Tips Memilih Shampo

Tips Memilih Shampo | img:freeimages.com
Tips Memilih | img:freeimages.com

Setiap kita pasti suka memakai shampo untuk perawatan dan sehari-hati. Namun, bila kita tidak teliti memilih shampo, dalam jangka waktu tertentu akan mengakibatkan masalah pada dan kulit kepala. Kulit kepala bisa berketombe, kering dan pecah-pecah. Semua hal itu biasanya merupakan salah satu akibat dari salah memilih shampo. Masalah yang terkesan sepele ini bisa mengganggu kenyamanan kita sehari-hari.

Beberapa tips berikut ini bisa membantu kita untuk memilih shampo yang sesuai dengan rambut.

Pertama, Kenali jenis rambut anda. Apa jenis rambut Anda berminyak, kering, atau normal?

Rambut berminyak biasanya terlihat lepek dan kusam, cepat berminyak meskipun baru keramas, debu mudah menempel, dan perlu lebih sering keramas.

Rambut kering ditandai dengan rambut bercabang di ujung, mudah berantakan, terasa kasar bila disentuh dan sulit disisir, sedangkan rambut normal biasanya tidak terlalu banyak bermasalah karena memiliki kelembapan yang cukup, tidak terlalu berminyak tetapi juga tidak terlalu kering.

Kedua, Setelah tahu jenis rambut, pilihlah shampo yang sesuai.

Untuk jenis rambut berminyak, formula shampoo tidak hanya untuk membersihkan minyak dan lemak pada kulit kepala, tetapi juga harus cocok untuk penggunaan sehari-hari. Jenis Clarifying Shampoo merupakan pilihan yang paling tepat untuk rambut berminyak, karena secara efektif mengurangi kandungan minyak dan lemak, sehingga rambut tidak lepek dan terasa lebih ringan

Adapun karena rambut kering cenderung bercabang dan mudah patah, pilih shampo khusus rambut kering yang mengandung lebih banyak pelembap dan nutrisi. Formulanya juga harus lembut dan mengandung bahan-bahan alami seperti minyak almond, madu, chamomile, atau minyak zaitun.

Yang paling mudah memang perawatan untuk rambut normal, kita bisa memilih shampo yang ringan untuk perawatan rambut normal. Saat ini, hampir setiap produsen shampo sudah mencantumkan katagori jenis rambut apa untuk shamponya.

Tips ini sudah dibaca 1106 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.