Tips Membeli Mobil Sesuai Kebutuhan

merupakan salah satu sarana transportasi yang masih sangat diminati hingga saat ini, walaupun kondisi lalu lintas kota-kota besar kerap kali didera kemacetan luar biasa atau bahkan sudah menjadi makanan sehari-hari warga perkotaan. Hal ini dapat dibuktikan dari meningkatnya angka penjualan dari tahun ke tahun.

Alternatif lain yang bisa ditempuh adalah dengan memiliki sepeda motor sebagai kendaraan harian atau naik kendaraan umum. Tetapi mengapa mobil tetap didambakan oleh banyak orang? Coba anda bayangkan ketika akhir pekan tiba atau saat liburan panjang telah menjelang, tentunya akan lebih nyaman bila anda bisa mengajak keluarga atau orang yang anda sayangi pergi bersama dengan mengendarai mobil pribadi.

Lalu bagaimana memilih mobil yang tepat? Sebenarnya memilih mobil bukanlah hal yang terlalu sulit, asalkan anda bisa mengenali latar belakang pekerjaan, jumlah anggota keluarga maupun kondisi jalan yang akan anda lalui sehari-hari.

Soal mobil baru atau mobil bekas yang akan dibeli dapat dilihat dalam artikel yang sudah ada sebelumnya. Sekarang tinggal tentukan jenis mobil apa yang akan anda beli.

Apabila anda belum berkeluarga dan bekerja di daerah pusat bisnis yang memiliki kepadatan lalu lintas tinggi, akan lebih baik bila anda memilih mobil dengan jenis City Car ataupun Compact Hatchback. Mengapa? Mobil ini memiliki dimensi kecil yang dapat membuatnya lincah membelah kepadatan lalu lintas dan tidak sulit untuk diparkir. Selain itu kapasitas mesinnya yang berkisar antara 1.000 CC hingga 1.500 CC bisa memberikan efisiensi dalam penggunaan BBM.

Lain lagi bila anda telah berkeluarga, tentunya kebutuhan akan kapasitas penyimpanan barang dan kapasitas penumpang menjadi lebih besar. Untuk kebutuhan ini, anda bisa memilih kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang kini banyak ditawarkan oleh hampir seluruh produsen mobil yang ada di Indonesia. Masing-masing MPV itu tentunya memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan selera anda. Mobil jenis MPV sendiri sangat layak untuk digunakan sebagai kendaraan sehari-hari karena umumnya telah dirancang cukup nyaman dan akomodatif untuk semua penumpangnya. Hanya saja mesinnya yang berkapasitas antara 1.500 CC hingga 2.500 CC tentunya tidak akan seirit sebuah City Car karena MPV memiliki bobot yang lebih berat dan dimensi lebih besar.

Mobil jenis Sedan layak dipilih untuk anda yang mengutamakan performa dan penampilan dalam berkendara karena mobil Sedan umumnya dirancang untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik. Karakter lainnya adalah mobil Sedan memberikan kestabilan dan kecepatan yang lebih dibandingkan dengan mobil yang lebih tinggi. Sedan sendiri terbagi lagi menjadi Small Sedan dengan kapasitas mesin 1.500 CC, Medium Sedan yang berkapasitas mesin antara 1.800 CC hingga 2.000 cc sampai ke kelas Big & Luxury Sedan yang berkapasitas mesin mulai dari 2.000 CC hingga 6.000 CC. Untuk kelas yang terakhir ini tentunya anda harus merogoh kocek dalam-dalam karena fitur keamanan, kenyamanan dan kemewahan yang diberikan seringkali begitu luar biasa dan berbeda jauh dengan kelas dibawahnya.

Untuk anda yang sering berkendara di jalanan dengan kondisi yang kurang baik seperti berlubang-lubang dan tergenang air, sebaiknya memilih mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) karena mobil ini memiliki ground clearance yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan City Car ataupun MPV. Perjalanan anda akan lebih aman karena kolong mobil tidak mudah tersangkut dan lebih memungkinkan untuk melintasi genangan air.

Bahkan untuk anda yang diharuskan melintas di kondisi jalan yang benar-benar rusak seperti berlumpur, rasanya patut mempertimbangkan sebuah mobil SUV yang memiliki penggerak empat roda (four wheel drive/4wd). Nah untuk anda yang bekerja di sektor konstruksi, perkebunan atau pertambangan masih ada alternatif lain untuk dipilih, yaitu mobil jenis Double Cabin. Penggerak empat rodanya yang mumpuni masih dilengkapi lagi dengan bak pengangkut di bagian belakang yang memungkinkan anda untuk membawa keperluan-keperluan berat seperti peralatan dan lain-lain. Mobil dengan penggerak empat roda ini juga asyik untuk digunakan mengajak keluarga anda bepergian menuju lokasi-lokasi liburan yang tidak dapat dengan mudah dijangkau mobil biasa atau berpenggerak dua roda.

Sekarang soal mesin mobil, anda mungkin masih berpikir memilih mesin bensin atau mesin diesel. Kedua jenis mesin ini memiliki keunggulannya masing-masing, mesin bensin dengan akselerasi, keheningan dan kecepatannya sementara mesin diesel yang khas dengan tenaga besar di putaran bawahnya. Saat ini sebagian besar mesin diesel sudah bisa menyaingi mesin bensin karena dilengkapi dengan turbo dan piranti canggih lainnya yang membuatnya berbeda dengan mesin diesel konvensional. Mesin bensin layak dipilih bila anda berkendara kurang dari 100 km per hari dan tidak membawa beban berat. Tetapi bila anda berkendara lebih dari 100 km per hari dan membawa beban yang cukup berat seperti penumpang penuh ditambah barang-barang lainnya, mesin diesel layak untuk dipilih karena mesin diesel memiliki efisiensi penggunaan BBM yang lebih tinggi ketimbang mesin bensin.

Sebelum memutuskan akan membeli mobil apa, tidak ada salahnya banyak bertanya kepada orang lain, keluarga ataupun kerabat yang sudah lebih dulu menggunakan mobil incaran anda. Gali lebih jauh tentang karakteristik mobil tersebut, bagaimana kenyamanannya, biaya perawatannya, konsumsi BBM nya dan fitur keamanan yang ada pada mobil tersebut. Hal yang tak kalah penting adalah bagaimana layanan purna jual dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mobil tersebut. Jangan sampai anda membeli mobil yang tidak didukung ketersediaan suku cadang yang baik dan layanan bengkel yang tidak memuaskan karena hal ini bisa membuat anda kerepotan di kemudian hari dan hal ini pula yang dapat mempengaruhi nilai jual kembali mobil tersebut.

Terakhir, selalu sesuaikan jenis mobil dengan kebutuhan, selera dan kondisi keuangan anda supaya mobil yang anda beli benar-benar dapat mendukung kegiatan dan perjalanan anda sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *