Memilih Lampu yang Tepat

Ilustrasi Lampu Meja | Img:freeimages.com
Ilustrasi Lampu Meja | Img:freeimages.com

Setiap rumah atau gedung pasti membutuhkan lampu. Bahkan, setiap ruangan terkadang membutuhkan lampu, yang harus dipertimbangkan jenis lampunya dan jenis karakternya. Saat ini ada begitu banyak jenis lampu yang ditawarkan, yang artinya Anda perlu memperhatikan faktor-faktor yang tepat untuk jenis lampu yang akan Anda gunakan. Sebab selain jenis lampu itu sendiri, ada faktor lain yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda membeli lampu.

Yuk kita simak beberapa tips berikut di seputar hal ini.

1. Lokasi penempatan lampu

Sebelum Anda membeli lampu, Anda harus menentukan titik-titik penempatan lampu, terutama untuk lampu yang ditanam di dinding atau plafon. Bahkan, hal ini sebaiknya Anda lakukan sebelum membangun atau merenovasi rumah tinggal. Hal ini penting untuk direncanakan, agar bisa terlihat karakter rumah secara keseluruhan.

2. Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan juga menentukan pemilihan jenis lampu disesuaikan, dimana lampu diletakkan. Sebagai contoh, lampu yang diletakkan di luar sebaiknya menggunakan bahan stainless steel, aluminium atau besi yang sudah dicat antikarat. Hal ini dikarenakan faktor cuaca diluar memerlukan bahan yang lebih kuat.

3. Warna cahaya lampu

Perhatikan juga warna cahaya lampu sesuai dengan tempat dan kegunaannya. Misalnya, lampu dengan cahaya kekuningan mampu membangkitkan suasana yang hangat dan romantis, sehingga cocok ditempatkan di ruang tidur atau ruangan lain yang digunakan untuk bersantai.

Sementara itu, warna cahaya putih lebih cocok digunakan di tempat kerja. Sebab, warna putih memberikan penerangan yang lebih jelas yang Anda butuhkan untuk bekerja dan belajar. Penentuan warna cahaya lampu ini dengan sendirinya menjadi panduan bagi Anda untuk menentukan pilihan antara lampu neon atau lampu pijar.

4. Menyesuaikan model lampu dengan karakter rumah

Karakter rumah Anda ikut menentukan desain lampu yang akan Anda gunakan. Lampu dengan desain tradisional klasik tentu tidak cocok bila ditempatkan pada rumah yang memiliki konsep modern minimalis, dan begitu juga sebaliknya.

5. Rumah Lampu
Sifat lampu yang memancarkan panas memerlukan rumah lampu sebagai pelindung. Rumah lampu bahkan berguna sebagai faktor estetika tambahan di dalam sebuah ruangan. Sebagai suatu kesatuan, rumah lampu yang Anda pilih sebaiknya tahan terhadap panas, tidak mudah leleh, dan tidak mudah terbakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *