat makanan yang diinginkan dan pastikan tepungnya tidak apek. Tepung terigu umumnya terbagi atas 3 jenis,: terigu protein tinggi untuk membuat kue, sedangkan terigu protein sedang dan protein rendah biasanya digunakan untuk membuat cake dan kue pada umumnya.

3. Tepung diayak lebih dulu

Sebelum digunakan, sebaiknya tepung diayak lebih dulu agar kotoran pada tepung bisa terpisahkan dan agar tepung lebih halus dan mudah dicampur dengan adonan kue.

Sebagai cacatan, tepung yang berkutu tetapi tidak apek, masih bisa digunakan dengan lebih dulu diayak agar terpisah dari kutu, sedangkan untuk tepung yang lama disimpan atau terasa lembab, maka sebaiknya dijemur di panas matahari atau ditaruh pada oven dengan suhu api yang kecil agar faktor kelembapan pada tepung bisa teratasi. Atau Anda juga bisa menyangrai tepung agar menjadi lebih kering.

4. Tutup rapat kantong tepung terigu setelah digunakan.

5. Simpan tepung ke dalam .

Simpanlah tepung terigu yang tidak habis dipakai ke dalam kulkas. Terigu akan lebih tahan lama dan tidak berbau apek. Namun, jika terigu akan habis terpakai dalam tempo beberapa hari, Anda tidak perlu menyimpan di dalam kulkas.

Selamat mencoba 🙂

Tips ini sudah dibaca 1195 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.