5 Cara Memilih dan Menyimpan Teh

Ilustrasi Teh | Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Teh sudah menjadi teman minum sehari-hari yang lezat dan sehat. Anda yang menggemari minum teh, pasti mengenal dua bentuk teh yang dijual dalam kemasan. Teh dalam kantung dan teh yang diseduh.

Teh yang diseduh terasa jauh lebih nikmat bagi penggemar teh dibandingkan meminum teh dalam kantung. Namun, teh dalam kantung terkenal karena kepraktisannya. Semua kembali kepada selera masing-masing.

Tema teh kita kali ini mengenai memilih dan menyimpan teh, terutama untuk teh yang diseduh, agar kesegaran dan wangi dari teh tersebut dapat bertahan lebih lama. Simak beberapa tips berikut.

1. Pilihlah teh yang kemasannya utuh dan tidak sobek.
Jika teh dibungkus dalam aluminium foil atau plastik sebelum dibungkus dengan kertas, maka hal ini lebih baik untuk kualitas teh. Sebab dengan bungkusan ganda, teh tidak akan menyerap aroma sekitarnya, hal yang dapat merusak cita rasa asli teh.

2. Perhatikan tanggal kadaluarsa teh dalam kemasan.
Teh yang paling enak adalah teh yang masih segar. Oleh karena itu, pilihlah  teh dengan tanggal kadaluarsa yang terjauh dari tanggal pembelian.

3. Jika ingin teh yang berkualitas baik, pilihlah teh dengan helaian daun yang utuh tanpa dicampur dengan batang atau berbentuk serpihan daun teh.

4. Mencium aroma yang keluar.

Teh yang masih bagus biasanya beraroma teh dengan pewangi yang ditambahkan, misalnya aroma melati atau vanili.

5. Simpan teh dalam wadah kedap udara dan kering.

Ingat, sebaiknya jauhkan teh kita dari benda-benda yang beraroma menyengat, agar aroma tersebut tidak terserap ke dalam teh dan merusak cita rasa teh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *